Comscore Tracker

Ngeri Banget, 5 Film Horror Ini Ternyata Berdasarkan Kisah Nyata

Sudah nonton belum?

Bukan hal yang aneh lagi jika saat ini genre film horror menjadi salah satu tontonan favorit penikmat film dunia. Alur cerita yang menyeramkan dan memacu adrenalin menjadi sensasi tersendiri yang menyenangkan bagi para penonton.

Berbeda dengan genre film lainnya, horror pada umumnya merupakan kisah fiktif belaka ataupun hanya berdasarkan sebuah legenda masyarakat. Namun ada juga, lho yang dibuat berdasarkan kisah dalam kehidupan nyata. Gak percaya? Yuk simak informasinya.

1. It

Ngeri Banget, 5 Film Horror Ini Ternyata Berdasarkan Kisah Nyataimbd.com

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan badut pembunuh Pennywise dalam film It yang dibuat ulang pada tahun 2017. Film yang dibuat berdasarkan novel Stephen King pada tahun 1986 tersebut mengisahkan seorang badut pembunuh di sebuah daerah bernama The Barrens. Film yang dibintangi Bill Skarsgård ini merupakan film horor tersukses berkat keseraman yang disajikan.

Namun tahu gak sih jika kisah ini terinspirasi dari sebuah kisah nyata? Stephen King menyatakan jika kisah ini terinspirasi dari seorang pembunuh berantai bernama John Wayne Gacy pada tahun 70-an. Dalam aksi pembunuhannya, John selalu menyamar menjadi seorang badut yang kemudian menjadikan dirinya dijuluki sebagai "badut pembunuh"

Sebelum dieksekusi mati pada tahun 1994, John tercatat telah membunuh 33 orang dan 26 diantaranya dikubur di dalam rumahnya.

2. Annabelle

Ngeri Banget, 5 Film Horror Ini Ternyata Berdasarkan Kisah Nyataimbd.com

Film Annabelle yang merupakan seorang boneka berarwah jahat ini juga bukan sekedar kisah bohong, lho. Film ini terinspirasi dari sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1970, dimana saat itu seorang anak bernama Donna mendapatkan hadiah sebuah boneka dari orang tuanya.

Donna pun kemudian menyimpan boneka tersebut di apartemen yang dihuni bersama temannya. Namun suatu hari sebuah hal aneh terjadi saat Donna menemukan kertas bertuliskan 'help me'  di pinggir sang boneka. Tak hanya itu, dia pun mengalami hal aneh lainnya seperti suara-suara menyeramkan, pintu terbuka sendiri hingga boneka tersebut mengeluarkan darah.

Hingga akhirnya kasus ini menarik perhatian peneliti paranormal terkenal Amerika saat itu, Ed dan Lorraine Warren. Setelah diselidiki, ternyata boneka ini dirasuki oleh arwah jahat seorang anak perempuan berumur 7 tahun bernama Annabelle Higgins. Dia meninggal di lapangan tempat apartemen Donna dan temannya berada.

Gagal mengusir arwah terebut, Ed dan Lorraine pun memutuskan untuk menaruh Annabelle di Warrens' Occult Museum, yang berisi benda-benda supranatural hasil penyelidikan mereka.

Baca Juga: 7 Film Romantis Adaptasi dari Novel Terbaik Sepanjang 2018

3. The Conjuring

Ngeri Banget, 5 Film Horror Ini Ternyata Berdasarkan Kisah Nyataegrafis.com

Kamu pasti setuju jika Conjuring merupakan salah satu film horor paling seram. Bahkan berkat kesuksesan film ini, muncul spin-off genre horror lainnya, yaitu Annabele dan The Nun. Film ini berkisah tentang sepasang keluarga yang dihantui makhluk-makhluk menyeramkan di rumah baru yang mereka tempati.

Tahu gak sih jika film ini juga berdasarkan sebuah kisah nyata dari rumah yang telah dibangun pada tahun 1730-an. Keluarga Perron menjadi penghuni rumah tersebut bersama 5 anaknya pada tahun 1970 hingga 10 tahun lamanya.

Namun selama itu, mereka justru sering menemukan kejadian-kejadian aneh dan mengerikan. Hal ini pun menjadi perhatian menarik ahli paranormal, Ed dan Lorraine Warren yang kemudian menemukan kisah tragis dibalik rumah tersebut. Rumah itu ternyata menjadi tempat kematian tragis 10 orang yang salah satunya adalah Bathsheba Sherman yang mati gantung diri di pekarangan rumah.

Bathsheba Sherman adalah seorang penyihir yang mati bunuh diri karena perjanjiannya dengan iblis, yang kemudian arwahnyalah yang merasuki penghuni rumah saat itu, Carolyn Perron.

4. Chucky

Ngeri Banget, 5 Film Horror Ini Ternyata Berdasarkan Kisah Nyataimdb.com

Pecinta horor pasti sudah gak asing lagi dengan film boneka pembunuh Chucky yang populer di tahun 90-an dan diadaptasi ulang pada tahun 2013 dengan judul Curse of Chucky dan Cult of Chucky pada tahun 2017.

Pasti banyak orang setuju jika kisah boneka tersebut hanyalah fiksi belaka. Namun faktanya film ini dipercaya merupakan adaptasi dari kisah nyata, lho. Hal ini berawal dari sebuah boneka yang dirasuki oleh arwah seorang pembunuh berantai bernama Charles Lee Ray.

Kisah ini berawal dari seorang anak kecil bernama Otto yang mendapatkan hadiah boneka pada tahun 1903 dan dia beri nama Robert. Namun sejak kedatangan boneka tersebut selalu terjadi kejadian aneh di kamar sang anak. Otto terus merawat sang boneka hingga dia meninggal dunia.

Boneka pun beralih ke tangan orang lain, dan disanalah sang boneka mulai mengganggu, bahkan berusaha membunuh pemiliknya di malam hari. Kisah ini menjadi inspirasi film pertama Chucky pada tahun 1988.

Tragisnya lagi, film Chucky ini pun justru menginspirasi pembunuhan sadis di dunia nyata. Salah satu yang terkenal adalah pembunuhan Cara Marie Burkie oleh teman kencannya Mohammed Dali Dos Santos. Di punggung tersangka terlukis tato bergambar Chucky.

5. Monster

Ngeri Banget, 5 Film Horror Ini Ternyata Berdasarkan Kisah NyataYouTube..com/OcpCommunications

Jika film-film diatas merupakan kisah nyata yang berbau mistis, Monster merupakan film biografi seorang pembunuh berantai wanita bernama Aileen Wuornos yang dirilis pada tahun 2003.

Aileen Wuornos adalah seorang pekerja seks komersial di Daytona Beach, Amerika Serikat yang telah melakukan pembunuhan berantai terhadap 7 orang. Korban-korbannya adalah para pria hidung belang yang menggunakan jasanya. 

Aileen selalu berkilah jika dia melakukan pembunuhan tersebut karena para korban berusaha untuk memperkosanya, padahal tersangka melakukan pembunuhan demi mengambil harta para korban.

Itulah 5 film mengerikan yang ternyata diambil dari kisah nyata. Tragis ya.

Baca Juga: 10 Film Legendaris yang Gak Bikin Kamu Bosan Meski Ditonton Sekarang

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya