Comscore Tracker

10 Rekomendasi Film Hollywood Bertema Kiamat, Seramnya Nyata!

Ngebayangin kiamat lewat film-film ini auto-merinding!

Pandemik ini kerap mengingatkan kita pada adegan mencekam dalam film-film wabah atau plot yang berlatar kiamat atau apocalypse. Apalagi kalau kita melihat kabar kebakaran hutan di Turki dan Selatan Eropa, seakan-akan seperti adegan di film kiamat. Awal tahun 2021 ini juga banyak film rilisan dengan tema kiamat di Netflix, lho.

Namun, tidak perlu takut. Film-film ini fiktif saja, kok. Nah, sekalian untuk mengisi waktu luang kamu, berikut rekomendasi film bertema kiamat yang bisa bikin merinding.

1. 2012 (2009)

https://www.youtube.com/embed/rvI66Xaj9-o

2012 bermula dari prediksi suku Maya di Amerika Latin. Prediksi bahwa akhir dunia akan hadir pada tahun 2012. Kemudian, Dr. Adrian Hemsley (Chiwetel Ejiofor), salah satu anggota peneliti geofisika menemukan bahwa akan ada radiasi hebat dari badai matahari. Dr. Adrian sudah memperingatkan Presiden AS, Thomas Wilson (Danny Glover), bila inti bumi menjadi tidak stabil dan berpotensi menimbulkan bencana besar tepat di tahun 2012.

Film ini cocok kamu tonton sambil membayangkan lagi kondisi tahun 2012. Seketika merasa menjadi bagian orang yang turut selamat dari bencana hebat tersebut. Meski hanya mendapat nilai 5,8/10 di IMdB, film ini menjadi bentuk imajinasi kiamat klasik zaman 80-an.

2. War of The Worlds (2005)

https://www.youtube.com/embed/TLnQXsKn5-E

War of The Worlds diangkat dari kisah klasik karangan H. G. Wells. Bercerita tentang serangan alien yang datang ke dunia, seorang buruh pelabuhan bernama Rey Ferrier (Tom Cruise) berusaha menyelamatkan keluarganya agar tidak terbunuh. Alien ini memiliki kemampuan membunuh manusia dengan death-ray.

Film besutan Steven Speilberg ini menyajikan jalan cerita yang penuh rasa deg-degan. Apalagi kalau melihat bentuk aliennya yang seperti tripod. Film ini juga telah memiliki versi baru yang dibuat oleh BBC dengan konsep cerita yang hampir sama.

3. Oblivion (2013)

https://www.youtube.com/embed/tx6_JMDFfWI

Satu lagi film bertema masa depan diperankan oleh Tom Cruise. Oblivion mengisahkan seorang mekanik drone dari masa depan bernama Jack (Tom Cruise) di dunia yang sudah hancur. Jack hidup bersama Victoria di tempat serba futuristik dan meninggalkan kehidupan dunia lama. Masalah muncul ketika Jack mendapati musuh dunia canggihnya berasal dari kaumnya sendiri, umat manusia.

4. I Am Legend (2007)

https://www.youtube.com/embed/sFNPNT_4Qww

Hidup sendiri, hanya ditemani seekor anjing. Bebas memiliki apa saja karena orang lain tidak ada. Itulah yang dirasakan seorang ilmuwan bernama Robert Neville (Will Smith). Robert gagal menghentikan penyebaran virus kepada umat manusia dan hanya berhasil membuat imun bagi dirinya saja. Tiga tahun dihantui perasaan kesepian, ternyata dia tidak hidup sendiri. Bukan senang, tetapi justru memberi ancaman bagi dirinya.

5. Knowing (2009)

https://www.youtube.com/embed/C2zSFElhgE0

Bisa tahu kapan kiamat? Wah, seram, sih. Film yang dirilis berdekatan dengan 2012 memiliki alur cerita yang hampir serupa. Kiamat di kedua film ini disebabkan bencana di luar angkasa. Bahkan, peran ilmuwan di kedua film ini menjadi tokoh krusial.

Seorang anak di sekolah dasar, Caleb Koestler (Chandler Canterbury) mendapat surat dari kapsul waktu di sekolahnya. Ternyata pesan yang Caleb terima adalah urutan angka yang menjadi teka-teki kapan sebuah bencana terjadi. Puncaknya pada ujung pesan surat yang tidak biasa.

Baca Juga: Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Berseri, Wajib Masuk List Nih

6. Rim of The World (2019)

https://www.youtube.com/embed/xkvBpKHL99k

Sekelompok anak muda yang sedang mengikuti summer camp mendadak harus menyelamatkan dunia dari serangan alien. Mereka belum pernah menumpas alien sebelumnya, sesuai dengan tagline film ini, Saving the World is Alien to Them.

Jalan cerita yang ringan dapat menjadi gambaran imajinasi bila dunia diselamatkan oleh anak-anak. Film ini cocok menjadi tayangan untuk melepas rehat setelah melalui hari yang berat menumpas beban sehari-hari.

7. Wall.E (2008)

https://www.youtube.com/embed/alIq_wG9FNk

Film animasi yang membawa pesan penting untuk menjaga bumi sejak dini. Wall.E membawa kita untuk berimajinasi tentang kemungkinan terburuk dari cara kita mengatur sampah dan mengeksploitasi bumi. Bahkan, manusia terpaksa diterbangkan ke luar angkasa karena sudah tidak bisa tinggal di bumi lagi.

8. 10 Cloverfield Lane (2016)

https://www.youtube.com/embed/1WQfDnj_e2I

Film ini berkaitan dengan film Cloverfield (2008). Michelle (Mary Elizabeth Winstead) sedang melarikan diri dari kehidupannya. Kemudian, Michelle berada di tengah kecelakaan yang mengharuskan Howard (John Goodman) untuk menampungnya di shelter bawah tanahnya. Sebagai utang budi, Howard menuntut Michelle untuk membantu dirinya di shelter hingga bencana di dunia teratasi. Namun, Michelle ternyata terperangkap di dalam misteri kehidupan Howard.

9. Love and Monsters (2020)

https://www.youtube.com/embed/-19tBHrZwOM

Rela melawan monster karena mutasi berbahaya untuk bertemu sang kekasih. Kurang bucin apa Joel (Dylan O'Brien)? Joel terpisah dari orang tua dan kekasihnya saat berusaha berlindung di ruang bawah tanah. Melawan segala kemungkinan buruk, Joel nekat keluar menghadapi monster untuk menemui kekasihnya yang berjarak tujuh hari dari tempat berlindungnya.

Joel menjadi semangat bagi kamu si bucin yang rela mendaki bukit dan lewati lembah demi kekasih. Apakah perjuangan Joel sepadan dengan respons yang didapat saat ia menemui kekasihnya? Langsung tonton saja, ya.

10. The Mitchells vs The Machines (2021)

https://www.youtube.com/embed/_ak5dFt8Ar0

Berbeda dari rekomendasi film-film di atas. Film ini menceritakan kisah keluarga yang harus melawan teknologi muktahir untuk menyelamatkan dunia. The Mitchells dihadapkan dengan robot-robot yang melawan manusia untuk menguasai dunia. Menghadapi perjalanan yang unik, keluarga ini menjadi bukti solidaritas di dalam keluarga itu penting, lho. Film ini cocok banget ditonton bareng keluarga kamu saat akhir pekan.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Film Romance Ikonik dari Taiwan, Dijamin Baper!

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya