Comscore Tracker

8 Film Bertema Media Sosial, Inspiratif sampai Investigatif

Gegara sosmed, ada yang hilang sampai jadi target kriminal!

Terdapat film-film yang mengangkat kisah seputar media sosial. Mulai dari media sosial sebagai wadah romansa hingga menjadi bagian dari kisah horor masa kini. Gaya penceritaannya pun beragam dan banyak yang seru, lho!

Berikut ini beberapa film yang mengangkat tema soal media sosial. Ada yang inspiratif ada yang menegangkan abis. Cek selengkapnya, ya!

1. The Social Network (2010)

https://www.youtube.com/embed/lB95KLmpLR4

Film ini berkisah tentang biografi Mark Zuckerberg, pendiri Facebook. Kisah Mark (Jesse Eisenberg) fokus pada proses awal bagaimana media sosial ini terbentuk. Cerita berorientasi pada periode Mark berkuliah di Harvard dan menemukan inspirasi untuk Facebook dari masalah komunikasi kampusnya. Tidak lupa, film ini juga membawa konflik Facebook bersama media sosial sejenis pada masanya.

2. Searching (2018)

https://www.youtube.com/embed/3Ro9ebQxEOY

Seorang ayah panik setelah ia mengetahui anaknya hilang. David Kim (John Cho) meminta detektif lokal untuk menginvestigasi kehilangan anaknya, Margot (Michelle La). Setelah 37 jam, anaknya yang masih tidak ditemukan membuat David mencari sendiri kemungkinan lokasi anaknya berada. David memulainya dengan memantau histori Margot di media sosial dan menghubungi semua temannya.

3. Unfriended (2014)

https://www.youtube.com/embed/Lgj4GjqCFlY

Saat berbincang melalui video call, keenam sahabat ini mendapat pesan aneh dari temannya yang sudah meninggal setahun sebelumnya. Mereka mendapati satu demi satu fakta yang terkuak mengenai kepergian temannya ini. Sampai akhirnya, mereka juga menyadari bahwa mereka menjadi target dari tindak kriminalitas.

4. Nerve (2016)

https://www.youtube.com/embed/2PR9MOPTI7g

Film ini memiliki alur cerita yang serupa dengan Squid Game. Berkisah tentang Vee (Emma Roberts) yang setuju bermain untuk sebuah laman situs. Vee harus melaksanakan tantangan yang diberikan situs tersebut karena telah terikat dan harus bisa menyelesaikannya. Dalam permainan ini, Vee terikat dengan Ian (Dave Franco) yang juga terancam hidupnya oleh aplikasi ini. Masalah lain adalah kegiatan Vee dan Ian tersiar jelas secara langsung melalui layanan streaming.

Baca Juga: Selain Squid Game, 9 Film dan Serial Tentang Permainan Mematikan

5. The Social Dilemma (2020)

https://www.youtube.com/embed/uaaC57tcci0

Film ini merupakan salah satu film dokumenter dari Netflix tentang dampak media sosial dan mesin pencarian terhadap kehidupan sosial seseorang. Dokumenter ini mewawancarai banyak pihak di balik penemuan hebat yang ada di beberapa media sosial besar, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Film ini fokus memberikan perspektif pada penonton tentang bagaimana penentuan keputusan seseorang saat ini bisa sangat terikat dengan informasi yang diperoleh melalui media sosial.

6. Mainstream (2020)

https://www.youtube.com/embed/Rlpm36Vi-3U

Film ini mengangkat peran media sosial terhadap hilangnya identitas diri tiga orang. Link (Andrew Garfield) menjadi pesona media sosial melalui konten-konten dan tagar memikatnya. Bersama dua temannya, Link rajin membuat konten bernilai besar. Namun, kesuksesan Link membuat dirinya justru menjadi tidak tahu siapa dirinya lagi.

7. The Circle (2017)

https://www.youtube.com/embed/Hug4dq6VZPU

Mae (Emma Watson) diterima di salah satu perusahan teknologi dan media sosial terbesar. Mae menganggap kesempatan ini sebagai berkah yang bisa merangkai mimpinya semakin besar dari yang sudah-sudah. Ternyata, Mae terjebak dengan imaji untuk konsisten memberikan persona baik tentang perusahaannya dan terikat fisik dan mental dengan media sosial tersebut.

8. Fyre: The Greatest Party That Never Happened (2019)

https://www.youtube.com/embed/uZ0KNVU2fV0

Pernah membayangkan terlibat di dalam sebuah festival besar yang sebenarnya merupakan kebohongan? Film ini berangkat dari kisah sebuah festival besutan Billy MacFarland yang bisa dikatakan too good to be true. Film ini juga mengangkat pengaruh media sosial yang mengiming-imingi penggemarnya dengan mimpi utopis. Melalui film ini, penonton bisa mengetahui seberapa besar kerugian yang dialami banyak pihak imbas hal viral di media sosial.

Film-film bertema media sosial di atas menjadi bentuk perspektif kreatornya terhadap imajinasi dan kondisi riil dari dampak media sosial. Menurut kamu, film apa yang akan kamu tonton pertama?

Baca Juga: 20 Film Hollywood Rilis Oktober 2021, Bertabur Bintang Terkenal!

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya