Comscore Tracker

5 KDrama yang Punya Adegan Kontroversial, Jadi Bahan Julid Netizen!

Hayo, siapa yang ikutan julid juga? #WaktunyaKorea

Serial drama asal Korea Selatan atau yang biasa kita sebut KDrama memang punya segudang kejutan bagi para penontonnya. Dimulai dari manisnya chemistry di antara aktor maupun aktris pemerannya, sampai dengan kontroversial yang sempat melanda KDrama yang bersangkutan.

Penyebab kontroversialnya pun bermacam-macam, ada yang disebabkan karena skandal aktor maupun aktris pemerannya saat sedang membintangi KDrama, ada juga yang disebabkan karena adanya adegan-adegan yang dirasa menyinggung suatu pihak. Alhasil, banyak perdebatan di antara para netizen tentang KDrama yang kontroversial tersebut.

Nah, berikut ini ada lima KDrama yang sempat menjadi bahan julid netizen saat sedang tayang. Penasaran apa aja? Langsung aja disimak, yuk!

1. Miss Hammurabi 

5 KDrama yang Punya Adegan Kontroversial, Jadi Bahan Julid Netizen!soompi.com

KDrama yang diperankan oleh aktris Go Ara dan aktor sekaligus idol L Infinite. KDrama ini berfokus menceritakan tentang kehidupan seorang hakim muda yang berada pada umur 20-an bernama Park Cha Oh Reum yang diperankan oleh Go Ara. Ia dikenal sebagai hakim yang punya prinsip "mata untuk mata" dan sangat amat berpegang teguh dengan apa yang ia percayai. Ia punya rekan kerja bernama Im Ba Reum, karakter yang diperankan oleh L Infinite yang juga merupakan hakim.

Namun Im Ba Reum lebih memprioritaskan prinsip-prinsip dan aturan-aturan yang harus diikuti oleh seorang hakim dalam mengurus berbagai kasus. KDrama ini sempat dibicarakan di kalangan netizen khususnya yang muslim, karena ada adegan di awal episode di mana Cha Oh Reum menggunakan pakaian muslimah syar'i setelah melihat adanya sebuah kasus wanita yang mengalami pelecehan seksual akibat pakaian terbuka yang digunakan oleh korban.

Hal ini sempat jadi perbincangan netizen karena ada yang setuju dengan hal tersebut ada juga yang tidak sependapat karena ditakutkan adegan tersebut bisa memunculkan opini publik yang tidak diinginkan.

2. Backstreet Rookie 

5 KDrama yang Punya Adegan Kontroversial, Jadi Bahan Julid Netizen!hancinema.net

Bercerita tentang dua orang yang saling jatuh cinta di tempat kerja yang sama. Tempat kerja tersebut adalah sebuah supermarket yang dimiliki oleh karakter yang diperankan oleh aktor Ji Chang Wook bernama Choi Dae Hyun.

Ia punya karyawan yang bernama Jung Saet Byul, karakter yang diperankan oleh aktris Kim Yoo Jung. KDrama satu ini dikenal sebagai salah satu KDrama yang paling kontroversial. Diadaptasi dari webcomic yang diketahui punya banyak adegan-adegan yang menjurus ke arah seksual.

Meskipun KDrama ini hanya mengadaptasi cerita dari webcomic-nya dan merubah adegan-adegan tersebut menjadi lebih layak tayang, tetapi KDrama ini tetap banyak mendapatkan kritikan saat penayangan.

Salah satu adegan yang banyak dikritik oleh netizen adalah saat ada seorang pria yang berkulit hitam dari Afrika yang masuk ke supermarket, lalu seorang pria Korea yang berpapasan dengannya kaget dan seperti takut melihat pria Afrika tersebut.

Baca Juga: 5 KDrama yang Punya Couple Menggemaskan, Bikin Iri Penontonnya!

3. It's Okay to Not Be Okay 

5 KDrama yang Punya Adegan Kontroversial, Jadi Bahan Julid Netizen!hancinema.net

Aktor Kim Soo Hyun memilih proyek KDrama ini sebagai proyek akting pertamanya setelah selesai menjalankan wajib militer. Ia digandeng sebagai pemeran utama bernama Moon Gang Tae yang punya seorang kakak laki-laki yang menderita autisme. Ia selalu berpindah-pindah pekerjaan karena sang kakak.

Hingga suatu hari, ia direkomendasikan oleh teman lamanya untuk bekerja di sebuah rumah sakit jiwa bernama Rumah Sakit Jiwa Ok. Di sana, ia bertemu dengan seorang karakter utama wanita yang diperankan oleh aktris Seo Ye Ji bernama Ko Moon Young, seorang penulis buku anak-anak terkenal yang ternyata menderita penyakit antisocial personality disorder karena masa lalunya yang kelam.

Ada satu adegan dalam KDrama ini yang mengundang perdebatan di antara para netizen, yaitu saat adegan di mana Moon Gang Tae sedang berganti pakaian di ruang ganti perawat, namun tiba-tiba Ko Moon Young masuk dan langsung meraba perut dari Moon Gang Tae. Alhasil, pro dan kontra pun terjadi akibat adegan tersebut.

4. Joseon Exorcist 

5 KDrama yang Punya Adegan Kontroversial, Jadi Bahan Julid Netizen!hancinema.net

Kasus yang masih hangat datang dari KDrama Joseon Exorcist. KDrama yang menceritakan tentang kisah fiksi di era Joseon, seorang raja pada saat itu yaitu Raja Taejong bersama dengan dua orang putranya, yaitu Pangeran Chungnyung dan Pangeran Yangnyeong berusaha untuk menyelamatkan Joseon dengan cara membasmi setan-setan. KDrama ini diperankan oleh aktor Jang Dong Yoon, Park Sung Hoon, dan Kam Woo Sung.

Semenjak awal episode, KDrama ini sudah memicu amarah dari netizen Korea Selatan karena dianggap menyesatkan sejarah Joseon. Beberapa adegan seperti saat sang raja ketiga Joseon yaitu Taejong membunuh orang-orang tak bersalah, dan ada adegan saat Pangeran Sejong menjamu tamunya di sebuah ruangan dengan menyediakan hidangan dari China. Hingga puncaknya, KDrama ini pun dihentikan dari penayangan secara paksa.

5. Mr. Queen 

5 KDrama yang Punya Adegan Kontroversial, Jadi Bahan Julid Netizen!soompi.com

Unsur time travel yang unik dihadirkan oleh KDrama ini, di mana sang karakter utama yang bernama Jang Bong Hwan tiba-tiba saja masuk ke tubuh seorang ratu era Joseon bernama Ratu Cheorin. Karakter ratu tersebut diperankan oleh aktris Shin Hye Sun. Lawan main dari Shin Hye Sun adalah aktor Kim Jung Hyun yang berperan sebagai karakter Lee Won Beom.

Karakter yang diperankan oleh Kim Jung Hyun adalah seorang raja boneka era Joseon yang diperalat oleh Ratu Sunwon yang merupakan istri dari mendiang ayah Lee Won Beom. KDrama satu ini pun tak luput dari cibiran netizen ketika ada satu adegan kontroversial yang ditampilkan.

Adegan tersebut adalah saat sedang dilakukan sebuah ritual di kuil Jongmyo, orang-orang di era Joseon saat itu malah bersenang-senang sambil bermain permainan dan minum-minum alkohol. Karena adegan tersebut, banyak netizen Korea Selatan yang beranggapan bahwa KDrama ini telah melecehkan sejarah.

Meskipun hanya KDrama, tetap saja beberapa hal yang ingin ditampilkan di sebuah adegan sejatinya perlu ditinjau terlebih dahulu apakah nantinya akan menyinggung suatu pihak atau tidak. Jika tidak dilakukan, hasilnya akan seperti lima KDrama di atas tadi. Dari kelima KDrama tadi, mana adegan yang paling kontroversial menurut kalian?

Baca Juga: Kontroversial, 5 Persamaan KDrama Joseon Exorcist dan Mr. Queen

Harits Dzulyaddain Photo Verified Writer Harits Dzulyaddain

Seseorang dengan slogan hidup "Life is never flat!"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya