Comscore Tracker

5 Serial Kriminal Adaptasi Novel dengan Rating Tertinggi Versi IMDB

#IDNTimesHype Penuh misteri yang bikin kamu mikir keras

Di balik setiap serial televisi yang bagus selalu ada sebuah ide cerita cemerlang. Salah satu sumber terbaiknya adalah novel-novel populer. Dengan dramatisasi dan visual yang memanjakan mata, kisah-kisah di dalam buku bertransformasi menjadi sebuah tontonan yang sangat seru dan menarik.

Penggemar genre drama kriminal mungkin tidak menyadari betapa banyak serial populer diangkat berdasarkan novel. Berikut adalah daftar drama kriminal dengan rating tertinggi versi IMDB yang diangkat dari novel.

1. Defending Jacob (2020) - 8,1  

https://www.youtube.com/embed/XQfeoRLvfqU

Miniseries ini didasarkan pada novel dengan judul yang sama oleh William Landay. Kisahnya mengikuti alur dari novel, dengan hanya sedikit dramatisasi. Landay adalah sendiri merupakan mantan Asisten Jaksa Wilayah sebelum menjadi seorang penulis.

Cerita dan serial dan novelnya mengikuti kisah Andy Barber (Chris Evans), seorang asisten Districk Attorney, ketika keluarga dan hidupnya berubah saat  putranya dituduh membunuh teman sekolahnya. Serial ini tidak hanya mengisahkan lika-liku kasus yang penuh misteri dan berliku, tetapi juga perjuangan bagaimana cinta orang tua dan perjuangan sebuah keluarga menghadapi sebuah krisis besar.

2. Longmire (2012) - 8,3  

https://www.youtube.com/embed/1Qs6gqs_FiI

Craig Johnson merupakan penulis serial novel drama kriminal barat populer, Walt Longmire Mysteries. Novel-novel tersebut pertama kali dimulai pada tahun 2004 dan Johnson telah menulis 15 novel, termasuk novel dan cerita pendek. Karyanya kemudian diadaptasi untuk sebuah serial, Longmire, pada tahun 2012.

Jalan ceritanya mengikuti perjalanan hidup Walt Longmire (Robert Taylor). Seorang sheriff di kota fiksi di Wyoming. Dia bersama staf, teman, dan keluarganya membantu menyelesaikan kasus-kasus kejahatan keji di kota mereka. Serial ini berlangsung selama enam musim sebelum berakhir pada 2017.

Baca Juga: 5 Film Kriminal yang Mengusung Wanita Tangguh Sebagai Protagonis, Seru

3. Dexter (2006) - 8,6  

https://www.youtube.com/embed/YQeUmSD1c3g

Dexter merupakan serial yang sangat populer di kalangan penonton karena karakter utamanya, Dexter Morgan (Michael C. Hail). Mengisahkan dirinnya yang menjalani kehidupan ganda sebagai analis di Kepolisian, namun ia juga merupakan pembunuh berantai di malam hari. 

Serial ini merupakan adaptasi dari novel berjudul Darkly Dreaming Dexter karya Jeff Lindsay, yang diteritkan pada 2004. Serial novel tersebut berlanjut hingga 2015 dengan buku terakhir berjudul, Dexter is Dead

4. Justified (2010) - 8,6  

https://www.youtube.com/embed/5Cnl-xa_nFU

Justified adalah drama kriminal bertema wester lainnya yang berasal dari cerita populer oleh Elmore Leonard. Leonard tidak asing dengan karyanya yang diadaptasi menjadi film. Karyanya yang paling dikenal adalah Rum Punch yang diadaptasi menjadi film oleh sutradara Jackie Brown.

Untuk serial tersebut, pencipta menggunakan cerita pendeknya yang berjudul, Fire in the Hole. Serial ini mengikuti kisah wakil Marsekal AS bernama Raylan Givens (Timothy Olyphant) yang memberlakukan bentuk keadilannya sendiri di kota asalnya. Uniknya, kesuksesan serial tersebut mendorong Leonard untuk membuat novel baru tentang karakter tersebut.

5. Mindhunter (2017) - 8,6  

https://www.youtube.com/embed/oFlKiTwhd38

Serial ini telah menerima banyak pujian atas penggambaran yang akurat tentang Unit Ilmu Perilaku FBI dan pembunuh paling terkenal di Amerika. Series ini awalnya didasarkan pada buku, Mindhunter: Inside the Elite Serial Crime Unit FBI. Sebuah buku kejahatan nyata oleh John E. Douglas dan Mark Olshaker.

Tidak seperti lainnya, novel ini lebih merupakan buku kejahatan non-fiksi. Kisahnya sendiri merupakan usaha mereka dalam merinci profil kepribadian para pembunuhan terkenal oleh pensiunan agen FBI, Douglas.

Serial drama kriminal selalu menarik karena mampu menyajikan alur cerita yang lebih luas. Sehingga mampu memberikan penonton gambaran tentang dunia kriminal, hukum dan orang-orang di dalamnya dengan berbagai sudut pandang berbeda. Kudu nonton, deh!

Baca Juga: 5 Film Horor yang Terinspirasi dari Kasus Kriminal Nyata, Penuh Teror!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya