Comscore Tracker

8 Rapper Solo Korea yang Gak Kalah Menawan dari Anggota Girlband

Kenalan, yuk~

Seorang rapper umumnya kebanyakan laki-laki. Namun, rapper perempuan di zaman sekarang bukanlah merupakan hal yang baru dan asing lagi. Sederet rapper perempuan sudah berseliweran di dunia hiburan Hollywood seperti Nicki Minaj, Cardi B dan kawan-kawan. Selain Hollywood, Korea Selatan juga punya sederet rapper perempuannya yang berkarir secara solo. Ingin tahu siapa saja? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Jvcki Wai

8 Rapper Solo Korea yang Gak Kalah Menawan dari Anggota Girlbandblog.naver.com

Jvcki Wai adalah salah satu rapper solo di Korea Selatan yang lahir pada 5 Juli 1996 dengan nama asli Hong Ye Eun. Penyanyi ini telah merilis album berdurasi panjang berjudul "Enchanted Propaganda" pada tahun 2018 dan merilis dua EP yaitu "Exposure" pada 2016 dan "Neo Eve" pada 2017.

Album "Enchanted Propaganda" Jvcki Wai berhasil masuk ke dalam nominasi "Hip Hop Track of the Year" dalam ajang penghargaan Korean Hip-hop Awards.

2. Kisum

8 Rapper Solo Korea yang Gak Kalah Menawan dari Anggota Girlbandomonatheydidnt.livejournal.com

Kisum lahir pada 20 Januari 1994 dengan nama Jo Hye Ryung. Pada tahun 2015, Kisum berkompetisi di musim pertama acara Unpretty Rapstar. Sebelumnya Kisum juga pernah ikut berkompetisi di musim ketiga Show Me the Money.

Kisum telah merilis 3 EP, yaitu berjudul "Like It" pada tahun 2014, "Musik" pada tahun 2016, dan "The Sun, The Moon" pada tahun 2017. Pada tahun 2015 Kisum berkesempatan melakukan kolaborasi bersama Bora "Sistar" dan Hwasa "Mamamoo" dan pada tahun 2017 bersama Yerin "GFriend", Hyolyn "Sistar" dan Heize.

3. KittiB

8 Rapper Solo Korea yang Gak Kalah Menawan dari Anggota Girlbandlast.fm

KittiB lahir pada 27 Juli 1990 dengan nama asli Kim Bo Mi. Penyanyi ini tergabung dalam Brand New Music dan merupakan juara 2 di acara kompetisi musik Unpretty Rapstar musim ke-2.

KittiB debut pada tahun 2012 dengan single berjudul "I'm Her" dengan berkolaborasi bersama penyanyi R&B Korea Selatan yaitu Zion.T. Lalu pada tahun 2015 dia muncul di Unpretty Rapstar dan berhasil menduduki posisi kedua.

4. Lexy

8 Rapper Solo Korea yang Gak Kalah Menawan dari Anggota Girlbandblog.kpopchart.net

Lexy yang lahir dengan nama Hwang Hyo Sook pada 3 Mei 1977 ini merupakan rapper solo di Korea Selatan dan tergabung ke dalam agensi besar yaitu YG Entertainment. Lexy merupakan rapper solo perempuan pertama yang debut di bawah YG, meskipun tiga tahun kemudian yaitu tahun 2006 Lexy memutuskan tidak memperpanjang kontraknya dengan YG.

Album debut Lexy berjudul "Lexury" yang rilis pada 2003 lalu diterima dengan baik dan menjadi saingan untuk Lee Hyori pada saat itu. Namun album kedua dan ketiganya yaitu "Lextacy" yang rilis pada 2005 dan "Rush" yang rilis pada 2007 tidak mencapai kesuksesan saat perilisannya seperti album debutnya. Pada tahun 2008 Lexy merilis album "The Lexy" yang terdiri dari jenis musik berbeda termasuk hip hop elektronik, balada, dan jazz.

Lexy berhasil masuk ke dalam nominasi "Best New Female Artist", "Best Female Artist", dan "Best House & Electronic" yang semuanya di ajang penghargaan Mnet Asian Music.

Baca Juga: Super Keren, 8 Boy Group KPop ini Miliki Rapper Line yang Mengagumkan!

5. Giant Pink

8 Rapper Solo Korea yang Gak Kalah Menawan dari Anggota Girlbandpost.naver.com

Giant Pink lahir pada 23 April 1991 dengan nama Park Yun Ha. Rapper solo ini merupakan juara dari acara kompetisi hip hop Unpretty Rapstar musim ketiga. Giant Pink tergabung ke dalam label hip hop AIKM (All I Know Music) di bawah Mystic Entertainment.

Giant Pink tercatat pernah melakukan kolaborasi bersama Miryo "Brown Eyed Girls", Duckbae, Dok2, MyunDo, Boi B, Sanchez "Phantom", Bray, dan Niel "Teen Top".

6. Sleeq

8 Rapper Solo Korea yang Gak Kalah Menawan dari Anggota Girlbandhiphople.com

Kim Ryeong Hwa atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Sleeq ini lahir pada tanggal 4 Juli 1991 dan merupakan seorang rapper solo Korea Selatan. Sleeq tergabung dalam label rekaman Daze Alive pada tahun 2013 dan telah merilis dua album yaitu "Colossus" pada tahun 2016 dan "Life Minus F is Lie" pada tahun 2018.

Album debutnya yaitu "Colossus" berhasil memenangkan nominasi "Underrated Album of the Year" dalam ajang penghargaan Korean Hip Hop Awards pada tahun 2017.

7. Tymee

8 Rapper Solo Korea yang Gak Kalah Menawan dari Anggota Girlbanddlbrides.com

Lee Ok Joo atau yang lebih dikenal sebagai Tymee ini lahir pada 6 Desember 1985. Sebelum Tymee, nama panggung dari rapper ini adalah E.via dan Napper. Selain bernyanyi, Tymee juga mampu menulis lagu dan juga seorang pianis. Tymee dikenal sebagai rapper wanita tercepat di Korea.

EP pertamanya "E.via a.k.a. Happy Evil" dirilis pada 18 Mei 2009 yang berisi kolaborasinya dengan penyanyi Sori yang membuatnya mendapatkan perhatian media dan popularitas. Namun kontroversi datang saat lagunya berjudul "Oppa! Na Haedodwae?" dilarang untuk ditampilkan di acara Music Bank karena liriknya yang mengandung konten dewasa.

Tymee, yang saat itu menggunakan nama E.via kemudian dilarang menampilkan lagu-lagunya di program musik karena lirik-liriknya yang provokatif. Namun meskipun ada pelarangan tersebut, lagu "Oppa! Na Haedodwae" mendapatkan respon yang baik dari situs-situs online.

8. Yook Ji Dam

8 Rapper Solo Korea yang Gak Kalah Menawan dari Anggota Girlbandaminoapps.com

Yook Ji Dam lahir pada 10 Maret 1997. Rapper 21 tahun ini berasal dari Daegu dan mendapatkan popularitasnya karena ikut berpartisipasi pada kompetisi hip hop yaitu "Show Me the Money" dan "Unpretty Rapstar".

Saat masa sekolahnya, Yook Ji Dam mengaku bahwa ia merupakan korban pembulian karena kulitnya yang gelap. Yook Ji Dam kemudian mendapatkan kepercayaan dirinya dari lagu Yoon Mi Rae berjudul "Black Happiness" yang bercerita tentang hidup di tengah perbedaan, yaitu tumbuh sebagai keturunan kulit hitam di negara Asia. Hal ini kemudian menuntunnya ke musik hip hop.

Yook Ji Dam sempat menghebohkan dunia hiburan Korea Selatan karena dirinya mengaku pernah berpacaran dengan Kang Daniel yang merupakan anggota 'Wanna One' pada saat sekolah.

Itulah delapan rapper solo perempuan di Korea Selatan, gak kalah menawan dengan anggota girlband, kan?

Baca Juga: 7 Fakta Kang Young Hyun DAY6, Rapper Serba Bisa Kesayangan MyDay

Habibah Abdaliah Photo Community Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You