Comscore Tracker

Berkarier Hampir 17 Tahun, Ini Sosok Kim Jaejoong yang Menginspirasi

Kim Jaejoong bukti jika hasil tak akan mengkhianati usaha

Kim Jaejoong bukanlah nama yang asing di telinga penggemar KPop. Terutama bagi mereka yang sudah menyukai musik asal Korea Selatan ini sejak tahun 2000-an. Kim Jaejoong pernah menggelar fan meeting di Indonesia pada tahun 2012. Dan rencananya ia akan kembali menyapa penggemar di Indonesia dalam konser bertajuk “2020 KIM JAEJOONG ASIA TOUR Concert in Jakarta”.

Hampir 17 tahun berkarya, ini beberapa fakta soal Kim Jaejoong yang buat penggemar semakin cinta.

1. Memulai karier dengan debut bersama TVXQ

Berkarier Hampir 17 Tahun, Ini Sosok Kim Jaejoong yang Menginspirasiforum.soompi.com

Kim Jaejoong memulai karier di bawah naungan SM Entertainment. Ia pertama kali debut tahun 2003 lewat TVXQ bersama U-Know Yunho, Xia Junsu, Micky Yoochun, dan Max Changmin. Dulu Jaejoong dikenal dengan nama Hero Jaejoong.

Melihat kemampuan vokal mereka yang luar biasa, Jaejoong dan kawan-kawan awalnya dijadwalkan untuk debut sebagai solois. Namun, SM Entertainment berubah pikiran dan menggabungkan kelimanya dalam satu boygroup.

Berkat bakat kelima anggotanya, TVXQ melejit dan jadi salah satu grup legendaris di Korea Selatan. Mereka berlima berhasil membuka jalan bagi idola lainnya untuk menembus pasar musik Jepang.

2. Terlibat kontroversi soal kontrak hingga membentuk JYJ

Berkarier Hampir 17 Tahun, Ini Sosok Kim Jaejoong yang Menginspirasifacebook.com/CJESJYJ

Di tahun 2009, tiga anggota TVXQ mengajukan gugatan pemutusan kontrak kepada SM Entertainment. Ketiganya adalah Xia Junsu, Micky Yoochun, dan Kim Jaejoong. Mereka merasa kontrak kerja yang dibuat SM Entertainment tidak sesuai dengan yang seharusnya dan merupakan kontrak budak.

Hal ini menjadi kontroversi yang cukup menggetarkan di Korea Selatan. Pasalnya kontroversi ini terjadi di saat TVXQ sedang berada di puncak kesuksesan. Mereka berlima telah mengukir banyak prestasi yang mengharumkan negeri ginseng. Hal ini pun membuat Cassieopeia (penggemar TVXQ) terpecah. Kontroversi ini berlanjut hingga beberapa tahun setelahnya. Di tahun 2012 barulah kedua pihak mencapai kesepakatan.

Meskipun masih terlibat kontroversi, Jaejoong, Junsu, dan Yoochun membentuk boygroup baru pada April 2010. Ketiganya menjawab kerinduan penggemar yang masih mendukung mereka lewat JYJ.

3. Dulu Jaejoong buta nada sampai jadi korban bullying

https://www.youtube.com/embed/EXEmQpdJTds

Jaejoong dikenal sebagai salah satu penyanyi dengan nada tinggi di Korea Selatan. Tapi siapa sangka Jaejoong ternyata dulu buta nada. Bahkan dia pernah di-bully oleh teman-teman sekolahnya karena hal ini. Menjadi penyanyi merupakan cita-citanya sejak kecil. Maka dari itu banyak yang mengejek Jaejoong yang buta nada tapi ingin menjadi penyanyi.

Bukannya sedih dan putus asa, Jaejoong justru semakin bersemangat meraih cita-citanya. Ia terus berlatih dengan giat. Hingga akhirnya ia berhasil lolos menjadi trainee SM Entertainment. Semangat dan perjuangannya ini tentu saja menjadi motivasi bagi banyak orang.

4. Jaejoong melalui waktu yang sulit sejak kecil

Saat ini Jaejoong memang terkenal sebagai salah satu idola yang sangat sukses. Tapi ternyata ia harus melewati jalan yang sangat terjal sedari kecil. Leader JYJ ini terlahir dengan nama Han Jaejun.

Namun, saat ia berusia 4 tahun ibunya menyerah untuk merawatnya. Jaejoong lalu diadopsi oleh keluarga bermarga Kim. Sehingga ia mengubah namanya menjadi Kim Jaejoong. Dia memiliki 8 kakak perempuan dari keluarga yang mengadopsinya.

Saat berusia 15 tahun Jaejoong sudah menjadi trainee SM Entertainment. Karena bukan dari keluarga berkecukupan, Jaejoong harus berjuang agar bisa bertahan hidup sendiri di Seoul. Sambil menjalani masa trainee, dia sering bekerja sambilan. Beberapa pekerjaan seperti menjadi penjaga toko, loper koran, hingga pengantar makanan pernah ia jalani.

5. Bercita-cita punya supermarket

Berkarier Hampir 17 Tahun, Ini Sosok Kim Jaejoong yang Menginspirasijyj3.net

Selain menjadi penyanyi, sejak kecil Jaejoong juga ingin memiliki supermarket. Alasannya sederhana, karena ia ingin bisa makan kue kapan pun ia mau. Tapi siapa sangka keinginannya sekarang terwujud. Jaejoong bahkan saat ini punya mall!

Jaejoong tercatat menjadi CEO KAVE Mall di Shibuya, Tokyo. Mall ini memiliki beberapa cabang di Jepang. Selain itu, Jaejoong juga punya banyak bisnis lainnya. Di antaranya ada apartemen, kafe, dan gedung di Korea Selatan. Jaejoong membuktikan jika berusaha keras, kamu bisa mendapatkan sesuatu yang lebih dari cita-cita yang kamu idamkan.

Baca Juga: Kali Kedua ke Indonesia, Kim Jaejoong Siap Gelar Konser Tur di Jakarta

6. Punya kemampuan akting yang diakui dunia

https://www.youtube.com/embed/qCghkIKrTKE

Tak hanya kemampuan menyanyi dan menarinya yang diakui dunia. Jaejoong juga punya kemampuan akting yang luar biasa. Dia pernah membintangi beberapa drama dan memukau penonton dengan kemampuannya. Dimulai dengan peran sebagai cameo di film 'Taegeukgi', karir berakting Jaejoong semakin melesat. Beberapa drama dan film yang pernah dibintangi antara lain Protect The Boss, Dr. Jin, Jackal is Coming, SPY, dan Manhole.

Ia juga pernah bermain di drama Korea-Jepang berjudul 'Heaven’s Postman' dan 'Sunao ni Narenakute'. Berkat aktingnya Jaejoong berhasil menyabet beberapa penghargaan, salah satunya  14th Nikkan Sports Drama Grand Prix di Jepang.

7. Kembali setelah empat tahun hiatus

Berkarier Hampir 17 Tahun, Ini Sosok Kim Jaejoong yang Menginspirasiallkpop.com

Sempat hiatus selama empat tahun, akhirnya Jaejoong pun kembali berkarya di negeri asalnya. Pada 14 Januari 2020 merilis mini album dan mengejutkan penggemar internasional. Jaejoong memutuskan untuk menggelar konser Asia. Jaejoong akan mengunjungi Bangkok, Jakarta, Kuala Lumpur, Taipei, dan Macau dalam turnya.

Dalam wawancara dengan majalah Daze, Jaejoong mengaku terkejut masih banyak penggemar internasional yang mendukungnya. Hal ini ia rasakan setelah syuting program ‘Travel Buddies’ di Argentina.

Kisah hidup Jaejoong mengajarkan setiap orang tentang arti kerja keras. Tak heran jika banyak penggemar terpukau oleh kemampuannya. Apalagi kalau melihat aksinya di atas panggung.

Baca Juga: Ingin Jadi Ayah, 10 Potret Gemas Jaejoong JYJ Momong Anak-anak

Halimah Tusadiah Photo Writer Halimah Tusadiah

Love K-Pop, travelling and food

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya