Comscore Tracker

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019

Dari kasus Seungri hingga meninggalnya Sulli dan Goo Hara

Tahun 2019 sudah hampir berakhir. Pastinya sudah ada banyak sekali peristiwa yang mengaduk-aduk emosi kita. Apalagi bagi para penggemar dunia hiburan Korea — baik KPop maupun KDrama, ada banyak berita mengejutkan dari para artisnya tahun ini.

Dari semua berita tersebut, berikut 9 berita dunia hiburan Korea yang paling membuat fans dan netizen terkejut dan heboh sepanjang tahun. Simak, yuk!

1. Kai EXO dan Jennie BLACKPINK jadian

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019soompi.com

Setiap memasuki tahun baru, media entertainment Korea Selatan, Dispatch, kerap merilis artis yang jadian. Nah, pada awal tahun ini, netizen dikejutkan dengan kabar jadiannya Kai EXO dengan Jennie BLACKPINK di mana saat itu girlband besutan YG Entertainment ini memang tengah naik daun.

Tentu saja netizen terbagi menjadi dua kubu: ada yang mendukung, ada pula yang menentang. Ah, sayangnya kehebohan kabar ini menjadi semakin meledak ketika belum sampai sebulan keduanya dikabarkan kencan sudah tersiar kalau mereka putus. Tepatnya pada 25 Januari 2019, masing-masing agensi mereka mengumumkan soal status hubungannya yang sudah kandas itu.

2. Seungri mundur dari dunia entertainment

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019straitstimes.com

Tak berselang lama terkejut dengan kabar Kai dan Jennie, KPopers kembali dihebohkan dengan berita mundurnya Seungri dari dunia hiburan, tepatnya pada 11 Maret. Hal ini menyusul kasus Burning Sun — bar milik Seungri — yang disebut-sebut menjadi tempat praktik penyedia prostitusi dan peredaran narkoba.

Kasus tersebut semakin melebar dengan ditemukannya sebuah chatroom yang berisi obrolan-obrolan berbau pelecehan seksual terhadap perempuan yang dilakukan oleh sejumlah artis Korea. Akibat kasus tersebut, Seungri harus menjalani penyelidikan. Oleh karenanya, ia mundur dari dunia KPop sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap kasus ini.

Melalui akun Instagram pribadinya, Seungri menyampaikan keputusannya ini secara resmi. Berikut potongan pernyataannya:

I decided on retiring from the entertainment industry as the issues that I caused a societal disturbance with are too major. Regarding the issues that are being investigated, I will be investigated diligently and reveal all the suspicions.

3. Hanbin alias B.I keluar dari iKON

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019muzmo.org

Lagi-lagi artis YG Entertainment memberikan kabar mengejutkan tahun ini. Masih hangat dengan kasus Seungri, pada pertengahan tahun 2019 tepatnya bulan Juni, B.I iKON hengkang dari grupnya karena isu peredaran obat-obatan terlarang.

Ia langsung membulatkan keputusannya ini selang beberapa jam setelah tersiar berita bahwa dirinya pernah membeli mariyuana dan LSD pada tahun 2016. Tentu keputusan B.I tersebut sangat mengejutkan lantaran dari pihak YG sendiri saat itu belum mengeluarkan pernyataan apa pun mengenai kasus tersebut.

Bagaimana pun, hal itu sudah menjadi tekad kuat B.I sehingga sejak 13 Juni 2019 kontraknya dengan YG Entertainment sudah berakhir dan ia tak lagi menjadi bagian dari iKON.

4. Perceraian Songsong Couple

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019soompi.com

Siapa yang gak ikut jatuh hati saat pasangan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo menikah? Pasangan yang dijuluki “Songsong Couple” ini menjadi pasangan favorit pencinta KPop dan KDrama sejak keduanya menjalin hubungan asmara. Pernikahan keduanya yang dilangsungkan pada tahun 2017 pun terkesan seolah Royal Wedding yang membuat banyak orang bersuka cita.

Namun, apa daya, kehidupan pernikahan tidak ada yang tahu. Kapal Songsong Couple ternyata tak berlabuh jauh dan karam pada Juli 2019. Tepat 20 bulan mereka menikah, Song Joong Ki dikabarkan menggugat cerai Song Hye Kyo. Tentu kabar ini mengejutkan kita semua karena keduanya tampak baik-baik saja menjalani kehidupan pernikahannya.

Kini keduanya sudah resmi berpisah dan fokus menjalani kehidupannya masing-masing.

Baca Juga: SongSong Couple & 7 Pasangan Cinlok Artis Korea ini Tak Berakhir Manis

5. Perceraian pasangan Ahn Jae Hyun-Go Hye Sun

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019forbes.com

Selanjutnya di bulan Agustus 2019, satu lagi pasangan kesayangan pencinta KDrama memutuskan untuk berpisah. Setelah tiga tahun membangun bahtera rumah tangga, Ahn Jae Hyun dikabarkan menggugat cerai Go Hye Sun.

Proses perceraian keduanya pun terbilang banyak drama. Dari Go Hye Sun sendiri mengaku bahwa Ahn Jae Hyun sudah tidak mencintainya lagi dan bermain perempuan sehingga menggugat cerai. Ia pun sampai mengunggah screenshot percakapan dengan pasangannya tersebut.

Namun, Ahn Jae Hyun yang sempat tetap diam dan menjalankan pekerjaannya akhirnya angkat bicara. Ia juga membela diri dan mengungkapkan bahwa sejak menjalani pernikahan ini dirinya merasa tertekan. Drama terus berlanjut sampai bulan September di mana keduanya beradu pernyataan dan saling membela diri.

6. Sulli eks-f(x) meninggal dunia

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019scmp.com

Belum lama ini, tepatnya akhir bulan Oktober 2019 lalu kembali ada idol KPop muda yang meninggal dunia. Sulli eks member girlband f(x) ditemukan meninggal di kediamannya pada 14 Oktober. Beberapa saat setelah polisi melakukan penyelidikan, diketahui bahwa Sulli melakukan bunuh diri dengan cara gantung diri di rumahnya.

Kabar ini sangat mengejutkan penggemar KPop lantaran Sulli sendiri merupakan artis di bawah naungan agensi SM Entertainment yang pada tahun 2017 lalu juga kehilangan salah satu idol kebanggaannya, Jonghyun. Member SHINee tersebut juga meninggal karena bunuh diri akibat depresi. 

Begitu pula yang dialami Sulli. Semasa menjalani karier sebagai idol KPop bersama grup f(x) ia kerap mendapatkan perundungan dari netizen. Tindakan bunuh dirinya ini pun disinyalir merupakan akibat dari perundungan tersebut.

Kabar ini tentunya membuat beberapa kerabatnya terpukul, khususnya member f(x): Victoria, Luna, Amber, Kristal,serta sahabat-sahabatnya: Taeyeon, Heechul, IU, dan Goo Hara.

7. Selang satu bulan, Goo Hara juga ditemukan meninggal dunia

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019scmp.com

Ketika kabar Sulli meninggal dunia tersiar, Goo Hara sebagai salah satu sahabatnya melakukan live di Instagramnya dan menangis meminta maaf kepada Sulli karena tidak dapat menghadiri pemakamannya dan menyesal tidak menemaninya. Tangisnya yang begitu dalam ini membuat netizen trenyuh. Namun, siapa sangka ternyata Goo Hara turut menyusul Sulli sebulan setelah kematiannya.

Tepatnya pada 24 November 2019 sore waktu Korea Selatan, Goo Hara ditemukan meninggal dunia di rumahnya. Tidak diketahui pasti penyebab dirinya meninggal, hasil penyelidikan polisi menemukan sepucuk surat bernuansa depresi. Namun, polisi tidak berkenan menginformasikan isi surat yang ditulis Goo Hara tersebut.

Hal ini pastinya membuat KPopers semakin heboh dan gelisah, pasalnya hanya selang satu bulan dari kepergian Sulli, kini ada lagi satu artis KPop yang meninggal dunia. Netizen sangat yakin bahwa Goo Hara juga meninggal karena bunuh diri akibat depresi. Fenomena ini pun menimbulkan kritik keras terhadap pengelola industri KPop dan para netizen yang kerap melakukan perundungan terhadap artis.

8. BTS borong semua Daesang di penghargaan akhir tahun

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019koreaboo.com

Setelah hiatus selama 2 bulan untuk liburan, BTS kembali ke layar kaca dan menghadiri beberapa penghargaan akhir tahun seperti Melon Music Awards (MMA) dan Mnet Asia Music Awards (MAMA). Meski baru dua ajang penghargaan, namun dari sana BTS sudah membuat para ARMY bangga karena menyabet semua penghargaan Daesang! 

Daesang merupakan penghargaan tertinggi dalam ajang award tersebut. Dan di MMA 2019 yang berlangsung pada 29 November lalu, BTS berhasil sapu bersih 8 penghargaan yang 4 di antaranya adalah Daesang yakni Best Artist of The Year, Best Record of The Year, Best Album of The Year atas album Map of The Soul: Persona, dan juga Best Song of The Year lewat lagu Boy With Luv

Sementara itu, pada MAMA 2019 yang berlangsung pada 4 Desember lalu di Nagoya, Jepang, BTS juga membawa pulang semua Daesang, yakni Best Album of the Year, Worldwide Icon of the Year, Song of the Year dan Artist of the Year.

Tak berhenti sampai di situ tentunya karena masih ada beberapa ajang penghargaan lagi yang akan dilangsungkan pada akhir tahun nanti dan awal tahun mendatang. Di antaranya adalah Gayo Daejeon dan Golden Disk Awards di mana pada kedua penghargaan ini BTS juga masuk di banyak nominasi. Wah, bakal diborong lagi gak ya semua pialanya?

9. Kang Daniel hiatus karena didiagnosis depresi

9 Berita Hiburan Korea Paling Heboh Sepanjang Tahun 2019scmp.com

Tahun ini, Kang Daniel sebenarnya menunjukkan prestasi yang juga cukup mentereng dan membanggakan. Namun, secara mengejutkan pada 4 Desember lalu ia memutuskan untuk hiatus karena didiagnosis depresi oleh dokter. Hiatusnya ini secara resmi disampaikan oleh pihak agensinya, mengatakan bahwa sang artis tengah mengalami kondisi mental yang buruk dan perlu pendampingan serta perawatan intensif.

Pada pagi hari sebelum berita hiatusnya tersebar, Daniel sempat mengunggah status di fancafe-nya yang mengindikasikan kondisi depresinya. Unggahannya tersebut membuat para fans khawatir dan berusaha menyemangatinya. Semoga kondisi Daniel segera membaik, ya!

Itulah 9 kabar dunia hiburan Korea yang paling membuat netizen heboh hingga khawatir sepanjang tahun 2019. Semoga tahun depan tidak banyak kejadian buruk, ya dan para artis sehat selalu mentalnya. Kamu juga yang semangat, ya menjalani hidup! Tahun depan harus lebih baik!

Baca Juga: Mau Ulang Tahun, Kang Daniel Wanna One Malah Dirawat di Rumah Sakit

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya