Comscore Tracker

5 TV Series Komedi yang Diadaptasi dari Web Series, Bikin Ngakak!

Kisah absurd dan realis kehidupan sehari-hari #IDNTimesHype

Setiap serial televisi Hollywood biasanya dimulai sebagai ide, proyek, skrip, atau promosi kecil. Di sisi lain aksesibilitas serta kebebasan internet telah mempermudah pembuat konten untuk memperkenalkan konten dan karya seni mereka kepada pemirsa, salah satunya dalam bentuk web series.

Setiap waktunya semakin banyak web series yang telah terbukti memikat penonton. Mereka tampil dengan plot cerita yang unik dan sangat relate dengan kehidupan masyarakat. Hal ini pun kemudian menginspirasi terciptanya adaptasi ke dalam TV series. Berikut ini adalah lima serial televisi yang diangkat berdasarkan cerita web series.

1. Children's Hospital - 7,8 

https://www.youtube.com/embed/1pceheVV790

Serial ini bergenre komedi gelap yang sangat sukses di saluran televisi Adult Swim sejak ditayangkan pada tahun 2010, tetapi sebelum mencapai tonggak ini, mereka lebih dulu mencapai popularitas di situs web streaming Warner Brothers yang sekarang sudah tidak beroperasi bernama TheWB.com.

Awalnya program ini berisi sepuluh episode dengan durasi lima menit per episode. Kisahnya  sendiri menjelajahi pergumulan emosional sekelompok dokter yang bertugas dan permasalahan kehidupan pribadi tidak ada habisnya. Namun sesekali mereka dihadapkan dengan pasien anak-anak yang sakit dengan berbagai latar belakang.

2. Drunk History - 7,8 

https://www.youtube.com/embed/ca1kMirB-vA

Drunk History adalah komedi edukasi yang sangat sukses miliki channel TV Comedy Central. Acara ini merupakan adaptasi dari web series berjudul Funny or Die milik Will Ferrell. Ide di balik serial web dan acara televisi pertama kali muncul ketika pencipta acara Derek Waters sedang minum dengan aktor Jake Johnson.

Johnson sedang mengobrol dengan Waters tentang kehidupan artis R&B Otis Redding sambil mabuk. Waters mengira akan lucu untuk memfilmkan orang mabuk lainnya yang membahas tokoh dan peristiwa sejarah dan dengan demikian lahirlah Drunk History.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Komedi Netflix yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Kocak!

3. Insecure - 7,9

https://www.youtube.com/embed/kqCwxtEdJWk

Serial ini awalnya dikenal sebagai web series Youtube berjudul Awkward Black Girl, kemudian diadaptasi menjadi serial televisi dengan judul Insecure. Kisahnya mengikuti Molly (Yvonne Orji) dan Issa (Issa Rae) saat mereka menjalani kehidupan sehari-hari, situasi canggung dan tidak nyaman dengan teman, minat cinta, dan rekan kerja.

Pencipta serial Issa Rae terinspirasi untuk membuat serial tersebut setelah menghadapi situasi canggung dalam kehidupan aslinya dan menyadari bahwa banyak acara televisi tidak menampilkan perspektif perempuan kulit hitam. 

4. High Maintenance - 8,2

https://www.youtube.com/embed/-xlOTd5Wngg

Acara ini memiliki awal yang sederhana sebagai seri web Vimeo 2012 sebelum diambil oleh HBO pada tahun 2016. Drama-komedi ini dibuat oleh Ben Sinclair dan Katja Blitchfeld dan sebagian didasarkan pada pengalaman kehidupan nyata Sinclair.

Dengan protagonis yang hanya dikenal sebagai "The Guy", High Maintenance memberi pemirsa pemandangan ke kehidupan orang New York acak yang berinteraksi dengan karakter utama tanpa nama itu. Sementara seri tersebut berakhir pada tahun 2020, keempat musim tersedia di HBO GO, dan seri web aslinya masih dapat ditemukan di Vimeo.

5. Broad City - 8,4 

https://www.youtube.com/embed/iC_xGWSkRKc

Broad City dimulai di YouTube pada tahun 2009 dan didasarkan pada persahabatan kehidupan nyata dari Abbi Jacobson dan Ilana Glazer. Duo ini bertemu di Upright Citizens Brigade dan berakting dalam beberapa grup komedi sketsa improvisasi bersama dengan Paul W. Downs dan Lucia Aniello, yang masing-masing akan mengarahkan dan memproduksi Broad City.

Serial ini sendiri mengisahkan kehidupan dua orang sahabat yang dipenuhi dengan keabsurdan di New York.

Lewat lima serial di atas kita bisa menemukan kelucuan dan kejenakaan yang akan mengocok perutmu. Ironi kehidupan sehari-hari disajikan dengan penuuh komedi dan keabsurdan yang begitu menghibur, sehingga kita pun akan menertawakan hidup sendiri yang penuh ironi dan tragedi.

Baca Juga: 5 Serial Underrated Netflix Tahun 2020 Ini Layak Ditonton, Keren Semua

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya