Comscore Tracker

5 Fakta Future Ghost, Lagu Weird Genius dan Violette Wautier

Eka sebut ini salah satu lagu paling sedih Weird Genius

Trio EDM asal Indonesia, Weird Genius merilis karya terbaru bersama penyanyi asal Thailand, Violette Wautier. Lagu ini diberi judul Future Ghost dengan makna yang dalam. Gerald dari Weird Genius mengatakan judul itu bisa menjadi makna patah hati dari kehilangan dengan menari saat menangis.

Lagu ini pun dianggap bisa menjadi lambang adaptasi dari masa pandemik. Oleh karena itu, lagunya memang sarat akan pesan yang bisa dipetik dalam 2:56 menit. Berikut pesan yang bisa diambil dari karya kolaborasi Weird Genius dan Violette Wautier.

1. Bekerja sama secara daring

5 Fakta Future Ghost, Lagu Weird Genius dan Violette Wautierinstagram.com/weird.genius

Proses pembuatan lagu ini dilakukan secara jarak jauh. Weird Genius dan Violette mengaku kesulitan harus bertemu satu sama lain. Terlebih, aturan pembatasan kegiatan selama pandemik menjadi penghalang utama untuk membuat karya ini. Weird Genius sudah membuat inti dasar lagu dan proses mixing. Kemudian, materi diberikan dan dibahas dengan Violette melalui surat elektronik dan grup WhatsApp.

2. Weird Genius melebarkan sayapnya

5 Fakta Future Ghost, Lagu Weird Genius dan Violette Wautierfoto Violette Wautier (instagram.com/violettewautier)

Pada proses pembuatan lagu, Weird Genius dibantu oleh Astralwerks, sebuah label musik asal AS yang masih menjadi satu keluarga dengan Universal Music. Astralwerks membantu proses yang bisa membantu Weird Genius melebarkan sayapnya ke pasar internasional.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Weird Genius, Ini 9 Fakta Menarik Duo DJ Yellow Claw

3. Hanyut dengan musik dan lirik

5 Fakta Future Ghost, Lagu Weird Genius dan Violette Wautiercuplikan video klip Future Ghost (instagram.com/weird.genius)

Weird Genius menyatakan untuk lagu kali ini mereka tidak berusaha untuk mendominasi dengan lantunan musik. Weird Genius memang dikenal suka berkreasi melalui variasi musik, khususnya musik tradisional Indonesia. Proyek kali ini Weird Genius beri porsi yang seimbang dengan permainan lagu dan lirik. Gerald menyatakan agar aspek di dalam lagu dapat seimbang, baik musik maupun lirik.

"[Kami] ada memasukkan elemen musik tradisional, tapi gak banyak biar bisa makin drowning with the song," ujar Gerald.

4. Kolaborasi jarak jauh dalam segala bidang

Tidak hanya soal pembuatan lagu yang harus dilakukan berjauhan. Music Video Future Ghost harus dilakukan secara berjauhan. Tim Weird Genius melakukan rekaman di Bali dan tim Violette melakukan syuting di Thailand. Namun, sebelumnya sudah ada koordinasi untuk menyamakan latar, yaitu pantai. Oleh karena itu, sekilas kamu tidak akan melihat berbedaan dari dua latar yang signifikan.

5. Membawa pesan mendalam untuk masa pandemi

https://www.youtube.com/embed/bJq0xYC4k2M

Saat ditanya makna dari lagu ini, mereka menjawab dengan makna yang dalam. Sekilas lagu ini menggambarkan momen ketika kamu merasa ditinggalkan dengan berbagai macam penyebab. Lagu ini dibuat sebagai perayaan rasanya ditinggalkan itu.

Suara Violette yang raw, membuat Gerald merasa lagu ini bisa memiliki energinya sendiri tanpa harus dipaksakan. Violette menambahkan kalau baginya lagu ini cocok untuk dijadikan latar menari sambil menangis.

"Salah satu lagu yang paling menyedihkan dari Weird Genius," kata Eka Gustiwana.

Beberapa pesan dari Weird Genius dan Violette Wautier melalui lagu Future Ghost ini memang dalam ya. Tantangan yang mereka lalui di balik proses kreatif lagu ini juga bisa mencerminkan pesan yang mau mereka sampaikan. Apakah kamu sudah dengar Future Ghost?

Baca Juga: 9 Potret Gerald Liu Weird Genius yang Jago Buat Tutorial Musik 

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya