Comscore Tracker

Sudah Tayang 11 Tahun, 7 Fakta Running Man yang Wajib Kamu Tahu!

Kamu termasuk penonton setia gak? #WaktunyaKorea

Running Man adalah variety show asal Korea Selatan yang mendunia. Pertama kali mengudara pada 11 Juli 2010 silam. Popularitas Running Man masih terasa bahkan setelah 11 tahun tayang. Konsep segar serta menghibur yang dihadirkan setiap minggu menjadi salah satu alasan progam ini digemari.

Telah tayang 11 tahun, berikut ini tujuh fakta Running Man yang perlu kamu tahu. Penasaran? Simak sampai akhir, ya!

1. Program Running Man hampir berakhir setelah episode 50 

Sudah Tayang 11 Tahun, 7 Fakta Running Man yang Wajib Kamu Tahu!Running Man (instagram.com/sbs_runningman_sbs)

Pada episode 562, Yoo Jae Suk mengungkap fakta mengejutkan. Yoo Jae Suk menceritakan titik balik program Running Man. Acara tersebut akan diberhentikan setelah episode 50 dimana mereka mengunjungi Thailand.

Pada saat itu kru produksi mendapatkan sponsor dan syuting di Thailand. Namun jika tidak mendapatkan hasil yang bagus, Running Man akan dihentikan. Bagaikan keajaiban, anggota Running Man disambut meriah oleh penggemar di Thailand. Banyak peggemar yang datang ke bandara untuk melihat anggota favoritnya.

Kru produksi dan anggota Running Man sangat terkejut mengetahui bahwa acara mereka begitu populer di luar Korea Selatan. Berkat cinta yang diberikan penggemar, Running Man dapat terus berlanjut menghibur penonton setianya. Bahkan kini Running Man telah tayang selama 11 tahun.

2. Kehilangan empat anggota reguler 

Sudah Tayang 11 Tahun, 7 Fakta Running Man yang Wajib Kamu Tahu!Running Man (instagram.com/sbs_runningman_sbs)

Yoo Jae Suk, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Haha, Lee Kwang Soo, Song Joong Ki, dan Kang Gary menjadi anggota resmi Running Man sejak tayang pertama kali. Kemudian Song Ji Hyo bergabung menjadi anggota reguler pada episode ke-7. Running Man kembali menambah anggota yakni Lizzy After School. Sayangnya, Lizzy tidak bertahan lama. Ia menjadi anggota tehitung sejak episode 18 hingga episode 26.

Ingin lebih fokus berakting, Song Joong Ki menyusul Lizzy keluar dari Running Man. Episode 41 menjadi episode terakhir dari Song Joong Ki. Di tahun 2017, Running Man kembali kehilangan anggotanya. Kini giliran Gary yang memutuskan keluar dari acara setelah tujuh tahun bersama.

Paling terbaru ada Lee Kwang Soo yang memutuskan untuk mundur dari Running Man karena alasan kesehatan. Penggemar sangat menyayangkan keputusan pria yang dijuluki jerapah itu. Kenangan selama 11 tahun bersama Lee Kwang Soo sulit untuk dilupakan.  

3. Beberapa kali berganti produser utama 

Sudah Tayang 11 Tahun, 7 Fakta Running Man yang Wajib Kamu Tahu!PD Running Man, Yoo Jae Suk, dan Kim Jong Kook (instagram.com/spartacekingdom)

Running Man mengalami beberapa kali pergantian produser utama (main PD). Acara ini pertama kali dibuat oleh produser Jo Hyo Jin, Kim Joo Hyung, dan Im Hyung Taek. Sayangnya, di tahun 2014 Jo Hyun Jin mengundurkan diri dari Running Man. Sebelum Jo PD, Kim Joo Hyung yang lebih dikenal sebagai Myuk PD telah lebih dahulu meninggalkan Running Man.

Pada tahun 2016, Im Hyung Taek juga mengumumkan pengunduran dirinya dari Running Man. Produser utama kemudian dipegang oleh Jung Chul Min hingga Lee Hwan Jin. Setelah bersama selama 10 tahun tepatnya pada tahun 2020, Jung Chul Min memutuskan untuk mundur dari Running Man. Kini posisi produser utama diisi oleh Choi Bo Pil terhitung sejak tahun 2020.

Baca Juga: 6 Episode Knowing Brothers yang Dibintangi Anggota Running Man

4. Kontroversi Song Ji Hyo dan Kim Jong Kook dikeluarkan dari Running Man

Sudah Tayang 11 Tahun, 7 Fakta Running Man yang Wajib Kamu Tahu!Song Ji Hyo dan Kim Jong Kook (instagram.com/sbs_runningman_sbs)

Kabar mengejutkan datang dari Running Man pada akhir tahun 2016. Dua anggotanya, yakni Song Ji Hyo dan Kim Jong Kook diberitakan keluar dari Running Man. Kabar tersebut pun sontak membuat para penggemar terkejut dan kesal.

Kekesalan penggemar semakin besar lantaran kabar bahwa keputusan keluar bukan berasal dari mereka, melainkan keputusan pihak SBS selaku televisi yang menyiarkan. Namun kabar tersebut segera dibantah.

Pihak produksi telah meminta maaf atas kontroversi yang terjadi. Song Ji Hyo dan Kim Jong Kook tetap melanjutkan aktivitas sebagai anggota regular Running Man.  

5. Menambah dua anggota baru yakni Yang Se Chan dan Jeon So Min

Sudah Tayang 11 Tahun, 7 Fakta Running Man yang Wajib Kamu Tahu!Yang Se Chan dan Jeon So Min (instagram.com/sbs_runningman_sbs)

Pasca Gary keluar pada tahun 2017, Running Man melanjutkan acara dengan enam anggota. Namun, pihak produksi memutuskan untuk menambah anggota baru agar memberikan suasana yang lebih segar. Yang Se Chan dan Jeon So Min dipilih menjadi anggota reguler dan resmi bergabung sejak episode 346.

Kehadiran dua anggota baru ini menggantikan posisi Lee Kwang Soo sebagai anggota termuda. Keduanya sukses memberi angin segar untuk Running Man yang sebelumnya berada dalam kondisi sulit.

Meskipun awalnya banyak penggemar yang tidak setuju, kerja keras So Min dan Se Chan untuk selalu menghibur penonton tidak pernah surut. Kini keduanya telah menjadi bagian dari keluarga Running Man.

6. Telah mengadakan fan meeting sejak tahun 2013

Sudah Tayang 11 Tahun, 7 Fakta Running Man yang Wajib Kamu Tahu!Running Man (instagram.com/sbs_runningman_sbs)

Kepopuleran Running Man telah mendunia. Banyak penggemar internasional yang berasal dari berbagai Negara. Dengan fakta tersebut, sejak tahun 2013 Running Man rutin mengadakan fan meeting (jumpa penggemar) di berbagai negara terutama di Asia. Running Man juga pernah mampir ke Indonesia, lho. Yoo Jae Suk cs mengadakan fan meeting di Istora Senayan pada tahun 2014 dan 2019.

Kabar baik, Running Man kembali akan mengadakan fan meeting yang digelar secara online pada bulan September mendatang. Ini merupakan fan meeting pertama mereka sejak adanya pandemi COVID-19.

7. Jadi variety show terlama tayang di Korea Selatan mengalahkan Infinite Challenge

Sudah Tayang 11 Tahun, 7 Fakta Running Man yang Wajib Kamu Tahu!Running Man (instagram.com/sbs_runningman_sbs)

Running Man berhasil meraih prestasi membanggakan dengan menjadi variety show Korea Selatan paling lama tayang. Di hari jadi yang ke-11, Running Man telah menayangkan total 563 episode. Jumlah ini akan terus bertambah.

Sementara itu, Infinite Challenge adalah program yang memegang gelar sebagai variety show paling lama tayang sebelum Running Man. Program ini telah berakhir pada episode ke-563 pada tahun 2018 lalu.  

Perjalanan Running Man hingga saat ini tidaklah mudah. Namun, semangat kru produksi dan anggota Running Man untuk terus menghibur penggemar tidak pernah surut. Kehadiran penggemar menjadi suntikan penyemangat bagi mereka. Sukses terus Running Man!

Baca Juga: Tak Melulu Kocak, Ini 10 Episode Running Man yang Paling Sedih 

Hanipa Kurniawati Photo Verified Writer Hanipa Kurniawati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya