Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Nominator Oscar, Layak Masuk Daftar Nontonmu!

Mulai dari dokumenter, action, hingga drama cinta

Setiap tahun, lusinan film dinominasikan untuk Academy Awards alias Piala Oscar. Meskipun tidak semuanya berhasil memenangkan piala penghargaan, film-film yang masuk dalam setiap nominasi selalu layak untuk ditonton.

Apalagi, Oscar adalah ajang prestisius yang hanya film berkualitas tinggi bisa masuk nominasi. Dari sekian banyak nominator Oscar, mungkin lima film berikut ini belum pernah kamu tonton.

Film-film ini ternyata juga tak kalah keren dan seru dengan film pemenang Oscar. Apa saja filmnya? Ini ulasannya.

1. A Serious Man (2009)  

https://www.youtube.com/embed/mDKHWRbK2_Q

A Serious Man adalah komedi kelam Yahudi yang ditulis dan disutradarai oleh Coen Brothers dan dinominasikan untuk Film Terbaik di Oscar 2010. Film ini diperankan oleh Michael Stuhlbarg yang berperan sebagai profesor fisika Midwestern, Larry Gopnik.

Berlatar di Minnesota tahun 1967, film ini bercerita tentang karakter bernama Gopnik saat ia berurusan dengan kesengsaraan profesional dan pribadi, termasuk dicampakkan oleh istrinya. Saat dunia berantakan di sekitarnya, Gopnik mulai mempertanyakan keyakinan Yahudinya.

2. Kon-Tiki (2012)  

https://www.youtube.com/embed/rUnmjQJHRP4

Film ini diangkat berdasarkan eksplorasi Kon-Tiki 1947 di mana penjelajah dan penulis Thor Heyerdahl memimpin tim dengan rakit melintasi Samudra Pasifik dari Amerika Selatan ke Kepulauan Polinesia.

Hal ini dilakukan dalam upaya untuk membuktikan bahwa orang Amerika Selatan mungkin menetap di Polinesia pada masa pra-Kolombia. Film ini sendiri masuk nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik Oscar tahun 2013.

Baca Juga: 10 Film Animasi Terbaik Peraih Oscar yang Sayang bila Dilewatkan

3. The Grandmaster (2013)  

https://www.youtube.com/embed/uC5amKLgnFU

Wong Kar-wai, salah satu sutradara terbaik Hong Kong, bekerja sama dengan Tony Leung untuk menceritakan kisah Ip Man, salah satu grandmaster kungfu yang paling dicintai. Leung memerankan seniman bela diri Tiongkok dalam The Grandmaster, sebuah drama epik yang berlangsung selama beberapa dekade.

The Grandmaster dianggap sebagai salah satu film seni bela diri paling otentik hingga saat ini. Film indah berdurasi 130 menit itu mendapatkan nominasi Sinematografi Terbaik dan Desain Kostum Terbaik di Academy Awards tahun 2014.

4. What Happened, Miss Simone? (2015)  

https://www.youtube.com/embed/MtnmncV74uM

Penyanyi legendaris asal Amerika Serikat yaitu Nina Simone adalah subjek dalam film dokumenter karya Liz Garbus ini. Tak hanya menjadi penyanyi, dia juga menjadi pembela hak-hak sipil yang blak-blakan pada tahun 1960-an, bahkan pindah ke Liberia setelah pemerintahan penuh teror terhadap orang kulit hitam selama dekade itu.

Film dokumenter ini juga mencoba untuk menyoroti salah satu musik yang paling misterius namun paling berpengaruh. Film dokumenter ini dinominasikan untuk Film Dokumenter Terbaik pada Oscar 2016.

5. On Body and Soul (2017)

https://www.youtube.com/embed/6gZw6GVf2eY

Ini merupakan film Hongaria yang dinominasikan untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, On Body and Soul berisi premis yang unik dan ajaib. Di dalamnya, dua karyawan rumah jagal menemukan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk berkomunikasi satu sama lain melalui impian mereka.

Tema cinta dan kesepian dikembangkan saat pasangan tersebut memutuskan untuk menciptakan kembali peristiwa impian bersama mereka dalam kehidupan nyata. Tak hanya bikin baper, film ini pun memberikan kisah yang menghangatkan.

 

Itulah lima film nominator Oscar yang sangat layak masuk dalam daftar nontonmu. Mereka menyajikan plot cerita yang unik dan berbeda, dibalut juga dengan sinematografi yang memanjakan mata. Kamu harus nonton!

Baca Juga: 5 Film Produksi Netflix yang Mendapatkan Nominasi Oscar

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya