Comscore Tracker

Awali Debut sebagai Penyanyi, 7 Artis Korea Ini Juga Sukses Berakting 

Ada anggota boyband terkenal pada masanya 

Dunia hiburan memang menuntut para individu yang bekerja di dalamnya untuk menjadi lebih serba bisa. Tidak jarang beberapa entertainer di Korea Selatan yang debut sebagai model, pemain teater, dan bahkan penyanyi, kemudian memilih untuk berakting, baik itu untuk layar kaca maupun layar lebar. Begitu juga sebaliknya.

Di bawah ini terdapat ulasan mengenai 7 aktor yang awalnya debut sebagai penyanyi di Korea Selatan, mulai dari solois hingga anggota boyband. Siapa saja, ya? Yuk, kita simak sama-sama!

1. Lee Dong Gun

Awali Debut sebagai Penyanyi, 7 Artis Korea Ini Juga Sukses Berakting topstarnews.net

Lee Dong Gun debut di dunia hiburan Korea Selatan sebagai penyanyi pada tahun 1998. Selama karier bernyanyinya, Lee Dong Gun telah merilis dua album Korea pada tahun 1998 dan 2000 serta tiga album Jepang yang masing-masing dirilis pada tahun 2005, 2008, dan 2009.

Namun, setelah debutnya tersebut, nama Lee Dong Gun kemudian jauh lebih dikenal sebagai aktor ketimbang penyanyi. Debut aktingnya dimulai pada tahun 1999 saat dirinya muncul di salah satu serial KBS yang berjudul Ad Madness dengan memerankan karakter tanpa nama. Pada tahun 2002, Lee Dong Gun mulai memerankan karakter pendukung di drama berjudul Friends yang diperankan oleh Won Bin.

Terhitung hingga tahun 2019, Lee Dong Gun telah muncul di 21 drama dan 3 film, salah satu yang paling populer adalah drama Angel's Last Mission: Love. Aktor kelahiran 26 Juli 1980 ini bahkan terlibat cinta lokasi dengan lawan mainnya dalam drama The Gentlemen of Wolgyesu Tailor Shop yaitu Jo Yoon Hee yang sempat menjadi istrinya selama beberapa tahun.

2. Eric Mun

Awali Debut sebagai Penyanyi, 7 Artis Korea Ini Juga Sukses Berakting sedaily.com

Mun Jung Hyuk atau yang lebih dikenal sebagai Eric Mun debut pada tahun 1998 sebagai salah satu anggota boyband Shinhwa dan bahkan menjadi leader atau pemimpin grup tersebut. Setelah kontraknya berakhir dengan agensinya yaitu SM Entertainment pada tahun 2002, semua anggota Shinhwa tidak memperpanjang kontrak dan memutuskan untuk bernaung di agensi lain dengan tetap mempertahankan nama Shinhwa.

Shinhwa menjadi salah satu boyband sukses di Korea Selatan dengan merilis total 16 album studio, 3 album live, 5 album kompilasi, 4 EP, dan 37 single. Bahkan hingga sekarang, Eric masih berstatus sebagai anggota dari Shinhwa, meskipun jadwal solonya juga tak jarang mengharuskannya untuk berakting.

Karier aktingnya dimulai pada saat dirinya muncul sebagai kameo di film tahun 2002 berjudul Emergency Act 19 hingga akhirnya dia mendapatkan peran utama, salah satunya dalam dramaAnother Oh Hae Young. Paling terbaru, Eric Mun memerankan seorang koki dalam drama tahun 2020 berjudul Yoobyeolna! Chef Moon.

Baca Juga: Jago Nyanyi, 10 Aktor KDrama Ini Memulai Karier di Teater Musikal

3. Rain

Awali Debut sebagai Penyanyi, 7 Artis Korea Ini Juga Sukses Berakting sports.chosun.com

Jung Ji Hoon atau yang dikenal sebagai Rain debut sebagai salah satu anggota boyband yang bernama Fanclub pada tahun 1998. Grup ini merilis dua album namun gagal meraih kesuksesan komersil, sehingga pada tahun 2002, Rain debut sebagai penyanyi solo. Rain mendapatkan kesuksesan setelah debut sebagai penyanyi solo di bawah naungan agensi JYP Entertainment.

Nama Rain juga kemudian mulai dikenal di Asia, Australia, dan bahkan Amerika. Karier bernyanyinya yang sangat sukses ditandai dengan dirilisnya 7 album studio, 2 album kompilasi, 24 video musik, 2 EP, 33 single, serta 1 album soundtrack.

Tidak puas hanya menguasai dunia musik, Rain kemudian melakukan debut aktingnya pada tahun 2003 dengan bermain dalam drama KBS berjudul Sang Doo! Let's Go to School yang juga diperankan oleh Lee Dong Gun.

Kesuksesan Rain nyatanya tidak hanya terjadi di dalam dunia musik saja, pada tahun 2004 dirinya berkesempatan untuk beradu akting dengan Song Hye Kyo dalam drama Full House yang berhasil mencatat rating sebesar 42,7 persen.

Full House juga tidak hanya ditayangkan di Korea Selatan, melainkan juga di beberapa bagian Asia dan Amerika Serikat sehingga membuat popularitas Rain semakin meningkat dan menjadikannya sebagai bintang Hallyu.

Selain itu, Rain semakin menambah catatan panjang mengenai kesuksesannya dengan debut aktingnya di Hollywood saat dirinya ikut membintangi film Speed Racer dan Ninja Assassin.

4. Yoon Kye Sang

Awali Debut sebagai Penyanyi, 7 Artis Korea Ini Juga Sukses Berakting news1.kr

Yoon Kye Sang debut pada Januari 1999 sebagai anggota boyband g.o.d. Sempat memutuskan untuk keluar dari grup pada tahun 2004 saat popularitas g.o.d meningkat, Yoon Kye Sang kemudian bergabung kembali pada tahun 2014 untuk proyek reuni dan bertahan hingga sekarang.

g.o.d menjadi salah satu grup dengan popularitas tinggi di awal tahun 2000an di Korea Selatan, hal ini ditandai dengan pencapaian grup yang berhasil merilis 8 album studio, 1 album kompilasi, 22 video musik, dan 1 album single.

Mantan kekasih dari Lee Honey ini memulai debut aktingnya saat dirinya muncul dalam sitkom MBC berjudul New Nonstop pada tahun 2001. Tiga tahun kemudian, Yoon Kye Sang mendapatkan peran dalam drama SBS berjudul My 19 Year Old Sister in Law. Pada tahun yang sama juga yaitu 2004, Yoon Kye Sang membintangi film berjudul Flying Boys dengan menjadi pemeran utamanya.

Sejak debut aktingnya, tercatat sudah 13 judul drama yang dibintanginya termasuk The Greatest Love bersama dengan Gong Hyo Jin dan Chocolate bersama Ha Ji Won. Selain drama, Yoon Kye Sang juga telah membintangi 16 film, salah satu perannya yang paling terkenal adalah saat dirinya memerankan seorang gangster Tiongkok bernama Jang Chen yang datang ke Seoul untuk menagih sejumlah utang.

Peran ikoniknya ini terdapat dalam filmnya yang berjudul The Outlaws yang juga dibintangi oleh Ma Dong Seok. Karakter dan beberapa adegan Jang Chen bahkan sering ditiru ulang oleh beberapa komedian maupun aktor di Korea Selatan.

5. Kim Ji Seok

Awali Debut sebagai Penyanyi, 7 Artis Korea Ini Juga Sukses Berakting Hancinema.net

Kim Bo Seok atau yang dikenal dengan nama Kim Ji Seok debut pada tahun 2001 sebagai anggota boyband bernama LEO dan menempati posisi rapper. LEO merilis satu album pada 9 Mei 2001 dengan total 14 lagu di dalamnya. Grup tersebut dibentuk karena melihat kesuksesan g.o.d, namun LEO tidak meraih kesuksesan seperti g.o.d sehingga delapan bulan kemudian grup ini dibubarkan. Meskipun tidak begitu sukses di dunia musik, Kim Ji Seok sempat juga mengisi soundtrack untuk drama Likeable or Not pada tahun 2007.

Sadar bahwa dunia musik bukanlah jalannya dalam meraih kesuksesan, karier Kim Ji Seok di dunia hiburan kemudian beralih ke dunia seni peran. Debut aktingnya dimulai saat dirinya menjadi pemain figuran dalam debut drama Rain berjudul Sang Doo! Let's Go to School pada tahun 2003.

Hingga kini, Kim Ji Seok tercatat telah muncul di 32 judul drama, seperti Personal Taste bersama Lee Min Ho dan Son Ye Jin, Another Oh Hae Young bersama Eric Mun dan Seo Hyun Jin, Children of the 20th Century bersama Han Ye Seul, Top Star Yoo Baek bersama Jeon So Min dan Lee Sang Yeob, dan When the Camellia Blooms bersama Gong Hyo Jin dan Kang Ha Neul. Pada tahun 2020, Kim Ji Seok berperan sebagai Park Chan Hyuk dalam drama berjudul My Unfamiliar Family bersama Han Ye Ri.

Selain drama, Kim Ji Seok juga muncul di 10 judul film. Salah satu yang paling terkenal adalah saat dirinya berperan sebagai Kang Chil Gu, seorang atlet ski jumping dalam film berjudul Take Off yang juga dibintangi aktor kawakan Ha Jung Woo dan Sung Dong Il.

6. Lee Seung Gi

Awali Debut sebagai Penyanyi, 7 Artis Korea Ini Juga Sukses Berakting chosun.com

Karier Lee Seung Gi di dunia hiburan Korea Selatan dimulai saat dirinya bertemu dengan penyanyi Lee Sun Hee dan setelahnya menjadi trainee hingga debut pada 5 Juni 2004 sebagai solois.

Lagu debutnya berjudul "Because You're My Girl" menjadi lagu balada populer. Dengan lagu ini, Lee Seung Gi memenangkan penghargaan pendatang baru di beberapa ajang seperti Mnet KM Music Festival dan Seoul Music Awards. Selama karier bermusiknya, Lee Seung Gi telah merilis 7 album studio, 2 album cover, 2 album live dan kompilasi, 1 EP, dan 13 single.

Lee Seung Gi muncul di sitkom MBC berjudul Nonstop 5 pada tahun 2005, namun dirinya secara resmi debut di dunia seni peran pada tahun 2006 saat membintangi drama akhir pekan berjudul The Infamous Chil Sisters.

Tiga tahun kemudian, tepatnya di tahun 2009, Lee Seung Gi mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama Brilliant Legacy bersama dengan Han Hyo Joo. Setahun setelahnya, Lee Seung Gi beradu akting dengan Shin Min Ah dalam drama berjudul My Girlfriend is a Gumihoyang membuat namanya semakin dikenal oleh masyarakat.

Lee Seung Gi juga berperan sebagai Cha Dal Gun dalam drama SBS berjudul Vagabond bersama Suzy. Popularitasnya yang meningkat berkat dramanya yang sukses hingga di seluruh Asia membuatnya menjadi bintang Hallyu top. Tidak hanya itu, kesuksesan Lee Seung Gi sebagai penyanyi, aktor, dan bahkan host membuat dirinya mendapatkan julukan 'Triple Threat Entertainer'.

7. Seo In Guk

Awali Debut sebagai Penyanyi, 7 Artis Korea Ini Juga Sukses Berakting soompi.com

Seo In Guk debut dalam dunia hiburan Korea Selatan setelah dirinya memenangkan posisi nomor 1 dalam kompetisi menyanyi Superstar K musim pertama pada tahun 2009. Kemenangannya di ajang kompetisi menyanyi tersebut membuatnya sibuk dengan jadwal rekaman, pemotretan, wawancara, dan kemunculannya di televisi serta perilisan single dan album yang merajai tangga lagu. Karier bermusiknya menghasilkan 1 album studio, 8 video musik, 6 EP, 15 single, muncul di 6 album soundtrack, dan melakukan 7 kali kolaborasi.

Debut aktingnya dimulai saat dia mendapatkan peran pendukung dalam drama Jang Geun Suk dan Yoona berjudul Love Rain pada tahun 2012. Di tahun yang sama juga dirinya mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama Reply 1997 bersama dengan Jung Eun Ji yang merupakan vokalis utama girlband Apink. Meskipun peran utama dibintangi oleh mereka yang dapat dibilang minim pengalaman dalam seni peran, drama ini menjadi hit karena mencetak rating tinggi untuk ukuran rating drama dari saluran telebisi kabel di Korea Selatan.

Sudah tercatat beberapa drama yang dibintangi oleh Seo In Guk, seperti Shopaholic Louis yang juga dibintangi Nam Ji Hyun serta drama The Smile Has Left Your Eyes yang merupakan drama adaptasi dari Jepang yang juga dibintangi Jung So Min.

Itulah 7 aktor yang awalnya debut sebagai penyanyi di dunia hiburan Korea Selatan. Ada yang masih berkutat di dunia musik, ada juga yang tidak.

Baca Juga: 5 Aktor Korea yang Comeback Usai Jalani Wamil, Ratingnya Tinggi Lho!

Habibah Abdaliah Photo Verified Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya