Comscore Tracker

5 Lagu Thailand yang Pernah Menghebohkan Netizen Indonesia

Sebagian besar lagunya chatchy dan enak didengar

Perbedaan bahasa antar negara bukanlah halangan bagi kita untuk menikmati karya-karya musisi luar negeri. Salah satu karya musik luar negeri yang sering viral di Indonesia adalah lagu-lagu Thailand.

Mendengar lagu Thailand atau lagu-lagu yang bahasanya tidak kita mengerti seringkali mengundang momen misheard atau salah dengar lagu yang membuat lagu tersebut terdengar berbeda di telinga orang Indonesia dan suka dimirip-miripkan dengan bahasa Indonesia. Inilah beberapa lagu Thailand yang pernah viral di Indonesia karena liriknya yang disalahartikan oleh netizen Indonesia. Beberapa lagu yang pernah membuat heboh juga karena liriknya yang nyeleneh.

1. Moan (Sitti Viboon Feat Pennapa) 

https://www.youtube.com/embed/R87m7LFqPkA

Lagu berjudul asli ‘Moan’ ini dipublikasikan di Youtube pada tanggal 27 Juni 2018. Hebatnya lagu ini pernah viral di jagat maya. Hal itu karena netizen menilai lirik dari lagu ini agak nyeleneh. Tidak hanya itu, lirik dari lagu ini juga terksesan agak vulgar. Kata ‘moan’ sendiri artinya ‘erangan’ dalam bahasa Indonesia.

Bagian paling menarik perhatian adalah bagian reff saat sang penyanyi wanita menyanyikan lirik “wik wik wik wik wik”. Maka tak heran lebih banyak orang Indonesia yang menyebut lagu ini bukan dengan judul aslinya, melainkan disebut Lagu Wikwik. Meskipun dianggap lucu, tetapi sebenarnya lagu ini memiliki arti yang sedih. Lagu tersebut mengisahkan seorang pria yang ditinggal nikah oleh kekasihnya.

2. Ngat Thang Ngat (Toey Atibodin) 

https://www.youtube.com/embed/YJwxdEf4pYM

Lagu ini dipublikasikan pada tanggal 10 Januari 2019 oleh kanal Youtube TSir Sound Official. Orang Indonesia lebih mengenal lagu ini dengan sebutan "Nget Tenget Tenget" karena liriknya terdengar seperti itu. Sebenarnya bukan hanya liriknya saja yang viral, tetapi koreografi dari video musik ini juga sangat kontroversial.

Arti dibalik lagu ini pernah diulas di kanal Youtube Tommy mavis, menurutnya lagu ini menceritakan tentang laki-laki yang melancarkan modus untuk mengajak wanita pujaan hatinya mencari rebung, padahal si laki-laki hanya iseng supaya bisa berduaan dengan wanita itu.

3. Ma Long Kong Kaeng (Poj Sai Indy) 

https://www.youtube.com/embed/z0Q90H1tzq0

Lagu berjudul Ma Long Kong Kaeng ini dinyanyikan oleh Poj Sai Indy dan dipublikasikan pada tanggal 17 Januari 2020. Lagu ini bercerita tentang laki-laki yang ingin meminta maaf kepada pacarnya karena merasa menjadi orang yang tidak berguna. Lagu yang video klipnya berlatar belakang di alam terbuka ini cukup asyik untuk didengarkan. Lirik yang paling kocak di telinga orang Indonesia adalah saat reff-nya yang terdengar seperti ini “maling kingkong, malong kongkeng, ngong ngeng ngong ngeng”.

Baca Juga: Kevin Aprilio Sampai Versi Thailand, 10 Cover Lagu Keke Bukan Boneka 

4. Toi Loi Toi (Pornchantaporn) 

https://www.youtube.com/embed/TPbuWEo77rY

Lagu ini dipublikasikan di Youtube pada tanggal 24 Januari 2020. Arti kata ‘Toi’ dalam lagu ini sama seperti ‘Toy’ yang dalam bahasa Indonesia berarti mainan atau boneka, tetapi banyak orang Indonesia yang salah mendegar lirik “Loi toi” menjadi “Letoy” sehingga lagu ini pasti akan membuat tertawa orang Indonesia yang tidak mengerti bahasa Thailand.

Melansir dari keterangan video musik di kanal official Youtubenya yaitu พอดีม่วน STUDIO, lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang bertemu teman laki-laki yang ia kenal sejak kanak-kanak. Sudah lama tidak bertemu dan gadis itu menyadari bahwa teman laki-lakinya itu menjadi semakin tampan. Saking kocaknya lagu ini pernah diedit menjadi versi remix, salah satunya oleh kanal Youtube Dede Omat.

5. Hon Thong (Kapten Ha) 

https://www.youtube.com/embed/4miG_GWzlxs

Dari semua lagu di atas, mungkin lagu inilah yang memiliki lirik paling menghebohkan netizen. Lagu yang berjudul asli ‘Hon Thong’ ini ditayangkan perdana pada tanggal 28 Januari 2020. Sebenarnya lirik lagu ini bercerita tentang minuman alkohol tetapi di telinga orang Indonesia liriknya terdengar sangat mirip dengan bahasa Indonesia. Awalnya lagu ini diawali dengan musik yang asyik dan terdengar seperti lagu Thailand biasa, namun pada menit ke 1:06 mulai terjadi momen misheard  yang dijamin akan membuat anda tertawa karena mengira si penyanyi sedang bernyanyi menggunakan bahasa Indonesia.

Itulah lagu-lagu Thailand yang sempat menghebohkan netizen di Indonesia. Momen misheard pada lagu Thailand tersebut mungkin menjadi salah satu alasan mengapa lagu tersebut cepat viral di Indonesia. Namun di balik itu semua, lagu-lagu di atas memang memiliki lirik yang catchy dan irama yang enak didengar. Hal yang terpenting adalah dengan hadirnya lagu Thailand di atas telah sukses membuat netizen Indonesia merasa terhibur. 

Baca Juga: 7 Lagu dari Scrubb: Duo Group Pop dari Thailand, Yuk Kenalan!

Gusti Ayu Intan Pradnyani Photo Writer Gusti Ayu Intan Pradnyani

Hello friends!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya