Comscore Tracker

Tak Cuma Lagu, 6 Karya BTS Ini Wajib Kamu Nikmati Juga

Idol paket lengkap nih!

Bermula dari cowok-cowok biasa, anak-anak muda yang berbakat namun tak dikenal siapa pun, kini nama mereka moncer di seluruh dunia. Tak cuma di kalangan KPopers, BTS bahkan menjadi perbincangan di kalangan para artis internasional. Dan dengan perjalanan kesuksesan mereka sampai detik ini, ARMY--sebutan untuk fans BTS--semakin menjamur di mana-mana.

BTS memang menjadi salah satu idol KPop yang patut dikagumi. Karena sebagai pelaku seni, mereka menyajikan karya yang sangat beragam dan jarang dilakukan oleh grup idol lain. Yup, gak sekadar lagu dengan penampilan tarian yang keren, BTS juga menciptakan karya besar dalam bentuk lainnya lho!

Debut pada 2013 dari lagu No More Dream, BTS membuat karya yang lebih inovatif. Pada tahun 2015, Big Hit Entertainment selaku agensi mereka membuat para ARMY penasaran karena merilis MV 'I NEED U' dengan konsep mini movie. Video ini ternyata punya cerita yang nyambung dengan video-video selanjutnya. Konon, para ARMY berspekulasi bahwa video tersebut merupakan proyek besar BTS.

Nah, selain lagu, BTS pun menelurkan banyak bentuk karya lainnya. Biar gak bingung, simak beragam karya berikut.

1. Seri album The Most Beautiful Moment In Life

Tak Cuma Lagu, 6 Karya BTS Ini Wajib Kamu Nikmati Jugamedium.com/Paige Snider

Dibuat penasaran pada perilisan MV I NEED YOU, pada 2015 BTS merilis extended play bertajuk The Most Beautiful Moment In Life atau dalam bahasa Koreanya HwaYangYeonHwa (HYYH). EP ini terdapat dua bagian yang kemudian dimix menjadi satu dalam album The Most Beautiful Moment In Life : Young Forever. Album ini berisi 23 lagu dalam 2 CD.

Dari seri album inilah nama BTS semakin dikenal dan membuat penasaran banyak orang. Barangkali karena inovasi video klip dari salah satu track-nya yang menyimpan cerita misterius.

2. Trilogi album Love Yourself

Tak Cuma Lagu, 6 Karya BTS Ini Wajib Kamu Nikmati Jugachoicemusicla.com

Sejatinya, setiap album yang dikeluarkan oleh BTS menunjukkan proses pendewasaan mereka. Hal ini diklaim oleh agensi mereka, BigHit Entertainment. Pada debutnya, mereka merilis album 2 Cool 4 Skool yang menunjukkan mereka bertujuh sedang di masa remaja yang penuh lika-liku.

Nah, untuk trilogi album Love Yourself  ini juga merupakan kelanjutan fase pendewasaan mereka dari album-album sebelumnya. Untuk yang kali ini Love Yourself menjadi representasi perubahan hidup mereka dari masa remaja menjadi seorang dewasa yang tangguh dan berani. Makanya, lagu-lagu dalam album ini banyak membicarakan soal mencintai diri sendiri dalam meraih impian.

Album ini terdiri dari tiga bagian, yakni Love Yourself : Her, Love Yourself : Tear, dan Love Yourself : Answer

3. MV yang menyimpan teori-teori dari seri The Most Beautiful Moment in Life atau HwaYangYeonHwa (HYYH)

Tak Cuma Lagu, 6 Karya BTS Ini Wajib Kamu Nikmati JugaYoutube.com/bighitentertainment

Di tahun 2015, Big Hit Entertainment merilis video klip BTS yang tidak biasa. Videonya lebih mirip seperti mini movie yang menampilkan potongan kisah tentang 7 anak muda. Dimulai dari MV I NEED U, kemudian ternyata cerita dari MV tersebut berlanjut dengan short movie The Prologue hingga MV RUN. Deretan video klip tersebut ternyata termasuk dalam seri The Most Beautiful Moment In Life atau HYYH.

Dari mini movie tersebut para member yang memerankan tujuh anak muda memiliki storyline masing-masing. Mereka bertujuh digambarkan sebagai sahabat yang bersatu karena memiliki masalah hidup yang sangat rumit.

Adakah di antara kamu yang masih bingung mengikuti alur cerita dari seri HYYH ini?

Baca Juga: 8 Lagu Karya Suga BTS yang Sayang Dilewatkan Pecinta Hip Hop

4. Webtoon 'SAVE ME'

Tak Cuma Lagu, 6 Karya BTS Ini Wajib Kamu Nikmati Jugaallforbts.com

Semua spekulasi fans sejak tahun 2015 perlahan terjawab, yakni mengenai keterkaitan antara lagu dengan mini movie yang sekaligus jadi Music Video lagu-lagu BTS plus Short Film: WINGS. Semuanya tergabung dalam satu cerita sejak The Most Beautiful Moment in Life.

Salah satu karya terbaru dari seri ini adalah webtoon SAVE ME yang baru saja rilis pada 17 Januari 2019 lalu. Untuk yang karya satu ini, BigHit bekerja sama dengan LICO dalam pembuatannya.

Dalam webtoon ini, semua kisah dalam seri MV The Most Beautiful Moment in Life divisualisasikan dalam bentuk komik. Dan satu per satu potongan kisah akan terungkap di sini, mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada mereka bertujuh. Seri webtoon ini akan update setiap Kamis, jadi stay tune terus biar gak ketinggalan cerita!

5. Film dokumenter BTS 'Burn The Stage : The Movie'

Tak Cuma Lagu, 6 Karya BTS Ini Wajib Kamu Nikmati Jugascrollwindow.com

Kalau yang ini mungkin gak berkaitan dengan seri The Most Beautiful Moment in Life, namun patut jadi karya yang dinikmati juga.

Burn The Stage : The Movie merupakan film dokumenter BTS selama melaksanakan konser Wings Tour. Dari sini kita akan menyaksikan perjuangan mereka demi memberikan penampilan terbaik bagi para ARMY. Tentu kamu juga akan dibuat terharu akan kisah mereka yang pantang menyerah hingga berdarah-darah.

6. Smeraldo Books: Notes serial 'The Most Beautiful Moment in Life'

Tak Cuma Lagu, 6 Karya BTS Ini Wajib Kamu Nikmati JugaTwitter.com/smeraldo_books

Nah, ini yang beberapa waktu lalu sempat ramai di jagad maya. Pada 21 Januari 2019, muncul sebuah akun Twitter yang merilis foto cover buku bertajuk The Most Beautiful Moment In Life : The Notes. Setelah ditebak-tebak, ternyata buku ini merupakan bentuk narasi dari kisah di seri The Most Beautiful Moment In Life.

Buku ini akan dirilis dalam tiga bahasa: Korea, Inggris, dan Jepang. Bebe


rapa waktu lalu sudah dimulai pre-ordernya dan sudah dikonfirmasi akan rilis serentak pada 5 Maret 2019 mendatang. Wah, tentu yang udah penasaran banget sama seri The Most Beautiful Moment In Life wajib banget beli bukunya nih!

Oke, sudah ada lagu, music video, film dokumenter, webtoon, dan buku. Kini banyak ARMY yang berspekulasi para member BTS akan tampil dalam sebuah film fiksi. Mereka beranggapan, film ini masih akan berkaitan dengan seri The Most Beautiful Moment In Life. Hmm, kira-kira beneran gak ya? Kita tunggu aja!

Baca Juga: Udah Rilis! Begini Karakter 7 Personel BTS dalam Webtoon 'Save Me'

Gendhis Photo Community Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 07:45:04

Progress: 759.353 dari 813.350 TPS (93.36116%)

Just For You