Comscore Tracker

Bersejarah, 5 Serial Terbaik Ini Mengambil Setting Waktu Tahun 60-an 

#IDNTimesHype Nomor 2 diangkat dari kisah nyata!

Era 60-an merupakan waktu yang dipenuhi dengan peristiwa bersejarah di Amerika Serikat. Mulai dari berlangsungnya perang dingin yang dimulai sejak 1947, Perang Vietnam, tragedi pembunuhan John F Kennedy, hingga kemenangan Gerakan Hak Sipil. Tidak hanya itu, era tersebut juga mencakup tren budaya yang saling terkait di seluruh dunia, yang sering disebut The Sixties.

Dengan segala latar belakangnya tersebut, era 60-an sering dijadikan sebuah latar berlangsungnya plot cerita film dan serial top karena keunikan dan kekayaan sejarahnya. Berikut ini lima serial terbaik dengan setting waktu 60-an yang layak banget jadi rekomendasi tontonanmu.

1. Project Blue Book (2019) - 7,6

https://www.youtube.com/embed/U4EmfM9isHo

Ditayangkan selama dua musim di channel History, Project Blue Book adalah drama supernatural dan historis yang dinamai berdasarkan studi UFO yang dilakukan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Proyek ini dimulai pada tahun 1952 dan dihentikan pada tahun 1969 setelah tidak menemukan bukti keberadaan kapal luar angkasa.

Sedangkan serial ini sendiri mengikuti kisah seorang profesor yang skeptis dan mitra veteran Angkatan Udara saat mereka menyelidiki penampakan dan bukti aktivitas UFO. Serial ini semakin menarik dengan disajikannya berbagai konspirasi alien dan paranoia Perang Dingin, yang saat itu sedang terjadi melawan Uni Soviet.

2. A Very English Scandal (2018) - 7,7  

https://www.youtube.com/embed/g7aUZRKv-bU

Tayang selama tiga episode di BBC One, A Very English Scandal adalah miniseri yang membahas tentang skandal bersejarah Jeremy Thorpe, yang juga dikenal sebagai The Thorpe Affair. Ini merupakan salah satu skandal seksual politik yang sangat menggemparkan dalam sejarah Inggris.

Seorang pria bernama Norman Josiffe mengklaim bahwa dia dan pemimpin Partai Liberal, Jeremy Thorpe telah menjadi pasangan homoseksual di tahun 60-an, dan mengungkapkan bahwa Thorpe kemudian berencana untuk membunuhnya untuk memastikan dia tutup mulut atas skandal tersebut.

Baca Juga: Wajib Tonton! 10 Film dan Serial Drama untuk Temani Akhir Tahunmu

3. Mad Men (2007) - 8,6  

https://www.youtube.com/embed/LfuMhXcLa-Q

Era 60an menjadi identitas yang sudah melekat dengan serial populer Mad Men. Bahkan semua pilihan soundtrack diambil dari periode waktu - termasuk lagu ikonik The Beatles 1966 "Tomorrow Never Knows". Serial ini juga merujuk pada banyak peristiwa bersejarah, termasuk kampanye kepresidenan Nixon-Kennedy, gerakan hak-hak sipil, konvensi Demokrat 1968, dan pendaratan di bulan.

Ini merupakan sebuah drama tentang salah satu biro iklan paling bergengsi di New York di awal tahun 1960-an, yang berfokus pada salah satu eksekutif periklanan perusahaan yang paling misterius namun sangat berbakat dan jenius, Donald Draper.

4. The Marvelous Mrs. Maisel (2017) - 8,7

https://www.youtube.com/embed/fOmwkTrW4OQ

Serial drama komedi ini mengikuti kisah seorang ibu rumah tangga, Miriam "Midge" Maisel, yang menemukan bakat alami untuk melakukan stand up comedy.The Marvelous Mrs. Maisel berlatar di akhir 50-an dan awal 60-an dan telah mendapatkan nominasi Emmy untuk Outstanding Comedy Series di tiga musim pertamanya secara beruntun.

Namun di balik kehebatannya itu, Maisel harus melewati berbagai drama dan tragedi hidup yang berat. Mulai dari hancurnya rumah tangga yang sempurna akibat perselingkuhan sang suami, hingga kehilangan rasa percaya diri, yang membuatnya kembali mengevaluasi hidupnya dengan jalan yang baru, salah satunya menjadi komika.

5. The Queen's Gambit (2020) - 8,7 

https://www.youtube.com/embed/CDrieqwSdgI

Serial Netflix ini mengikuti kisah seorang prodigy catur, Beth Harmon, yang kecerdasannya membawa ia kepada ketenaran dan kejuaraan dunia catur di era 1960-an. Namun dengan latar belakang kehidupannya yang kompleks dan tragis, ia pun dihadapkan dengan berbagai masalah pribadi, termasuk kurangnya bimbingan orang tua, penyalahgunaan narkoba, dan alkoholisme.

Serial ini pun sangat khas dengan fashion khas 60an yang anggun dan menawan, serta diwarnai juga dengan ketegangan sejarah Perang Dingin. Serail ini sendiri sangat sukses dan mencetak rekor Netflix sebagai serial paling populer karena ditonton 62 juta kali selama 28 hari penayangan.

Meskipun fiksi, serial di atas tetap tidak melepaskan sisi sejarah yang mewarnai era tersebut. Dibalut dengan plot cerita yang epik dan visual yang memanjakan mata, deretan serial di atas memberikanmu juga wawasan dan inspirasi. Yuk nonton!

Baca Juga: 5 Film dan Serial Terlucu Kumail Nanjiani yang Kudu Masuk Watchlist-mu

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya