Comscore Tracker

Tambah Ilmu! Menilik 5 Film Dokumenter Isu Sosial Rilisan Netflix

#IDNTimesHype Memberikan perspektif baru di kehidupan

Meski film fiksi lebih populer, tapi dokumenter memiliki tempatnya tersendiri di hati penonton. Genre ini mampu memberikan pengetahuan baru lewat berbagai fakta akan sebuah peristiwa di dunia nyata. Dokumenter bahkan dinilai lebih menarik karena tidak sedikit menyelidiki berbagai isu yang sensitif dan menohok.

Netflix sebagai layanan streaming paling populer juga menyediakan film-film dokumenter yang menarik. Berikut deretan film dokumenter seru tentang berbagai isu yang layak kamu tonton.

1. Jim & Andy: The Great Beyond

https://www.youtube.com/embed/kB15UFO5ebA

Jim & Andy: The Great Beyond adalah film dokumenter yang mengikuti proses produksi film Man on the Moon. Yang menjadi unik, video produksi tersebut dikolaborasikan dengan wawancara kontemporer dari Jim Carrey tentang pengalamannya berakting di film tersebut.

Film dokumenter ini dirilis pada tahun 2017, hampir dua dekade setelah Man on the Moon dirilis. Salah satu di dalamnya mengisahkan rumor tentang perilaku aneh Jim Carrey di lokasi syuting.

2. Jack Of All Trades  

https://www.youtube.com/embed/q0GsVS2gSAE

Jack of All Trades adalah film dokumenter bertema tren unik. Film dokumenter ini berkisah tentang dunia kartu bisbol, juga cerita hubungan keluarga yang rumit, yang memiliki sejarah menarik tentang kartu ini.

Trend ini sangat populer di era 90an, dari kartu bisbol ini seseorang bahkan bisa menghasilkan banyak uang.

Film dokumenter ini dimulai dari ledakan tren kartu bisbol hingga rangkaian peristiwa yang mengarah pada kejatuhan popularitasnya. 

3. Rotten 

https://www.youtube.com/embed/_ot6W_7hvrM

Rotten merupakan dokumenter dua musim yang menceritakan tentang produksi makanan. Setiap episode mengambil satu jenis makanan dan melakukan investigasi terhadap produksi dan masalah yang muncul selama proses tersebut.

Beberapa makanan yang sudah dibahas di Rotten adalah air minum kemasan, coklat, dan bawang putih.

Serial dokumenter ini kemudian menimbulkan masalah dan keraguan masyarakat akan makanan-makanan yang selama ini mereka konsumsi.

Baca Juga: 5 Fakta You and I, Film Dokumenter Peraih Penghargaan Internasional

4. Dark Tourist

https://www.youtube.com/embed/8vV1xaLCONw

Saat merencanakan travelling ke suatu tempat, banyak orang memilih tujuan yang indah demi pengalaman baru dan bersenang-senang. Namun sebagian lainnya memiliki tujuan yang unik. Mereka memilih tempat dengan sejarah kelam dan reputasi buruk di mata dunia.

Dark Tourist adalah dokumenter yang mengikuti kisah orang-orang unik tersebut. Dalam serial ini, seorang jurnalis bernama David Farrier melakukan perjalanan ke berbagai tempat 'nyentrik' di seluruh dunia, dan menyelidiki lokasi serta alasan orang memilih untuk bepergian ke sana.

Dari festival voodoo di Afrika hingga rumah berhantu ekstrem di berbagai negara akan disajikan di film ini.

5. Ugly Delicious  

https://www.youtube.com/embed/pN_XItALHmM

Ugly Delicious adalah dokumenter original Netflix yang dibintangi koki internasional David Chang. Dalam dokumenter ini, dia bertemu dengan berbagai tokoh seperti seniman, komedian, aktivis, dan penulis, saat ia melakukan perjalanan keliling dunia untuk menemukan makanan terbaik dengan ragam budaya.

Setiap episode dari seri ini berfokus pada satu hidangan atau metode memasak, dan bagaimana hal itu berkembang dari generasi ke generasi. Bahkan, ada juga pembahasan bagaimana pengaruh budaya yang berbeda memengaruhi makanan. Untuk kamu pecinta kuliner, serial ini tak boleh dilewatkan.

Jika kamu sedang bosan akan kisah fiksi, film dokumenter di atas bisa menjadi alternatif hiburanmu. Tidak hanya seru, film dokumenter mampu memberikan wawasan baru tentang banyak hal. Selamat menonton!

Baca Juga: Menampar, Ini 8 Film Dokumenter Underrated Terbaik yang Pernah Rilis

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya