Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Dokumenter Garapan Michael Moore yang Menohok

Berisi isu politik dan sosial di Amerika #IDNTimesHype

Michael Moore adalah pembuat film kontroversial yang membuat banyak film dokumenter selama beberapa dekade terakhir. Lewat film-filmnya tersebur Moore memberikan kritik yang sengit dan menggelitik terhadap berbagai isu di Amerika Serikat, mulai dari politik hingga sosial budaya.

Dari sekian banyak karyanya, berikut ini lima film dokumenternya yang layak untuk kamu tonton.

1. Roger & Me (1989) - 7,4 

https://www.youtube.com/embed/gOwXkstRaBw

Roger & Me menggambarkan ketika Moore mengejar ketua General Motors Roger B. Smith untuk mendapatkan jawaban setelah 35.000 pekerjaan pabrik dirumahkan di Flint, Michigan, tempat kelahiran Moore. Moore melakukan investigasi perampingan perusahaan ini dengan humor yang menyenangkan, dan ini sangat layak ditonton karena sentimen film tetap relevan hingga hari ini.

2. Where To Invade Next (2015) - 7,5

https://www.youtube.com/embed/1KeAZho8TKo

Lewat dokumenter ini Moore membawa pemirsa Amerika ke seluruh dunia untuk melihat kekuatan negara lain dibandingkan dengan Amerika Serikat. dalam pendidikan, kepuasan karyawan, reformasi tahanan, seksualitas, dan banyak lagi.

Moore tidak hanya menyampaikan pesan yang selalu jelas bahwa A.S. bukanlah negara terbesar di dunia - misalnya, hanya menempati peringkat ke-27 di dunia untuk pendidikan - sekaligus menawarkan jalan potensial untuk reformasi. Where to Invade Next juga lucu dalam cara Moore menggunakan sindiran untuk membawa orang Amerika ke akal sehat mereka.

3. Fahrenheit 9/11 (2004) - 7,5  

https://www.youtube.com/embed/yg-be2r7ouc

Fahrenheit 9/11 adalah film dokumenter dengan penjualan tertinggi yang pernah dirilis dan mendapatkan banyak penghargaan bagi Moore. Meskipun demikian, film tersebut tetap menjadi yang paling kontroversial dalam sejarah filmografi Moore.

Berfokus pada kepresidenan George W. Bush, Moore berusaha mengungkap kepentingan pribadi gelap untuk minyak dan keuntungan finansial yang memengaruhi perang di Irak dan Afghanistan. Film ini juga melihat secara dekat pengalaman tentara dalam perang dan termasuk rangkaian operasi lapangan yang mengganggu.

Baca Juga: 6 Film Dokumenter Seru Tentang Sisi Lain Dunia Olahraga, Kudu Nonton!

4. Sicko (2007) - 7,9  

https://www.youtube.com/embed/XZyY2TIbZJs

Rilisan tahun 2007 Moore lainnya lebih diterima dengan baik oleh para kritikus dan penggemar film. Berfokus pada kelemahan industri perawatan kesehatan A.S. pada saat itu, Moore mewawancarai warga yang dirugikan oleh agen asuransi kesehatan yang sangat menguntungkan, sambil menyoroti manfaat perawatan kesehatan yang dikendalikan pemerintah di Kanada.

Meskipun tidak jelas apakah film Moore memiliki pengaruh paling jauh atas berlakunya Undang-Undang Perawatan Terjangkau pada tahun 2010, Sicko pasti menyebarkan kesadaran akan kekurangan yang kurang diakui dalam sistem Amerika.

5. Bowling For Columbine (2002) - 7.9  

https://www.youtube.com/embed/hH0mSAjp_Jw

Bowling for Columbine adalah satu-satunya film dalam koleksi Moore yang dinominasikan untuk Film Dokumenter Terbaik di Academy Awards 2003, dan film itu menang. Film ini sebagian besar berfokus pada pengambilan gambar di Sekolah Menengah Columbine, serta NRA dan pengecer senjata api.

Moore mencoba untuk mengasimilasi pemahaman baru tentang pengendalian senjata, kekerasan, pemuda, dan bagaimana ketiganya berpotongan dan mempengaruhi satu sama lain. 

Itulah lima film dokumeter karya Michael Moore yang memberikan kita gambaran menohok tentang berbagai isu di Amerika Serikat. Hal-hal yang ia sajikan dalam karya-karyanya itu memberikan perspektif baru dan unik bagi penonton. Jika  kamu pecinta dokumenter, film-film di  atas sangat layak masuk list nontonmu.

Baca Juga: 5 Film Dokumenter Tentang Sisi Gelap Dunia Bisnis yang Menohok

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya