Comscore Tracker

Bertema Hantu dan Roh Jahat, 5 KDrama Ini Bikin Kita Ingat Kematian

Auto wawas diri habis nonton :( #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Ide cerita drama Korea harus diakui emang gak ada habisnya. Bahkan hal-hal mustahil pun bisa mereka ceritakan dan visualisasikan lewat film atau drama dengan sangat baik. Sebut aja drama Sweet Home yang plot ceritanya sangat sureal, yakni tentang para manusia yang melawan monster jahat di rusun Green House.

Selain itu, Korea kerap menyajikan drama dengan topik hantu dan roh jahat yang terjebak di dunia sehingga gak bisa menuju alam baka. Para penulis naskah berhasil memadukan konsep kehidupan nyata dengan imajinasi tentang kehidupan di alam baka dengan apik sehingga tetap bisa diterima oleh penonton. Drama dengan topik ini pun selalu menyisipkan pesan-pesan bijak buat manusia yang masih hidup, bikin kita sadar untuk terus berbuat kebaikan kalau gak mau susah di alam kubur.

Nah, berikut rekomendasi drama Korea dengan tema hantu dan roh jahat. Ada yang udah pernah kamu tonton?

1. Hotel Del Luna

https://www.youtube.com/embed/Mdb-NcH5ZEw

Hotel Del Luna dibintangi oleh IU dan Yeo Jin Goo sebagai pemeran utama. Menceritakan tentang Jang Man Wol (IU) yang dikutuk gak bisa melanjutkan perjalanan menuju akhirat setelah kematiannya oleh dewa bernama Mago. Ia dikutuk karena menyimpan dendam saat mati.

Selama menjalani masa kutukannya, Jang Man Wol diberi tugas oleh Mago untuk mengelola hotel hantu bernama Hotel Del Luna. Ini adalah tempat transit roh yang terjebak di dunia karena masih ada urusan yang belum selesai. Ia baru bisa meninggalkan hotel dan melanjutkan perjalanan ke akhirat jika urusan dunia tersebut tuntas.

Selain melihat para hantu, drama ini juga menyiratkan pesan untuk hidup bijaksana selama di dunia. Jangan sampai mati dengan membawa dendam atau perasaan yang berat agar perjalanan menuju akhirat nanti mudah.

2. Mystic Pop-up Bar

https://www.youtube.com/embed/m0RfpPHksRA

Kalau Mystic Pop-up Bar menceritakan tentang Wol Ju, perempuan yang juga dikutuk gak bisa meninggalkan dunia meski dia sudah mati. Penyebab kutukannya adalah karena sebelum meninggal, Wol Ju membunuh 100 ribu orang di desanya. Untuk dapat menebus dosanya tersebut, dewa menghukum Wol Ju dengan mewajibkannya membantu 100 ribu manusia menyelesaikan dendam atau masalah mereka di dunia sebelum meninggal.

Wol Ju pun membuka angkringan sebagai salah satu caranya menemukan manusia untuk dibantu. Ia dibantu oleh Gwi Bajang dan Han Kang Bae yang juga merupakan roh yang terjebak di dunia.

Kisah mereka dalam membantu manusia sukses membuat penonton menyadari akan pentingnya memaafkan dan saling menyayangi manusia lainnya. Kamu pasti tersentuh dengan kisah setiap manusia yang dibantu oleh Wol Ju, Gwi Bajang, dan Han Kang Bae!

Baca Juga: 5 KDrama yang Bikin Kamu Gak Bisa Tidur, Jangan Nonton Sendirian!

3. Hi Bye, Mama!

https://www.youtube.com/embed/1EWJt4L58UM

Hi Bye, Mama! yang jadi drama comeback-nya Kim Tae Hee setelah beberapa tahun hiatus bercerita tentang seorang ibu bernama Cha Yu Ri yang meninggal dan diberi kehidupan lagi selama 49 hari oleh Dewa. Ceritanya, Yu Ri sudah meninggal lima tahun lalu akibat kecelakaan. Saat itu ia tengah hamil tua. Sayang seribu sayang, yang bisa diselamatkan hanya bayinya sementara ia harus pergi.

Ia pun secara ajaib kembali ke dunia demi bisa bertemu dengan putrinya. Namun, seiring waktu akhirnya kehadirannya disadari juga oleh suaminya, Cho Gang Hwa serta sahabat-sahabatnya. Sebenarnya Yu Ri bisa saja kembali menjadi manusia, namun ia memilih untuk tetap pergi ke akhirat dan melihat keluarga kecilnya menjalani hidup di dunia dengan bahagia.

Drama ini mengajarkan kita supaya gak serakah dengan apa yang sudah ditakdirkan. Yu Ri sadar, takdirnya sudah meninggal sehingga ia pun menerimanya. Jika ia memilih untuk menjadi manusia lagi, ia merasa gak bisa mempertahankan kebahagiaan.

4. Let's Fight, Ghost!

https://www.youtube.com/embed/YYRMsrBCRYw

Dibintangi Ok Taec Yeon dan Kim So Hyun, drama ini menceritakan tentang pemuda bernama Park Bong Pal dan seorang hantu perempuan bernama Kim Hyun Ji. Bong Pal adalah pemuda yang bisa melihat hantu. Kemampuannya tersebut ia manfaatkan sebagai pekerjaan sampingannya demi mempertebal dompet. Sementara Hyun Ji merupakan hantu yang meninggal karena kecelakaan dan gentayangan di dunia.

Bong Pal dan Hyun Ji saling bekerja sama untuk melawan hantu dan roh-roh jahat yang berkeliaran di Bumi dan mengembalikan mereka ke alam baka.

Dari drama ini kita juga akan mengetahui alasan mengapa ada hantu yang berkeliaran di dunia dan mengingatkan agar selama hidup ini kita jangan menyia-nyiakan waktu untuk berbuat kebaikan pada sesama.

5. The Uncanny Counter

https://www.youtube.com/embed/rI55SRM6uhs

Drama yang populer sejak Desember 2020 ini menceritakan tentang geng Counter yang merupakan pemburu roh jahat. Mereka beranggotakan empat orang, yakni Ga Mo Tak, Chu Mae Ok, Do Ha Na, dan So Mun dan terhubung langsung dengan Yung--semacam tempat para roh dan Dewa berkumpul. Roh di Yung dapat berkomunikasi dengan anggota Counter saat membasmi roh-roh jahat untuk dikembalikan ke Yung.

Drama ini akan mengajak kita menyaksikan para anggota Counter melawan roh jahat mulai dari level terendah sampai tertinggi. Roh jahat ini akan semakin kuat jika ia menyerap roh manusia yang sudah mati sehingga roh tersebut terperangkap di dalam tubuh manusia dari roh jahat tersebut.

Secara tersirat, roh jahat ini adalah gambaran dari sifat serakah manusia. Jadi, drama ini memberi pesan pada kita supaya menjadi manusia yang senantiasa baik dan bijaksana agar dunia ini tidak ada manusia yang terluka.

Drama Korea selalu punya makna mendalam yang tersirat sehingga sebagai penonton kita gak cuma terhibur, tapi juga jadi wawas diri. Setidaknya, dengan mengingat kematian setelah menonton drama-drama di atas, kita jadi lebih berhati-hati dalam bertindak biar nanti pas udah mati rohnya bisa langsung menuju akhirat.

Baca Juga: 10 Potret Geng Counter, Siap Buru Roh Jahat di The Uncanny Counter

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya