Comscore Tracker

10 Film Musikal Non-Disney yang Juga Memiliki Pendapatan Tinggi

Nonton ini sambil nyanyi bareng, yuk~

Film-film musikal yang memiliki pendapatan tinggi biasanya didominasi oleh film hasil produksi Walt Disney Pictures seperti The Lion King versi terbaru yang menghasilkan 1.6 miliar Dollar AS, Frozen II dengan penghasilan 1.4 miliar Dollar AS, hingga Beauty and the Beast versi live-action yang juga mendapatkan 1.2 miliar juta Dollar AS dan masih banyak lagi. Namun, tidak jarang juga film-film musikal dari rumah produksi lain memiliki pendapatan yang tinggi.

Di bawah ini terdapat ulasan mengenai film-film musikal selain dari hasil rumah produksi Walt Disney yang juga memiliki pendapatan tinggi. Penasaran apa saja? Mari kita simak bersama!

1. Bohemian Rhapsody (2018)

https://www.youtube.com/embed/mP0VHJYFOAU

Film ini merupakan drama biopik dari Band Inggris kenamaan yaitu Queen, yang lebih khusus menyoroti kehidupan dari vokalisnya yaitu Freddie Mercury. Film ini dibintangi oleh Rami Malek yang berperan sebagai Freddie Mercury. Bohemian Rhapsody diproduksi dan didistribusikan oleh rumah produksi 20th Century Fox.

Film ini masuk ke dalam 62 nominasi di 37 ajang penghargaan berbeda dan berhasil memenangkan 22 piala di 16 ajang, termasuk Academy Awards dan Golden Globe Awards.

Selain mendapatkan banyak penghargaan, film yang mengeluarkan biaya produksi sebesar 50 hingga 55 juta Dollar AS ini mendapatkan pendapatan sebanyak 903,7 juta Dollar AS, menjadikannya sebagai film keenam di tahun 2018 yang mendapatkan pendapatan tertinggi di seluruh dunia. Selain itu, dengan pendapatan yang menyentuh sembilan ratusan juta Dollar tersebut, film ini menjadi film biopik musikal dengan pendapatan tertinggi di seluruh dunia.

2. Sing (2016)

https://www.youtube.com/embed/RYHBD9RF2dk

Film Sing menjadi film musikal non-Disney selanjutnya yang berhasil mendapatkan pendapatan tinggi. Sing menampilkan musikal animasi komputer yang disutradarai oleh Garth Jennings dengan dibintangi oleh Matthew McConaughey, Reese Witherspoon, dan Scarlett Johansson. Film ini sendiri diproduksi oleh Illumination Entertainment dan didistribusikan oleh Universal Pictures.

Sing masuk ke dalam 12 nominasi penghargaan di 6 ajang dan berhasil membawa pulang piala untuk kategori Outstanding Music Supervision – Film di ajang Hollywood Music in Media Awards.

Dengan mengeluarkan biaya produksi sebesar 75 juta Dollar AS, film ini menghasilkan pendapatan sebanyak 634,1 juta Dollar AS. Hal ini membuat film Sing menjadi film ke-7 yang paling menguntungkan di tahun 2016.

3. Mamma Mia! (2008)

https://www.youtube.com/embed/iCVpJ8x1Tnc

Mamma Mia! yang diadaptasi dari musikal dengan judul yang sama ini merupakan film komedi romantis musikal yang disutradarai oleh Phyllida Lloyd dan dibintangi oleh Pierce Brosnan, Meryl Steep, dan Colin Firth serta nama-nama besar lainnya. Film ini diproduksi bersama oleh Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat dan didistribusikan oleh Universal Pictures.

Film ini masuk ke dalam 23 nominasi di 14 ajang penghargaan termasuk Golden Globe Awards dan Grammy Awards. Selain itu, film ini juga berhasil memenangkan 10 penghargaan termasuk Film Internasional Terbaik di ajang Rembrandt Awards.

Film Mamma Mia! mendapatkan pendapatan sebanyak 615,7 juta Dollar AS, sangat jauh jika dibandingkan dengan biaya produksi yang dikeluarkan yaitu sebanyak 52 juta Dollar AS, menjadikannya sebagai film ketiga dengan pendapatan tinggi secara internasional di tahun 2008.

4. Rio (2011 dan 2014)

https://www.youtube.com/embed/Bf6zeRwk5LE

Film Rio dan Rio 2 menjadi film musikal 20th Century Fox yang juga mendapatkan pendapatan tinggi. Dua film ini diarahkan oleh Carlos Saldanha dan juga dibintangi oleh aktor dan aktris kenamaan seperti Jesse Eisenberg, Anne Hathaway, dan Jamie Foxx.

Dua film ini berhasil masuk ke dalam 24 nominasi di 10 ajang penghargaan berbeda seperti film Rio pertama yang masuk ke dalam nominasi Lagu Asli Terbaik di ajang bergengsi Academy Awards. Selain itu, film ini berhasil memenangkan masing-masing satu piala untuk kategori Karakter Animasi Terbaik dalam Produksi Animasi dan Penghargaan Lagu Hollywood dalam Annie Awards dan Hollywood Film Awards.

Film Rio yang rilis tahun 2011 ini berhasil mendapatkan pendapatan sebanyak 484,6 juta Dollar AS dan merupakan film pertama di tahun 2011 yang melewati penjualan 400 juta Dollar AS, sedangkan sekuelnya mendapatkan 500,1 juta Dollar AS.

Baca Juga: Ceritanya Plot Twist, 11 Film yang Layak Masuk Daftar Wajib Tonton

5. Charlie and the Chocolate Factory (2005)

https://www.youtube.com/embed/OFVGCUIXJls

Film arahan Tim Burton ini mengusung genre fantasi musikal dan dibintangi oleh Johnny Depp, Freddie Highmore, dan Helena Bonham Carter. Charlie and the Chocolate Factory merupakan film yang diproduksi oleh 3 rumah produksi yaitu The Zanuck Company, Plan B Entertainment, dan Village Roadshow Pictures. Film ini kemudian didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures.

Film ini berkesempatan masuk ke dalam beberapa nominasi di beberapa ajang, termasuk nominasi Aktor Terbaik untuk penampilan Johnny Depp di Golden Globe Awards.

Charlie and the Chocolate Factory menghasilkan pendapatan sebanyak 474,9 juta Dollar AS dan menjadikannya sebagai film ke-8 dengan pendapatan tinggi di tahun 2005.

6. La La Land (2016)

https://www.youtube.com/embed/0pdqf4P9MB8

La La Land merupakan film yang didistribusikan oleh Lionsgate. Film musikal romantis ini disutradarai oleh Damien Chazelle dan dibintangi oleh Ryan Gosling sebagai pianis jazz dan Emma Stone yang berperan sebagai aktris.

Banyak sekali penghargaan yang didapatkan oleh film La La Land ini. Dari total 303 nominasi yang diterima, film ini berhasil membawa pulang 125 piala, termasuk piala untuk kategori Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik, Best Original Score, Lagu Asli Terbaik, Desain Produksi Terbaik, dan Sinematografi Terbaik di ajang perfilman bergengsi Academy Awards atau yang lebih dikenal sebagai Oscar. Selain berhasil membawa pulang piala Oscar, film musikal ini juga berhasil membawa pulang piala Grammy Awards yang merupakan ajang penghargaan musik bergengsi untuk nominasi Best Compilation Soundtrack for Visual Media dan Best Score Soundtrack for Visual Media.

Dengan berbagai penghargaan yang diterima, tidak diragukan lagi bahwa film ini menghasilkan pendapatan yang tinggi. Dengan modal biaya produksi sebesar 30 juta Dollar AS, film ini mendapatkan pendapatan sebesar 446.1 juta Dollar AS, sehingga menjadikannya sebagai salah satu dari 20 film yang paling menguntungkan di tahun 2016.

7. Alvin and the Chipmunks: The Squeakquel (2009)

https://www.youtube.com/embed/HwVzCtRvcyY

Film Alvin and the Chipmunks: The Squeakquel merupakan film musikal animasi komputer yang disutradarai oleh Betty Thomas dan dibintangi oleh Zachary Levi, Justin Long, Matthew Grey Gubler, dan Jesse McCartney. Film ini diproduksi dan didistribusikan 20th Century Fox.

Meskipun mendapatkan respon negatif dari para kritikus film mengenai plot, humor, dan kurangnya ambisi pada film, Alvin and the Chipmunks: The Squeakquel berhasil memenangkan kategori Film Favorit dan Pilihan Anak-Anak BAFTA – Film yang masing-masing didapat di ajang Kids’ Choice Awards dan BAFTA Children’s Awards.

Dengan mengeluarkan biaya produksi sebesar 70 juta Dollar AS, film ini menghasilkan pendapatan sebanyak 443,1 juta Dollar AS.

8. Les Miserables (2012)

https://www.youtube.com/embed/YmvHzCLP6ug

Film Les Miserables yang mengusung genre musikal dengan setting waktu periode historikal ini diproduksi oleh rumah produksi Working Title Films dan Relativity Media dan didistribusikan oleh Universal Pictures. Film ini disutradarai Tom Hooper dan dibintangi oleh Hugh Jackman, Anne Hathaway, dan Helena Bonham Carter.

Les Miserables masuk ke dalam 94 nominasi dan berhasil memenangkan 30 di antaranya, seperti Best Supporting Actress, Best Makeup and Hairstyling, dan Best Sound Mixing di ajang bergengsi Academy Awards.

Film ini mengeluarkan 61 juta Dollar AS untuk biaya produksinya dan menghasilkan pendapatan sebanyak 441,8 juta Dollar AS. Selain itu, pada saat tayang di hari pertama, film ini menghasilkan 18,1 juta Dollar AS, menjadikannya sebagai film dengan penghasilan tertinggi di hari pertama penayangannya.

9. The Greatest Showman (2017)

https://www.youtube.com/embed/AXCTMGYUg9A

The Greatest Showman adalah film biopik musikal arahan sutradara Michael Gracey. Film ini dibintangi oleh Hugh Jackman, Zac Efron, Michelle Williams, dan Zendaya. Film ini terinspirasi oleh cerita dari kreasi museum yang didirikan oleh P.T. Barnum. Film musikal ini merupakan hasil produksi Laurence Mark Productions, Chernin Entertainment, dan TSG Entertainment dan juga didistribusikan oleh 20th Century Fox.

Film ini masuk ke dalam 21 nominasi di 14 ajang perfilman dan permusikan termasuk Academy Awards dan American Music Awards. Selain itu, film ini berhasil memenangkan 13 nominasi di 9 ajang film dan musik juga termasuk Golden Globe Awards dan Grammy Awards, masing-masing untuk kategori Lagu Asli Terbaik dan Kompilasi Soundtrack untuk Media Visual Terbaik.

Dengan mengeluarkan biaya produksi sebesar 84 Juta Dollar AS, The Greatest Showman berhasil meraih pendapatan sebanyak 434,9 Dollar AS, menjadikannya sebagai film musikal live-action kelima dengan pendapatan tertinggi.

10. A Star is Born (2018)

https://www.youtube.com/embed/nSbzyEJ8X9E

Film musikal arahan Bradley Cooper ini juga mengusung genre drama romantis. A Star is Born dibintangi oleh Bradley Cooper dan Lady Gaga serta diproduksi oleh 5 rumah produksi yaitu Metro-Goldwyn-Mayer, Live Nation Productions, Gerber Pictures, Peters Entertainment, dan Joint Effort. Film berdurasi 136 menit ini kemudian didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures.

Sama seperti La La Land, film ini juga banyak mendapatkan penghargaan. Dari 279 nominasi yang diterima, A Star is Born berhasil memenangkan 102 piala termasuk adalah piala Oscar untuk kategori Best Original Song dan piala Grammy untuk kategori Best Pop Duo/Group Performance, Best Song Written for Visual Media, dan Best Compilation Soundtrack for Visual Media.

Dengan biaya produksi yang hanya berbeda 6 juta Dollar AS dari biaya produksi La La Land yaitu 36 juta Dollar AS, film A Star is Born berhasil menghasilkan pendapatan sebesar 436,2 juta Dollar AS, menjadikannya sebagai film ke-10 yang paling menguntungkan di tahun 2018.

Itulah film-film non-Disney yang juga memiliki pendapatan tinggi. Dari ke-10 film yang ada, kamu sudah pernah nonton yang mana?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli yang Bikin Kamu Baper!  

Habibah Abdaliah Photo Verified Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya