Comscore Tracker

KDramanya Populer, 5 Soundtrack ini Berhasil Meraih Perfect All Kill

Dinyanyikan oleh solois, duo, hingga vokalis band

Nonton drama Korea kurang lengkap, jika tidak mendengarkan lagu-lagu original soundtrack (OST) yang mengisi drama tersebut. Beberapa OST yang mengisi sebuah drama, berhasil meraih status perfect all kill (PAK).

Status yang didapat setelah menduduki posisi pertama, di berbagai tangga lagu di Korea secara real time, harian, dan juga mingguan. Berhasil meraih status ini, menjadi salah satu prestasi yang bergengsi.

Berikut ini lima original soundtrack drama Korea, yang berhasil meraih status perfect all kill. Apa saja, ya? 

1. Touch Love - Yoon Mi Rae

https://www.youtube.com/embed/ZH8BYNwmR5Q

Lagu ini masuk ke dalam bagian ke-4 dari original soundtrack, drama Master's Sun, yang dibintangi So Ji Sub dan Gong Hyo Jin pada tahun 2013. Lagu ini rilis pada tanggal 28 Agustus 2013. Yoon Mi Rae merupakan seorang penyanyi hip-hop, namun di lagu ini Yoon Mi Rae bernyanyi dengan genre balada yang lembut.

Pada 2 September 2013, lagu ini berhasil meraih status perfect all kill. Selain itu, pada tahun 2013, lagu ini juga memenangkan nominasi Best OST di ajang penghargaan Melon Music Awards dan Mnet Asian Music Awards.

Tahun 2014, lagu ini berhasil masuk ke dalam nominasi Outstanding Korean Drama OST dan juga Best OST, salam ajang Seoul International Drama Awards dan Korea Drama Awards.

2. A Little Girl - Oh Hyuk

https://www.youtube.com/embed/bLoO0FSXncg

Lagu yang dinyanyikan oleh vokalis band Hyukoh, Oh Hyuk ini, merupakan lagu cover atau remake. Versi asli dari lagu ini, dinyanyikan oleh Lee Moon Sae yang rilis pada tahun 1985.

Lagu ini menjadi original soundtrack bagian ke-3 dari drama Reply 1988, yang dibintangi oleh Ryu Jeon Yeol, Lee Hye Ri, Park Bo Gum, Go Kyung Pyo, Lee Dong Hwi, dan masih banyak lagi. Pada 23 November 2015, lagu ini berhasil meraih status perfect all kill, dan menjadi lagu Oh Hyuk pertama yang meraih status tersebut.

Selain berhasil meraih status perfect all kill, lagu ini juga berhasil masuk ke dalam nominasi Best OST dalam ajang penghargaan Melon Music Awards yang ke-8 tahun 2016.

Baca Juga: 5 Lagu Kolaborasi IU yang Berpredikat All Kill dan Perfect All Kill

3. This Love - Davichi

https://www.youtube.com/embed/XyzaMpAVm3s

Davichi adalah duo ternama Korea Selatan, yang juga sering mengisi soundtrack untuk drama-drama Korea. Salah satunya untuk drama populer Song Joong Ki dan Song Hye Kyo, Descendant of the Sun.

Perpaduan suara tinggi Lee Hae Ri, dengan suara rendah Kang Mi Kyung dalam lagu ini, berhasil membuatnya mendapatkan status perfect all kill, tepatnya tanggal 3 Maret 2016. Lagu ini juga masuk ke dalam nominasi Best OST, di dua ajang penghargaan berbeda yaitu, Melon Music Awards, dan Mnet Asian Music Awards.

4. I Will Go to You Like the First Snow - Ailee

https://www.youtube.com/embed/6rS7OUGXUik

I Will Go to You Like the First Snow dinyanyikan Ailee, untuk drama berjudul Guardian: The Lonely and Great God atau yang biasa dikenal sebagai Goblin. Sama seperti Reply 1988, drama ini juga merupakan salah satu drama dengan rating tinggi. Goblin dibintangi oleh Gong Yoo, Kim Go Eun, Lee Dong Wook, dan Yoo In Na.

Lagu ini merupakan lagu di bagian ke-9, dari rangkaian soundtrack yang ada di drama ini. Lagu ini berhasil meraih perfect all kill, sekaligus menjadi lagu pertama Ailee, yang berhasil meraih status tersebut.

Lebih dari satu tahun setelah dirilis, lagu ini tidak pernah sekali pun keluar dari 100 lagu teratas Gaon Digital Chart di Korea Selatan. Selain itu, pada tahun 2017 dan 2018 lagu ini masuk ke dalam nominasi Song of the Year dan juga memenangkan banyak nominasi.

5. Give You My Heart - IU

https://www.youtube.com/embed/euI-C1YONaU

Baca Juga: Keren! Ini 5 Girl Group dengan Lagu 'Perfect All Kill' Terbanyak

Dalam drama Crash Landing on You, solois wanita ternama Korea Selatan, IU menyumbangkan suaranya untuk soundtrack berjudul Give You My Heart. Lagu ini berada di posisi nomor 1, situs streaming utama, termasuk Soribada, Genie Music, dan Bugs sehingga membuatnya mendapatkan status perfect all kill, setelah sebelumnya mendapatkan sertifikat all kill saja.

FYI, dengan merilis lagu ini, IU kembali memperkuat posisinya sebagai penyanyi dengan lagu terbanyak yang meraih status perfect all kill, yaitu sebanyak 16 lagu. Itulah 5 original soundtrack drama Korea, yang berhasil meraih status perfect all kill. Kalian paling sering dengerin yang mana?

Habibah Abdaliah Photo Verified Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya