Comscore Tracker

Awas Baper, 6 Film Korea dengan Karakter Keterbelakangan Mental

Jangan lupa stok tisunya disiapin!

Film Korea tidak hanya mengusung kisah cinta yang romantis atau yang mengharu-biru. Namun Film Korea juga menyajikan sisi lain kehidupan para penyandang cacat mental atau disebut juga keterbelakangan mental.

Secara bahasa, keterbelakangan mental atau cacat mental merupakan kondisi di mana kecerdasan atau kemampuan mental seseorang berada di bawah rata-rata, disertai dengan kurangnya keterampilan untuk aktivitas sehari-hari. Keterbelakangan tersebut kerap mengganggu hubungan seseorang di masyarakat karena tak dapat menjalankan fungsi sosialnya dengan baik. Namun di balik keterbelakangan mereka banyak pelajaran yang bisa di ambil sebagian motivasi dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah film Korea bertema keterbelakangan mental paling mengharukan yang mampu menggugah sisi kemanusiaanmu.

1. Miracle In Cell No 7 (2013)

https://www.youtube.com/embed/rAsBlmSIksk

Miracle in Cell No. 7 adalah film Korea Selatan tahun 2013 yang dibintangi Ryu Seung-ryong, Kal So-won dan Park Shin-hye. Film ini adalah sebuah komedi mengharukan dan melodrama keluarga tentang seorang pria cacat mental bernama Lee Yong Gu (Ryu Seung Ryong) yang secara tidak sah dipenjara karena salah tuduhan sebagai pelaku pembunuhan. 

Di dalam penjara, dia bergabung dalam satu sel dengan beberapa pelaku tindak kriminal asli dan kemudian menjalin pertemanan. Para kriminal ini malah membantu Yong Gu yang merindukan anaknya dengan menyelundupkan sang anak ke dalam penjara.

Menurut catatan Korean Film Council, film Miracle in Cell No. 7  ini menjadi film dengan pendapatan tertinggi ketiga sepanjang sejarah film Korea. Film dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang Januari hingga Juni 2013 berhasil menarik 12,32 juta penonton pada hari ke 52 setelah film ditayangkan.

2. The Preparation (2017)

https://www.youtube.com/embed/RQ43v6LFwf4

Selanjutnya adalah film The Preparation mengisahkan tentang seorang ibu bernama Ae-Soon (Ko Du-Shim) yang didiagnosis menderita kanker stadium akhir. Dia mempersiapkan putranya In-Kyoo (Kim Sung-Kyun) yang berusia 30 tahun yang memiliki keterbelakangan mental dengan menunjukkan cara bertahan hidup tanpa seorang ibu. Meskipun terkesan  sangat sederhana, film ini justru dinobatkan sebagai film paling mengharu-biru bagi penontonnya. 

The Preparation adalah film drama Korea Selatan 2017 yang disutradarai oleh Cho Young-jun, dibintangi Go Doo-shim dan Kim Sung-kyun. Film ini merupakan film pertama buatan dari sutradara Cho Young-jun. Banyak pesan moral yang disampaikan di film The Preparation ini. Semoga setelah menontonnya, kita semua bisa terinspirasi dan menjalani hidup dengan positif ya.

3. BABO / Miracle Of Giving Food (2008)

https://www.youtube.com/embed/_XesPjNx1Ic

BA:BO adalah film Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2008. Film ini diangkat dari sebuah komik online populer dengan nama yang sama. BA:BO disutradarai oleh Kim Jeong-kwon dan di perankan oleh artis terkenal seperti Cha Tae-hyun dan Ha Ji-won.

Di antara semua film yang pernah dibintangi Cha Tae Hyun, BA:BO merupakan salah satu film yang cukup bikin air matamu terkuras. Mengapa? Cerita ini mengisahkan seorang pria bernama Lee Sung Ryong yang mendapati ketidak beruntungan yaitu menjadi orang idiot. Untuk menghidupi adiknya Babo berusaha mencari uang dengan cara menjual roti bakar didekat sekolah adiknya, tetapi itu membuat adiknya merasa malu akan keadaan kakaknya. Meskipun bodoh, pria ini selalu berbuat kebaikan dan sangat menyayangi orang-orang di sekitarnya. Ceritanya asli bikin kamu baper seharian. Gak percaya? Coba saja ditonton!

Baca Juga: Review Film Ashfall: Ketika Letusan Gunung Baekdu Menghancurkan Korea

4. Innocent Witness (2019)

https://www.youtube.com/embed/hVHiqvNUXVo

Pernah, gak, sih, kalian membayangkan ada seseorang dengan gangguan spektrum autisme menjadi satu-satunya saksi langsung dari sebuah kasus pembunuhan? Wah, pasti langsung terbayangkan? Hal inilah yang dirasakan Soon Ho, seorang pengacara yang menjadi pembela terdakwa kasus pembunuhan, dalam sebuah film asal negeri Ginseng berjudul Innocent Witness yang disutradarai oleh Lee Han. Film ini berhasil memecahkan rekor dengan 2,03 juta penonton hanya dalam 17 hari sejak penayangan perdananya.

Film Innocent Witness berdurasi 2 jam 19 menit ini mengisahkan tentang pria tua penderita depresi ditemukan tewas di rumahnya sendiri. Asisten rumah tangganya, Oh Mi Ran (Yum Hye Ran), ditemukan berada di tempat kejadian dan dituduh sebagai pembunuh majikannya tersebut.

Yang Soon Ho (Jung Woo Sung) adalah seorang pengacara yang miskin yang ditugaskan oleh firma hukum tempatnya bekerja untuk menjadi pembela Oh Mi Ran. Dan dalam proses penyelidikannya, Soon Ho menemukan bahwa satu-satunya saksi hidup dalam kasus pembunuhan tersebut bernama Kim Ji Woo (Kim Hyang Gi), seorang remaja perempuan yang mengidap autisme. 

Dalam film ini, kita akan melihat bagaimana penampilan luar seseorang bisa jadi sangat menipu, bagaimana kesulitan yang dihadapi penyandang autisme serta keluarganya, hingga bagaimana kita selalu punya kesempatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mengacaukan hidup kita.

5. Key To The Heart (2018)

https://www.youtube.com/embed/XAefPlRsYoo

Keys to the Heart  bercerita tentang seorang mantan petinju bernama Kim Joha (Lee Byunghyun) yang tengah menjalani hidup dengan pas-pasan dan tak berarah. Di saat itu pula, ia bertemu dengan Ibunya (Youn Yuhjung) yang sudah lama tak ia temui. Tak disangka, ternyata ia juga memiliki seorang adik yang mengidap penyakit autis bernama Oh Jintae (Park Jungmin).

Film Keys to the Heart disutradarai oleh Choi Sung Hyun pada tahun 2018. Film ini dibintangi oleh Lee Byunghyun, Park Jungmin, Youn Yuhjung, Han Jimin. Dalam film ini, penonton akan disuguhkan cerita komedi yang dibalut dengan drama keluarga yang menyentuh hati. Sudah siap menikmati ceritanya?

6. Cheer Up, Mr. Lee (2019)

https://www.youtube.com/embed/OCJnfhkj3HM

Film terakhir selanjutnya adalah film Cheer Up, Mr. Lee adalah film drama komedi Korea Selatan tahun 2019 yang disutradarai oleh Lee Gae-byok. Bintang film Cha Seung-won, Um Chae-young, Park Hae-joon, Kim Hye-ok, Ahn Gil-kang, Jeon Hye-bin dan Ryu Han-bi.

Film Cheer Up, Mr. Lee adalah kisah seorang ayah dan anaknya yang sakit. Dalam film Cheer Up Mister Lee, diceritakan bahwa ayah tersebut bernama Cheol Soo (Cha Seung Won) memiliki tampilan fisik yang menawan, tetapi agak lambat (keterbelakangan) dan suatu hari, dia mengetahui putrinya menderita penyakit mematikan. Mereka berpetualang bersama untuk mencarikan hadiah untuk sahabat putrinya. Dan orang-orang di sekelilingnya gempar dan menyangka mereka menghilang.

Nah, itulah 6 film yang wajib kamu tonton. Semoga film di atas menjadi referensi kalian buat menonton di waktu yang luang, karena di balik kisah yang menyentuh hati juga terdapat pesan moral yang bisa menjadi pelajaran di kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Romance Korea yang Cocok Ditonton saat Hujan

Gustiana lubis Photo Writer Gustiana lubis

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya