Comscore Tracker

5 TV Series Bertema Sejarah yang Bikin Nambah Wawasan, Sudah Nonton?

Dari sejarah kerajaan Inggris hingga Kanada

Serial TV bertema sejarah selalu memiliki tempatnya sendiri di hati para penonton. Plot cerita yang menceritakan situasi sosial budaya yang berbeda di masa lalu dan gambaran sosok populer bercampur kisah fiksi yang dramatis membuat serial genre sejarah sangat digemari.

Layanan penyedia streaming besar dan TV kabel berbayar seperti Netflix, HBO dan BBC mampu menghasilkan beberapa serial fiksi bergenre sejarah yang sukses besar hingga mancanegara. Apa saja? Inilah lima di antaranya.

1. Catherine The Great (2019)  

https://www.youtube.com/embed/bNSacMPj1tE

TV series biopik ini mengisahkan kehidupan ratu Catherine The Great yang dramatis ketika mereformasi kerajaan Rusia. Lewat miniseries empat episode, kita disajikan intrik, skandal dan konflik besar sang permaisuri. Di antaranya adalah kisahnya dalam menggulingkan kekuasaan suaminya sendiri hingga hubungannya bersama sosok bernama Grigory Potemkin, arsitek sekaligus orang kepercayaan sang ratu.

2. Poldark (2015)  

https://www.youtube.com/embed/7A0U6kQNCN0

Serial garapan BBC ini menceritakan kisah Kapten Ross Poldark ketika ia kembali ke kampung halamannya, Cornwal di Inggris setelah Perang Revolusi Amerika pada 1783. Begitu tiba di rumah, ia dihadapkan dengan berita saudara lelakinya telah meninggal dan tanah miliknya yang berantakan.

Lewat serial ini kita ditunjukan usahanya membangun kembali hidupnya dengan bisnis baru, membuat musuh baru, hingga kisah cintanya. Terlepas dari kisah fiksinya, serial ini menunjukkan sisi lain tentang peperangan dan pandangan sejarah yang berbeda tentang zaman tersebut.

Baca Juga: 5 Film & TV Series Gal Gadot yang Akan Segera Hadir, Gak Sabar Nih!

3. Marco Polo (2014)  

https://www.youtube.com/embed/B4d6zUIxfes

Jika ditanya siapa penjelajah terhebat sepanjang masa, maka salah satu jawabannya adalah Marco Polo. Petualangan paling populer penjelajah asal Italia itu adalah saat ia bertemu dengan penguasa dunia asal Mongol, Kubilai Khan. Sejarah tersebut dieksplorasi oleh Netflix lewat serial fiksi bercampur sejarah dengan judul Marco Polo.

Serial ini menggambarkan dunia yang penuh keserakahan, persaingan dan pengkhianatan dalam meraih kekuasaan di sekitar istana Kubilai Khan, yang pada abad 13 kerajaannya hampir menguasai separuh dunia.

4. Frontier (2016)  

https://www.youtube.com/embed/2J5wTsYAh94

Dibintangi Jason Momoa, serial Netflix ini mengisahkan sosok Declan Rice dalam melawan monopoli sebuah perusahaan besar di Kanada pada era 1770an. Declan sendiri merupakan sosok berdarah Irish dan setengah suku asli Cree Kanada yang keberadaan dan usahanya terancam. Ia kemudian terpaksa harus meminta bantuan teman-temannya setelah perusahaan bernama Hudson's Bay mengutus penjahat bayaran untuk menghabisinya.

Lewat serial ini, kita disajikan sisi lain sejarah Kanada pada era tersebut. Hudson's Bay sendiri merupakan grup bisnis ritel besar Kanada yang bergerak di perdagangan bulu.

5. Victoria (2016) 

https://www.youtube.com/embed/AwJ5eRuF0fE

Victoria menceritakan kisah Ratu Victoria, pemerintahannya, dan hubungannya dengan suaminya Albert dan Perdana Menteri pertamanya, Lord Melbourne. Lewat serial ini kita disajikan gambaran bagaimana kehidupan awal Victoria, mulai dinobatkan sebagai ratu pada usia 18 tahun dengan berbagai intrik dan politik di dalamnya.

Serial ini baru saja menyelesaikan musim ketiganya, timeline akan berlanjut ke tahun 1850 ketika series ini dilanjutkan untuk musim keempat. Victoria sendiri adalah ratu dari United Kingdom of Great Britain and Ireland pada abad 19 yang berkuasa selama 63 tahun lebih.

Itulah lima TV series bergenre sejarah yang layak banget kamu tonton karena bisa memperluas wawasanmu. Meski dibalut dengan drama fiksi, gambaran kebudayaan, politik dan sosial di dalamnya relate dengan sejarah yang terjadi.

Baca Juga: 5 Series yang Wajib Kamu Tonton, Jika Suka dengan Series Sex Education

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya