Comscore Tracker

Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTS

#Replay2018 ARMY ngumpul yuk!

Sukses menarik perhatian sejak tahun 2017 lalu, BTS semakin bersinar di tahun 2018 ini. Tak menutup mata, sejak awal tahun sampai 2018 hampir habis seluruh berita tentang KPop rasanya banyak sekali membahas soal BTS. Maka, bolehlah kita sebut tahun 2018 adalah tahunnya BTS.

Masih ragu? Ini dia beberapa prestasi cemerlang yang berhasil diraih oleh BTS tahun ini. ARMY pastinya bangga banget nih!

1. Satu-satunya grup KPop yang masuk nominasi Kids' Choice Awards 2018

Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTSsoompi.com

Mengawali tahun 2018, BTS yang pada akhir tahun 2017 mulai menampakkan taringnya ini ternyata jadi satu-satunya grup KPop yang masuk dalam nominasi Nickelodeon Kids Choice Awards. Tahun ini, ajang seru-seruan yang didominasi oleh artis Hollywood tersebut dilaksanakan pada 24 Maret 2018.

BTS masuk dalam nominasi Favourite Global Musical Star bersama Taylor Swift, Black Coffee, Maluma, The Vamps, dan Zara Larsson. Meski mereka gak bisa datang saat malam penghargaannya, namun BTS berhasil memenangkan award tersebut. Hmm, mungkin pertanda baik buat karier mereka tahun ini? Simak prestasi selanjutnya nih.

2. Boyband KPop pertama yang tampil di Billboard Music Awards 2018

Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTSusmagazine.com

Tahun 2017, BTS pertama kali hadir dalam ajang penghargaan musik paling bergengsi di seluruh dunia: Billboard Music Awards. Nah, tahun ini BTS kembali diundang dan berhasil mendapatkan penghargaan Top Social Artist lho! Penghargaan yang sama juga mereka dapatkan tahun lalu.

Spesialnya, tahun ini antusiasme penonton lebih besar. BTS pun berkesempatan ketemu sama banyak musisi dunia seperti Taylor Swift, Ariana Grande, Dua Lipa, Shawn Mendes, dan banyak lagi. Penampilan mereka di lagu Fake Love yang paling menarik perhatian penonton kala itu.

3. Lagu Fake Love raih Perfect All Kill

Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTSYoutube.com/iBigHit

Baru empat hari, lagu Fake Love yang dirilis pada 18 Mei 2018 ini sudah berhasil merajai semua chart musik Korea bahkan dunia! Capaian ini seringkali disebut dengan Perfect All Kill (PAK), yang maksudnya adalah ketika sebuah lagu menempati ranking pertama di semua chart (MelOn, Genie, Mnet, Naver, iTunes, dll) baik dalam hitungan hari maupun minggu.

Gak cuma itu. MV Fake Love yang jadi salah satu single dalam album Love Yourself: Tear ini juga meraih view tinggi sejak hari pertama rilis. Cuma dalam waktu 24 jam, MV tersebut sudah ditonton sebanyak 35 juta kali! Wah, kece banget ya!

4. Lagu IDOL juga pecahkan rekor sebagai video klip paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam

Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTSYoutube.com/iBigHit

Tiga bulan kemudian, BTS merilis lagu baru berjudul IDOL. Lagu dengan beat yang terdengar menyenangkan ini menjadi trending di YouTube sejak pertama rilis. Sama seperti Fake Love, MV IDOL memecahkan rekor dengan berhasil meraih 56 juta viewers dalam waktu 24 jam! Rekor ini ternyata mengalahkan rekor yang pernah diraih Taylor Swift lewat MV Look What You Made Me Do, lho!

Baca Juga: 8 Kabar KPop Paling Bikin Fans Ramai di Internet Tahun 2018

5. Album Love Yourself: Answer jadi best seller

Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTSchoicemusicla.com

Menurut laporan yang ditulis Forbes, album BTS Love Yourself: Answer yang rilis pada bulan Agustus 2018 menjadi album best seller dalam Gaon Music Chart. Album ini terjual sebanyak 2,03 juta kopi. Selain itu, saat masih pre-order pada bulan Juli, album ini juga langsung ludes di Amazon.

Hal ini juga yang mengantarkan album terakhir dari trilogy Love Yourself BTS memuncaki chart album Billboard 200. Kamu termasuk yang beli gak nih? 

6. Berkesempatan menyampaikan pidato di UNICEF, PBB

Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTSinquirer.net

Ini dia momen BTS yang paling mencuri perhatian warga dunia. Bahkan gak cuma ditulis oleh media-media musik Korea tapi hampir semua media di seluruh dunia membahas hal ini. Kim Nam Joon alias RM selaku leader membacakan naskah pidatonya di hadapan peserta sidang umum PBB pada 24 September 2018. Ia menyampaikan tentang semangatnya sebagai anak muda dalam meraih impian serta memotivasi para pemuda di seluruh dunia untuk berani bermimpi.

UNICEF sendiri mengungkapkan alasan memilih BTS untuk menyampaikan pidatonya tersebut. Boyband yang debut pada 2013 ini dirasa memiliki visi yang sama dengan kampanye yang dilakukan UNICEF, yakni Generation Unlimited. Kampanye ini bermaksud membuka mata anak-anak muda bahwa potensi manusia itu muncul dari rasa cinta dan menghargai diri sendiri.

Seperti pidato yang disampaikan Nam Joon:

I want to hear your voice… No matter who you are, where you are from, your skin color, gender identity: speak yourself.

7. Jadi cover majalah TIME dengan judul ‘NEXT GENERATION LEADERS’

Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTStime.com

Tak lama setelah membacakan pidato tersebut, BTS kembali membuat kejutan dengan tampil sebagai cover majalah TIME edisi 22 Oktober 2018. Dalam cover tersebut, tampak wajah-wajah para member BTS dengan judul edisi NEXT GENERATION LEADERS di atasnya.

Dan tak hanya itu. TIME pun mendokumentasikan wawancara serta sesi pemotretan cover tersebut menjadi sebuah video dokumenter. Dalam wawancaranya, RM menyampaikan rasa terima kasihnya karena BTS disebut sebagai ambassador KPop.

“As a Korean, we love our country and we’re proud of our country so much. And it’s even just an honor to be called an ambassador of Korean KPop,” katanya. Wawancara eksklusif tersebut juga mengungkap cerita-cerita inspiratif para member dari nol hingga sesukses sekarang.

TIME edisi ini pun berhasil terjual sebanyak 2000 kopi dalam waktu lima jam sejak perilisannya. Wow!

8. Borong penghargaan di MMA 2018

Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTSsoompi.com

Setelah sebelumnya BTS memborong penghargaan dari MGA dan Asia Artist Award (AAA) 2018, pada 1 Desember kemarin mereka kembali menyabet banyak piala di MelOn Music Awards (MMA) 2018. Total mereka berhasil membawa pulang tujuh penghargaan, dua di antaranya adalah Daesang!

Penghargaan tersebut antara lain Best Artist of The Year (Daesang), Best Album of The Year (Daesang), Top 10 Artist, Global Artist Award, Netizen Popularity Award, Best Rap/Hip Hop Award, dan Kakao Hot Star Award. Wuih, banyak banget kan!

Dan sampai akhir tahun dan awal tahun depan masih ada banyak penghargaan musik yang bakal digelar. Kira-kira BTS bakal menang apa lagi ya?

Semoga aja tahun depan BTS tetap berjaya dan melahirkan karya-karya inspiratif lagi! Saranghae, Bangtan Boys!

Baca Juga: BTS hingga Sheila on 7, 10 Musisi Paling Banyak Didengarkan di 2018

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya