Comscore Tracker

5 Konsep MV KPop Ini Terinspirasi dari Mitologi Yunani, Artistik!

Mereka mengusung konsep estetika dengan makna mendalam

Mitologi Yunani memang penuh dengan elemen yang dramatis, heroik, dan romantis dibarengi dengan konsep sakral persembahan pada dewa-dewi. Hal ini gak jarang menginspirasi banyak seniman karena kisah-kisah dalam mitologi Yunani mampu menggambarkan berbagai emosi di saat yang bersamaan.

Mitologi Yunani ternyata juga mempengaruhi perkembangan di ranah KPop lho. Belakangan ini banyak artis KPop yang meminjam ide, me-reinterptretasi, dan terinspirasi dari berbagai kisah mitologi Yunani. Ide tersebut seringkali dibungkus dengan lirik yang penuh makna serta video klip yang apik.

Hasilnya konsep etestika yang diperlihatkan tak hanya indah namun juga mampu menampilkan visual nyata dari kisah yang menginspirasi mereka. Nah, di bawah ini ada 5 konsep KPop yang terinspirasi dari mitologi Yunani. Simak daftarnya ya!

1. VIXX - Album 2016 VIXX Conception Ker

5 Konsep MV KPop Ini Terinspirasi dari Mitologi Yunani, Artistik!aminoapps.com

Album yang bertajuk “VIXX 2016 Conception Ker” ini merupakan album kompilasi yang menggabungkan 2 album single (Zelos dan Hades) serta satu mini album (Kratos) yang dirilis grup idola VIXX pada November 2016. Album trilogi yang tergabung tersebut merepresentasikan konsep berbeda sesuai dengan nama yang terinspirasi dari dewa dalam mitologi Yunani.

Zelos adalah dewa yang berkuasa atas rasa iri, cemburu dan persaingan. Oleh VIXX, konsep tersebut mereka reinterpretasikan melalui lagu “Dynamite”. Sementara Hades adalah dewa yang menguasai neraka atau underworld dan lagu “Fantasy” menggambarkan emosi gelap yang sempurna dari interpretasi kisah Hades.

Sementara Kratos merupakan dewa atas kekuasaan dan perintah. Dalam lagu “The Closer” kamu bisa rasakan melodi yang agak keras serta lirik yang autoritatif. Penggambaran VIXX akan kisah mitologi tersebut gak selesai dalam lagu dan lirik, video klip yang mereka tampilkan pun dibuat sangat mirip dengan konsep yang mereka usung.

2. BTS - Blood, Sweat & Tears

5 Konsep MV KPop Ini Terinspirasi dari Mitologi Yunani, Artistik!moonrok.com

BTS dikenal sebagai grup yang tiap lagu serta video klipnya memiliki “teori” tersembunyi. Salah satunya adalah lagu “Blood, Sweat & Tears” yang punya banyak lapisan kisah dalam video klipnya. Tetapi kita harus sepakat kalau ada elemen mitologi Yunani yang terdapat dalam lagu ini. Mitologi tersebut adalah kisah Icarus.

Icarus merupakan anak dari Daedalus, seorang pengrajin mahsyur dalam mitologi Yunani. Dalam kisahnya, Daedalus membuat sayap buatan dari bulu burung dan lilin agar ia dan Icarus dapat kabur dari penjara yang mengurungnya bersama Minotaurus. Daedalus memperingati Icarus agar tidak terbang terlalu tinggi mendekati matahari atau terlalu rendah mendekati laut.

Namun Icarus yang sudah lama tak melihat dunia luar lupa akan titah Daedalus hingga ia terbang tinggi dan sayap buatan Daedalus meleleh, membuat Icarus jatuh dan tenggelam di laut. Nah, di dalam video klip “Blood Sweat & Tears” kita bisa lihat kalau V menjadi representasi Icarus.

Ia terlihat melayang di satu ruangan, di mana ada satu lukisan karya Pieter Bruegel berjudul “The Lament for Icarus”.

Atau sebuah patung raksasa dengan sayap berwarna hitam yang dihampiri oleh Jin. Kita juga bisa lihat ketika V terjun bebas dari balkon, merepresentasikan ketika Icarus jatuh karena ia terbang mendekati matahari.

Bagian yang paling mengejutkan bagi fans tentu saja ketika kamera menyoroti punggung V di mana terlihat bekas luka di kedua sisi yang tentu saja merupakan gambaran dari kisah pilu Icarus.

Baca Juga: Keren! Ini 5 MV KPop dengan Plot Twist Paling Memorable

3. SHINee - Dangerous (Medusa II)

5 Konsep MV KPop Ini Terinspirasi dari Mitologi Yunani, Artistik!classicshineeworld.wordpress.com

Dalam album “The Misconception of Me” yang rilis tahun 2013, SHINee menyebut salah satu tokoh mitologi Yunani yakni Medusa di dua lagu. Yang pertama melalui lagu “Shine (Medusa I)” dan kedua lewat lagu “Dangerous (Medusa II)”.

Medusa, dalam kisah mitologi, digambarkan sebagai wanita cantik dengan kepala yang dipenuhi ular. Lewat lagu “Dangerous (Medusa II)” SHINee menceritakan seseorang yang tertarik dan jatuh cinta pada keatraktifan seorang wanita, tidak peduli seberapa berbahayanya wanita tersebut padanya.

4. SF9 - Enough

5 Konsep MV KPop Ini Terinspirasi dari Mitologi Yunani, Artistik!whatthekpop.com

Pada 20 Februari kemarin SF9 melakukan comeback dengan merilis mini album bertajuk “Narcissus”, dengan tittle track berjudul “Enough”. Tentu kamu bisa menebak kisah mitologi Yunani yang mana, yang menginspirasi pembuatan mini album ini. Yep, tentu saja mengenai kisah Narcissus.

Dalam mitologi Yunani, Narcissus diceritakan sebagai pria muda yang luar biasa tampan namun arogansinya membuat Narcissus menolak semua wanita yang jatuh cinta padanya. Mengatakan bahwa tidak ada yang mampu sampai pada level yang diinginkan Narcissus. Ia juga menolak seorang peri air (nymph) bernama Echo.

Sebagai hukuman, suatu hari Narcissus mengunjungi sebuah kolam dimana ia jatuh cinta pada bayangan dirinya di air tersebut. Narcissus yang terlalu larut mengagumi diri menolak untuk pulang dan bertahan di kolam tersebut, dan terus bercermin hingga akhir hidupnya.

Di video klip “Enough” kita bisa melihat anggota SF9 yang memandangi diri mereka di cermin. Tetapi mereka memberikan pesan positif nih, agar tidak seperti Narcissus. Lagu “Enough” sejatinya adalah untuk meningkatkan rasa self-love yang wajar. Bahwa merupakan hal yang baik ketika kamu mencintai dirimu yang apa adanya, seluruh kelebihan dan kekurangan kamu, dan tidak terobsesi.

5. Sunmi - Siren

5 Konsep MV KPop Ini Terinspirasi dari Mitologi Yunani, Artistik!twitter.com/leesunmiworld

Sunmi sempat mengukuhkan diri sebagai idol KPop yang mampu mencetak all-killdi enam chart musik secara berturut-turut lewat lagu “Siren” di tahun 2018. Siapa sangka kalau lagu ini ternyata juga terinspirasi dari legenda Yunani yang memiliki nama serupa? Siren adalah entitas berbadan setengah wanita yang menghuni bebatuan di perairan yang deras arusnya.

Siren akan mengeluarkan suara merdu yang mampu mendorong banyak pelaut kehilangan arah dan akhirnya kapal mereka karam. Siren juga dikisahkan memiliki wajah yang cantik dan penuh pesona. Hal ini tergambar pula di dalam video klip “Siren” milik Sunmi, nih.

Dalam video klip tersebut, Sunmi terlihat seperti berada di bawah air dengan outfit gemerlap ala mermaid. Selain itu lirik yang ia nyanyikan juga menunjukkan betapa berbahaya dirinya dan diinterpretasikan sebagai Siren.

Nah, itu dia 5 konsep KPop yang terinspirasi dari mitologi Yunani. Kira-kira yang mana nih favorit kamu?

Baca Juga: Keren Banget, 7 MV KPop Ini Bikin Kamu Pengen Liburan ke Seoul!

Mob Photo Verified Writer Mob

Hmm- Let me think...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You