Comscore Tracker

5 TV Series Paling Menohok tentang Dunia Kriminal, Bikin Emosi!

Penuh misteri, intrik dan politik #HypeIDN

Dunia kriminalitas selalu menjadi musuh yang mengerikan bagi masyarakat. Kekejaman, kekerasan dan segala intrik politik mewarnai dunia hitam tersebut. Namun ini menjadi plot cerita yang sangat menarik untuk sebuah film ataupun serial TV. Drama dan segala misteri di balik dunia kriminal selalu menarik untuk diketahui.

Dari sekian banyak, berikut ini tujuh serial TV tentang dunia kriminal terbaik yang sangat layak untuk ditonton? Apa saja? Yuk disimak!

1. Damnation

https://www.youtube.com/embed/n7yW7h0YkPI

Ini adalah drama kriminal periode Amerika yang berlatar tahun 1931 di puncak masa depresi ekonomi. Saat pemogokan buruh terjadi, serial ini berfokus pada seorang pria bernama Seth Davenport, yang menyamar sebagai seorang pengkhotbah. Davenport memulai sebuah  gerakan kaum tertindas dengan mengumpulkan para pekerja untuk melawan bos mereka yang rakus.

Akibat gerakannya itu, Davenport kemudian menjadi incaran para pemilik bisnis kaya raya yang ingin melihatnya mati. Ini merupakan miniseries yang sangat seru tentang arti perjuangan melawan kapitalis.

2. American Crime

https://www.youtube.com/embed/Uu2P7ABRLRw

Serial ini merupakan drama antologi kriminal yang ditayangkan ABC selama tiga season. Sangat menggugah emosi, serial ini setiap musimnya menggali ke dalam masalah rasial, kejahatan seksual, dan isu kelas sosial yang berpengaruh dalam sifat sistem peradilan pidana Amerika saat ini.

Dengan berfokus pada orang-orang yang terpinggirkan dan bagaimana kehidupan mereka dipengaruhi oleh kekerasan, kebijakan politik, dan stigma budaya, serial ini sarat dengan isu sosial yang mungkin teracuhkan oleh masyarakat.

3. The Break

https://www.youtube.com/embed/6DqvRSvADUQ

Serial berbahasa Prancis Belgia ini berfokus pada seorang detektif bernama Yoaan Peeters. Di season pertama, dia melakukan perjalanan ke kampung halamannya, Brussel untuk menyelidiki kematian seorang pemain sepak bola Afrika. Mayat pria itu ditemukan di sungai, dan meski awalnya dianggap sebagai bunuh diri, Peeters percaya bahwa ada lebih banyak misteri di balik kematian itu.

Sementara pada season kedua, Peeters bekerja sama dengan psikiater kriminal yang membutuhkan bantuannya untuk membuktikan bahwa salah satu pasiennya tidak bersalah. Pria itu, mantan tukang kebun untuk seorang wanita kaya, dituduh membunuh wanita itu setelah ditemukan tewas di kolam renangnya. 

Baca Juga: Main Serial Netflix The Queen's Gambit, 9 Fakta Thomas Brodie-Sangster

4. The Mire   

https://www.youtube.com/embed/St27g0HVASU

Serial ini mengisahkan sepasang jurnalis yang diminta untuk menulis tentang sebuah kasus kematian untuk surat kabar lokal. Seiring waktu, mereka menemukan bahwa ada lebih banyak kasus misterius yang belum terpecahkan. Mereka juga percaya bahwa polisi terlibat dalam kasus-kasus tersebut, bahkan menutup-nutupinya, karena jika terungkap, akan melibatkan banyak orang penting dalam kejahatan tersebut.

5. The Valhalla Murders 

https://www.youtube.com/embed/mKwJoo0kItA

Dengan setting tempat Islandia, serial ini mengikuti kisah seorang detektif wanita bernama Kata, di mana kotanya menjadi tempat pembunuhan yang dilakukan pembunuh berantai yang misterius. Orang tersebut tampaknya menargetkan pria yang lebih tua, dan kejahatannya pun memiliki ciri khas dengan tebasan pisau di sekitar mata setiap korban.

Serial ini memberikan gambaran mendalam tentang cara kerja departemen kepolisian Islandia di Kata dalam mengungkap sebuah kejahatan dan tanggapan publik terhadap kekerasan.

6. Collateral 

https://www.youtube.com/embed/ax22RTERi5E

Dibintangi oleh John Simm dan Carey Mulligan, Collateral berkisah tentang peristiwa yang terjadi setelah pembunuhan seorang pengantar pizza di London. Namun itu bukanlah kejahatan biasa. Serial ini menggabungkan plot politik yang kompleks dengan tema drama kriminal yang khas.

Collateral adalah miniseries dengan empat episode dengan plot cerita yang bikin penasaran, sehingga jadi tontonan yang seru saat nonton secara marathon.

7. The Stranger 

https://www.youtube.com/embed/fwUWlxAQj-o

The Stranger adalah salah satu serial Netflix terbaru di tahun 2020. Serial ini mengisahkan seorang pria yang mencoba melacak istrinya, setelah menghilang secara misterius. Semakin dalam dia menyelidiki, semakin banyak misteri yang muncul di sekitar orang asing yang dia temui sebelum istrinya menghilang. Serial ini berlangsung selama satu season, menjadikannya cerita yang mudah untuk diselesaikan dengan cepat.

Itulah tujuh film tentang dunia kriminalitas dengan kisah paling menohok. Deretan serial tersebut menunjukan kita sisi lain dunia kriminal yang penuh dengan intrik dan misteri mengerikan. Nonton yuk!

Baca Juga: Segera Tayang, Ini 9 Fakta Mengenai Serial Netflix 'Dash & Lily'

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya