Comscore Tracker

Sukses Mendunia, RM BTS Pernah Berkolaborasi dengan 7 Musisi Barat Ini

Lagunya ada yang jadi soundtrack film Fantastic Four, lho

Leader boy group kenamaan BTS yaitu RM memang dikenal sebagai seorang dengan bakat yang berlimpah. Bersama grupnya, RM pernah berkolaborasi dengan beberapa musisi non-Korea termasuk Halsey, Nicki Minaj, dan juga Steve Aoki. Namun, terlepas dari grupnya dan tampil sebagai solois, RM juga pernah berkolaborasi dengan musisi non-Korea atau musisi barat.

Artikel di bawah ini akan mengulas musisi-musisi barat yang pernah berkolaborasi dengan RM. Siapa saja, ya? Yuk, kita simak sama-sama!

1. Warren G

https://www.youtube.com/embed/rJC7WGrrbzU

Kolaborasi antara RM dan Warren G ditandai dengan dirilisnya lagu berjudul P.D.D (Please Don't Die) pada tanggal 4 Maret 2015. Lagu ini menggambarkan bagaimana perasaan RM terhadap orang-orang yang membenci dan mengkritiknya pada saat itu. Lagu ini ditulis oleh RM dan digubah bersama dengan Warren G.

Kolaborasi ini bisa terjadi karena tawaran Warren G langsung kepada RM. Sebelumnya, kedua musisi ini menjadi dekat satu sama lain karena berada di satu reality show yang sama yaitu American Hustle Life. Dalam wawancaranya dengan majalah Korea, Warren G menyatakan bahwa dia berteman dengan BTS melalui program tersebut dan terus berhubungan dengan grup populer ini bahkan setelah mereka kembali ke Korea Selatan.

2. Krizz Kaliko

https://www.youtube.com/embed/75wJwrRdh8s

Dalam mixtape solo pertamanya, RM menggaet rapper Amerika bernama Krizz Kaliko untuk berkolaborasi dengan merilis lagu berjudul Rush. Tidak hanya berkolaborasi, Krizz Kaliko juga menulis lirik untuk lagu ini bersama dengan RM.

Sebelum kolaborasi ini terjadi, BTS pernah menggunakan lagu Krizz Kaliko berjudul Spaz yang dinyanyikannya bersama Tech N9ne untuk intro dance di penampilan MBC Gayo Daejun mereka.

Baca Juga: 14 Quotes yang Membuktikan BTS Sangat Sayang pada ARMY

3. Mandy Ventrice

https://www.youtube.com/embed/NkwdwAaJ_Ho

Pada Agustus 2015, RM berkolaborasi dengan Marvel untuk mengisi soundtrack film Fantastic Four. Lagu yang dirilis secara digital melalui Melon, Genie, Naver Music dan situs musik lainnya itu berjudul Fantastic yang dinyanyikan RM bersama dengan solois perempuan bernama Mandy Ventrice.

Dalam kolaborasi ini, lagi-lagi RM menunjukkan bakatnya dalam menulis lagu. Tidak hanya itu, lagu ini juga diproduseri oleh RM bersamaan dengan James F. Reynolds dan White Nerd. Sebelumnya, James F. Reynolds pernah berkolaborasi dengan Calvin Harris dan Tinie Tempah, sedangkan White Nerd pernah bekerja dengan Craig David, Chris Brown, dan Christina Aguilera.

4. Wale

https://www.youtube.com/embed/9rAyprZdo7o

Pada Maret 2017, RM berkolaborasi dengan rapper Amerika bernama Wale dalam lagu berjudul Change yang dirilis sebagai lagu digital bebas unduh bersamaan dengan video klip yang dibuat sekitar dua minggu sebelum perilisan lagunya. Dua musisi ini pertama kali dekat karena interaksi Wale dengan RM di Twitter setelah Wale melihat RM meng-cover lagunya yang berjudul Illest Bit*h.

Lagu ini mengandung pesan sosial karena meskipun terlihat sangat berbeda, RM menyatakan kesamaan antara dirinya dengan Wale terletak pada kenyataan bahwa Amerika dan Korea memiliki situasi politik dan sosial masing-masing dan keduanya ingin dunia berubah menjadi lebih baik.

5. Fall Out Boy

https://www.youtube.com/embed/X7rzi4T9YSY

RM berkolaborasi dengan Fall Out Boy untuk versi remix dari lagu Fall Out Boy berjudul Champion pada Desember 2017. Lagu ini menempati posisi nomor 18 dalam daftar Bubbling Under Hot 100 Singles di situs Billboard. Karena lagu ini juga RM berhasil meraih posisi 46 dalam daftar Emerging Artists Chart untuk pekan 8 Januari 2018.

Pada 27 Desember 2017, RM mencetak sejarah sebagai artis KPop pertama yang bertengger di deretan Lagu Rock Digital, menduduki posisi nomor 2 di daftar tersebut.

6. Honne dan BEKA

https://www.youtube.com/embed/N5Y1ZSLNLjM

Honne pertama kali menemukan RM setelah melihat RM merekomendasikan musik mereka di Twitter dan akhirnya bertemu di Seoul. Interaksi ini membuat duo Honne ingin berkolaborasi dengan RM.

Pada 25 Maret 2019, Honne mengumumkan kolaborasi mereka dengan RM dalam versi remake lagu mereka berjudul Crying Over You. Lagu ini sebelumnya sudah pernah dirilis pada tahun 2018. Dalam wawancaranya bersama Billboard, Honne menyatakan bahwa mereka selalu membayangkan bahwa lagu tersebut memiliki bagian rap dan sangat senang saat RM bersedia untuk menuliskan lirik untuk rapnya dan sekaligus menyanyikannya.

7. Lil Nas X

https://www.youtube.com/embed/jzlkfIWu70w

Di akhir Juli 2019, RM berkolaborasi dengan Lil Nas X dalam remix resmi keempat dari lagu Old Town Road yang judulnya kemudian diubah menjadi Seoul Town Road. Dengan menggaet RM, Lil Nas X mengganti sampul artwork dengan menampilkan kuda berwarna ungu sebagai perwakilan BTS dan ikatan mereka dengan para fans yaitu ARMY.

Dalam lagu ini, RM menambahkan referensi Korea Selatan, dengan mengubah kata 'homie' menjadi 'homi' yang merupakan alat dalam berkebun di Korea yang semakin menunjukkan kejeniusan RM dalam menulis lirik.

Itulah beberapa musisi barat yang pernah berkolaborasi dengan RM. Kalian pengennya RM kolaborasi bareng siapa lagi, nih?

Baca Juga: 12 Potret Hangat RM BTS Saat Bersama Maknae Line BTS, Hyung Panutan!

Habibah Abdaliah Photo Verified Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya