Comscore Tracker

5 Info Korea Indonesia Film Festival 2021, Ada di Jakarta-Bandung

KIFF 2021 juga akan digelar secara online dan offline

Korea Indonesia Film Festival kembali digelar pada tahun 2021. Kali ini pelaksanaannya berlangsung secara hybrid. Hal ini karena penonton sudah diperbolehkan menonton di bioskop secara langsung.

Pelaksanaan pertunjukkan film Korea Indonesia Film Festival 2021 berlangsung di dua kota, Jakarta dan Bandung. Namun, penikmat KIFF juga bisa mengakses film-filmnya melalui layanan streaming OTT, Vidio.

Melalui konferensi pers yang berlangsung pada Kamis (21/10/2021), KIFF menjelaskan proses festival ini akan hadir menghibur penggemar film Korea dan menyikapi pandemik. Berikut rangkuman dari kegiatan KIFF 2021.

1. Terdapat 16 film Korea dan dua film Indonesia yang akan tayang di KIFF 2021

5 Info Korea Indonesia Film Festival 2021, Ada di Jakarta-Bandungpotret konferensi pers Korea Indonesia Film Festival (dok. IDN Times/Gregorius Amadeo)

Penggemar film Korea bisa menemukan 14 film besar di Korea Indonesia Film Festival 2021. Festival ini menyuguhkan film-film Korea berprestasi, baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa judul yang perlu diantisipasi adalah Sinkhole (2021), Pawn (2020), Escape from Mogadishu (2015), dan The Wailing (2016).

Kepala Korean Cultural Center Indonesia, Kim Yong Woon berharap bila kegiatan semacam ini bisa membantu industri film yang terdampak keras oleh pandemik COVID-19. Sementara itu, melalui festival ini juga diharapkan bisa menjadi wadah pertukaran budaya.

2. Proses kurasi film KIFF 2021 menyesuaikan kondisi saat ini

5 Info Korea Indonesia Film Festival 2021, Ada di Jakarta-Bandungpotret Rivki Morais, Direktur Festival KIFF 2021 (dok. IDN Times/Gregorius Amadeo)

Direktur Festival Korea Indonesia Film Festival 2021, Rivki Morais menerangkan proses pemilihan film KIFF 2021. Pemilihan film rupanya tidak lepas dari kondisi pandemik yang membuat tim KIFF ingin menyemangati penonton dengan pilihan filmnya. Hal ini juga didasari situasi 2021 yang tetap diselimuti pandemik COVID-19.

"Persentase film romansa memang dikurangi dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kami mau memberikan tontonan yang bisa membuat penonton mendapat perasaan positif setelah menonton. Adanya harapan untuk bangkit. Kan, masih sama-sama rasa pandemik juga," jelas Rivki.

Baca Juga: Hadirkan Kang So-ra, 5 Fakta Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2019

3. Penonton bisa mengakses film-film KIFF 2021 dengan datang ke bioskop CGV dan layanan streaming Vidio

5 Info Korea Indonesia Film Festival 2021, Ada di Jakarta-Bandungpotret Sundari Mardjuki, Kepala Kerjasama Konten Vidio (dok. IDN Times/Gregorius Amadeo)

Festival film ini hadir seraya menyambut kondisi baik dari pelonggaran aturan PPKM. Saat ini, penonton bioskop sudah bisa mencapai 70 persen. Kondisi tersebut sangat membantu jalannya KIFF 2021.

Oleh karena itu, KIFF menyiapkan dua tempat di CGV Grand Indonesia, Jakarta dan CGV Paris Van Java, Bandung untuk melakukan penayangan film. Kota-kota ini dipilih karena pihak panitia melihat kemampuan dua kota tersebut menangani COVID-19 dengan baik.

Namun, KIFF 2021 tetap bisa dinikmati secara daring bagi penonton yang berada di luar Jakarta dan Bandung. Oleh karena itu, KIFF bekerja sama dengan Vidio selaku salah satu penyedia layanan OTT di Indonesia. Vidio dipilih dengan dasar konsistensi platform ini dalam menyajikan konten Korea di Indonesia.

"Vidio pernah menyajikan salah satu film yang sangat sulit dicari bahkan sampai di negara asalnya, Korea Selatan. Kami menilai Vidio sangat dekat dengan konten Korea," ujar Rivki

4. Regulasi soal tiket dan akses menonton KIFF 2021

5 Info Korea Indonesia Film Festival 2021, Ada di Jakarta-Bandungpotret Rivki saat menjelaskan film-film yang tayang di KIFF 2021 (dok. IDN Times/Gregorius Amadeo)

Rivki Morais menambahkan bahwa pihaknya dan tim sedang mengkaji ulang mengenai regulasi menonton langsung di bioskop. Hal ini berkenaan dengan adanya relaksasi hingga 70 persen kapasitas bioskop, naik dari sebelumnya hanya 50 persen total penonton. Rivki dan tim masih menyiapkan ulang skenario pembelian tiket menonton langsung di bioskop.

"Kami masih menghitung ulang lagi karena ada pertambahan jumlah kapasitas yang diizinkan masuk ke dalam studio. Proyeksi sampai saat ini kemungkinan penonton bisa langsung datang ke bioskop dan nantinya akan dibantu oleh petugas. Tiket akan mulai dibuka 30 menit sebelum jadwal penayangan. Untuk perubahan selanjutnya nanti dikabari," papar Rivki.

5. KIFF 2021 menyajikan wadah untuk merasakan budaya Korea secara menyeluruh

5 Info Korea Indonesia Film Festival 2021, Ada di Jakarta-Bandungpotret penutupan konferensi pers Korea Indonesia Film Festival 2021 (dok. IDN Times/Gregorius Amadeo)

Melalui film, penonton bisa merasakan pengalaman eksplorasi budaya Korea. Proses berlangsung pasif karena penonton hanya bisa melihat dan membayangkan budaya tersebut.

Namun, KIFF 2021 siap menyajikan eksplorasi budaya yang lebih beragam. K-Food Testing juga  hadir untuk meramaikan KIFF 2021. Pegelaran ini digunakan untuk mengenalkan cita rasa Korea sembari menyaksikan tayangan reality show Masak, Yuk!, acara masak kolaborasi CGV, CJ Entertainment, dan Korean Cultural Center Indonesia (KCCI).

"Penayangan Masak, Yuk! nanti akan dilengkapi dengan doorprize. Kami juga akan menayangkan reality show di bioskop. Nah, bertepatan banget dengan pelaksanaan K-Food Testing di lobi bioskop CGV Grand Indonesia, Jakarta," kata Rivki.

Itu dia rangkuman info untuk kamu yang ingin hadiri Korea Indonesia Film Festival 2021. Catat juga tanggal pelaksanaan KIFF 2021 yaitu pada pada 27 - 31 Oktober 2021. Tiketnya sekitar Rp15 ribu dan ada film yang gratis juga, lho. Jadi, tunggu apa lagi, ramaikan KIFF 2021!

Baca Juga: 10 Film Korea Terbaik KIFF 2020 ini Bisa Ditonton Online saat Liburan

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya