Comscore Tracker

6 TV Series Bertema Distopia Paling Seru yang Kudu Masuk List Nontonmu

Ada Snowpiercer versi seriesnya, lho!

Genre distopia menjadi salah satu yang sangat menarik dan populer di dunia perfilman. Genre ini menyajikan bagaimana dunia masa depan yang kelam dan penuh dengan kerusakan. Beberapa film sukses mengambil tema ini dan dicintai penonton, sebut saja The Hunger Games, V For Vendetta dan Divergent.

Dalam satu dekade terakhir pun, TV series tidak ingin kalah dengan menyajikan beberapa serial distopia yang  sangat seru. Bahkan lebih menarik karena menampilkan plot cerita yang lebih luas. Berikut ini lima di antaranya yang sangat layak kamu tonton.

 1. Snowpiercer - 6,7

https://www.youtube.com/embed/7lFMpmwn_hQ

Serial ini merupakan adaptasi dari film Snowpircer karya Bong Joon Ho yang rilis pada 2013 silam. Series ini mengeksplorasi lebih jauh apa yang telah terjadi dalam filmnya. Dengan setting waktu tujuh tahun setelah menjadi gurun beku, populasi bumi yang tersisa tinggal di kereta yang bergerak cepat melintasi dunia.

Namun masalah muncul saat terjadi ketidakseimbangan sosial yang sangat besar, karena penumpang kelas bawah tinggal di ujung ekor kereta, sementara orang kaya hidup sejahtera. Lewat serial ini kita disajikan bagaimana sebuah kesenjangan sosial dan politik bertahan hidup terjadi yang cukup relate dengan realita kehidupan.

Lewat serial distopia di atas kita akan disajikan pengalaman menonton yang sangat berbeda, sebuah sisi gelap manusia dan dunia masa depan yang lebih detail. Plot cerita yang lebih luas pun memungkinkan eksplorasi ceria yang lebih menarik dari film distopia. Yuk nonton!

2. The Society - 7,1

https://www.youtube.com/embed/iVqT5UzCwMI

Ini adalah serial distopia remaja tentang sebuah kota di mana semua orangtua menghilang dan para remaja dibiarkan melakukan apa pun yang mereka inginkan. Kekacauan terjadi, dan ini cukup mirip dengan versi modern dari The Hunger Games, hanya kali ini, para remaja bisa membuat peraturan dan memutuskan bagaimana menjalankan masyarakat baru yang mereka tinggali.

3. The 100 - 7,6

https://www.youtube.com/embed/ia1Fbg96vL0

Dengan latar waktu sembilan puluh tujuh tahun setelah perang nuklir menghancurkan peradaban bumi, sebuah pesawat ruang angkasa yang menampung satu-satunya manusia yang selamat mengirim seratus anak nakal kembali ke Bumi, dengan harapan mungkin mengisi kembali planet ini.

Meski bumi akhirnya bisa kembali dihuni, namun mereka tidak sendiri di sana. Ada kelompok lainnya yang siap memburu mereka. Serial ini telah memasuki season ke-7 tahun ini dan memiliki plot cerita yang semakin kompleks.

Baca Juga: 8 Film & TV Series yang Dibintangi Lady Gaga, Sukses Raih Piala Oscar!

4. 3% - 7,8

https://www.youtube.com/embed/8yyzNQfaQR8

Sebuah thriller pasca-apokaliptik berlatar belakang Brasil di masa depan, di mana beberapa orang terpilih diizinkan bergabung dengan masyarakat istimewa setelah menjalani proses yang intens dan kompetitif. Di dunia tersebut terdapat dua kelas masyarakat, Inland yang merupakan kelas bawah dan Offshore yang merupakan kelas atas.

5. Altered Carbon - 8,0

https://www.youtube.com/embed/-Yt89b5AcwY

Altered Carbon adalah seri fiksi ilmiah dengan latar 300 tahun ke depan ketika perjalanan antarbintang memungkinkan. Ceritanya berkisar tentang seorang mantan tentara yang berubah menjadi detektif swasta yang harus menyelidiki pembunuhan misterus.

Uniknya, di dunia tersebut kesadaran manusia dapat didigitalisasi dan disimpan, sehingga orang yang sama dapat eksis di tubuh yang berbeda seiring waktu.

6. His Dark Materials - 8,0

https://www.youtube.com/embed/APduGe1eLVI

Series ini diangkat berdasarkan novel best-seller dengan judul yang sama, menceritakan kisah dua dunia yang berbeda: dunia kita dan dunia sihir, di mana manusia memiliki daemon, hewan peliharaan manifestasi dari pemiliknya, yang bisa merasakan perasaan dan jiwa mereka.

Seorang gadis muda kemudian ditakdirkan untuk membebaskan dunianya dari cengkeraman Magisterium yang melakukan penindasan. Seri pertama mengikuti plot dari buku pertama, Nothern Lights, di mana gadis tersebut, Lyra Belacqua melakukan petualangan melalui alam semesta paralel demi menyelamatkan orang-orang tercintanya dan menggali lebih banyak tentang garis keturunannya.

Lewat serial distopia di atas kita akan disajikan pengalaman menonton yang sangat berbeda, sebuah sisi gelap manusia dan dunia masa depan yang lebih detail. Plot cerita yang lebih luas pun memungkinkan eksplorasi ceria yang lebih menarik dari film distopia. Yuk nonton!

Baca Juga: 5 Film Dokumenter HBO Max Paling Menohok, Wajib Nonton!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya