Comscore Tracker

5 KDrama yang Pernah Menang Daesang di Baeksang Arts Awards, Mantul!

KDrama favoritmu pernah menang Daesang gak? #WaktunyaKorea

Ajang penghargaan terhadap karya perfilman maupun pertelevisian yang bergengsi di Korea Selatan salah satunya adalah Baeksang Arts Awards yang dilakukan setiap tahun dan sudah terlaksana sebanyak 57 kali. Di ajang ini, karya film di bioskop maupun program televisi yang pernah tayang setahun terakhir dipilih dan dipilah untuk masuk nominasi.

Penghargaan yang paling bergengsi bernama Daesang. Jika sebuah film, program televisi, atau orang yang berperan penting di dalam proyek tersebut memenangkan penghargaan ini, semakin memperkuat bukti bahwa kualitas mereka memang tidak main-main.

Berikut ini ada lima KDrama yang pernah memenangkan penghargaan Daesang di ajang Baeksang Arts Awards. Penasaran apa aja? Simak, yuk!

1. When the Camellia Blooms (2019)

5 KDrama yang Pernah Menang Daesang di Baeksang Arts Awards, Mantul!drama When the Camellia Blooms (dok. KBS2 via hancinema.net)

Kategori penghargaan Daesang di Baeksang Arts Awards ke-56 didapatkan oleh KDrama When the Camellia Blooms. Dibintangi oleh aktris Gong Hyo Jin dan aktor Kang Ha Neul sebagai pemeran utamanya. Bercerita tentang seorang single mother bernama Oh Dong Baek yang diperankan oleh Gong Hyo Jin yang pindah ke sebuah kota bernama Ongsan dan membuka bar miliknya sendiri.

Ia bertemu dengan Hwang Yong Sik, karakter yang dimainkan oleh Kang Ha Neul yang menyatakan bahwa ia mencintai Dong Baek. Pada awalnya, Dong Baek tidak menghiraukan hal tersebut, tapi lama-kelamaan Dong Baek merasa bahwa Yong Sik serius mencintainya dan akhirnya malah jatuh cinta kepada Yong Sik.

Apalagi, Yong Sik yang seorang polisi ini selalu berjanji akan melindungi Dong Baek dan sang buah hati dari segala macam bahaya.

2. The Light in Your Eyes (2018)

5 KDrama yang Pernah Menang Daesang di Baeksang Arts Awards, Mantul!drama The Light in Your Eyes (dok. JTBC via hancinema.net)

Salah satu aktris pemerannya, yaitu Kim Hye Ja mendapatkan penghargaan Daesang di Baeksang Arts Awards ke-55 sebagai perwakilan dari KDrama The Light in Your Eyes. Aktris senior yang sudah berhasil menyabet 4 kali penghargaan Daesang ini memerankan karakter yang mempunyai nama yang sama dengan dirinya, yaitu Kim Hye Ja.

Karakter Kim Hye Ja menggunakan sebuah alat yang dapat memutar balik waktu untuk mencegah sang ayah dari kematian. Namun, setiap kali Kim Hye Ja menggunakan alat tersebut, umurnya akan semakin bertambah. KDrama ini juga diperankan oleh aktris Han Ji Min dan aktor Nam Joo Hyuk sebagai jajaran pemain utamanya.

Baca Juga: 12 Peraih Baeksang Arts Awards 2021, Beyond Evil Borong 3 Piala

3. Stranger (2017)

5 KDrama yang Pernah Menang Daesang di Baeksang Arts Awards, Mantul!drama Stranger (dok. TvN via dramamilk.com)

KDrama yang diperankan oleh aktris Bae Doona dan aktor Cho Seung Woo ini berhasil menyabet penghargaan Daesang di Baeksang Arts Awards ke-54. Di dalam KDrama, karakter yang diperankan oleh Bae Doona bernama Han Yeo Jin, sedangkan Cho Seung Woo bernama Hwang Si Mok.

Menceritakan tentang bagaimana kerja sama yang dilakukan oleh seorang jaksa bernama Hwang Si Mok dan seorang letnan kepolisian bernama Han Yeo Jin dalam mengungkap konspirasi besar di balik sebuah kasus pembunuhan yang ternyata merupakan skema yang dilakukan oleh kantor Kejaksaan dan para konglomerat.

4. Goblin: The Lonely and Great God (2016--2017)

5 KDrama yang Pernah Menang Daesang di Baeksang Arts Awards, Mantul!drama Goblin (dok. TvN via hancinema.net)

Kim Eun Sook sebagai penulis naskah mendapatkan penghargaan Daesang dalam Baeksang Arts Awards ke-53. Dalam sejarah penyelenggaraan acara tersebut, Kim Eun Sook merupakan seorang penulis naskah ketiga yang berhasil memperoleh gelar Daesang.

Karya gemilangnya ini menceritakan tentang kisah pertemuan antara seorang goblin yang bernama Kim Shin, karakter yang diperankan oleh aktor Gong Yoo dengan calon pengantinnya yang sudah ia tunggu selama beratus-ratus tahun lamanya yang bernama Ji Eun Tak, karakter yang dimainkan oleh aktris Kim Go Eun.

5. Descendants of the Sun (2016)

5 KDrama yang Pernah Menang Daesang di Baeksang Arts Awards, Mantul!drama Descendants of the Sun (dok. KBS2 via hancinema.net)

Dibintangi oleh dua megabintang Korea Selatan yaitu aktris Song Hye Kyo dan aktor Song Joong Ki, KDrama ini berhasil mendapatkan Daesang di Baeksang Arts Awards ke-52. Selain berhasil menyabet gelar bergengsi tersebut, KDrama ini juga berhasil menjadi salah satu KDrama yang memiliki rating tertinggi sepanjang masa.

Bercerita tentang kisah cinta dua orang yang berbeda profesi bernama Yoo Shi Jin yang diperankan oleh Song Joong Ki dan Kang Mo Yeon, karakter yang diperankan oleh Song Hye Kyo. Shi Jin adalah seorang kapten militer yang punya filosofi bahwa ia harus membunuh untuk melindungi nyawa, sedangkan Mo Yeon punya sumpah dokter yang mengharuskan ia bagaimanapun caranya harus melindungi nyawa.

Nah, itu dia lima KDrama yang pernah menyabet Daesang, gelar paling bergengsi, di ajang Baeksang Arts Awards. Kira-kira, KDrama favorit kalian pernah menang Daesang juga gak?

Baca Juga: 12 Film Terbaik Korea Peraih Baeksang Arts Awards, Legendaris!

Harits Dzulyaddain Photo Verified Writer Harits Dzulyaddain

Seseorang dengan slogan hidup "Life is never flat!"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya