Comscore Tracker

Resmi Bubar, Ini 14 Lagu Utama GFRIEND Selama Kariernya

Lagunya bakal bikin kamu ketagihan #WaktunyaKorea

GFRIEND atau Yeoja Chingu dikenal sebagai salah satu girl group populer asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan agensi Source Music. Memulai debutnya pada 15 Januari 2015, girl group ini terdiri dari enam member, yaitu Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji.

Setelah 6 tahun berkarier, baru-baru ini penggemar KPop khususnya Buddy (nama penggemar GFRIEND) dikejutkan dengan berakhirnya kontrak GFRIEND dengan Source Music. Bersamaan dengan itu, para member memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan agensinya tersebut.

Perjalanan karier GFRIEND cukup diperhitungkan di dunia hiburan Korea Selatan. Mengingat GFRIEND memiliki banyak lagu populer yang akhirnya membawa GFRIEND meraih berbagai penghargaan. Mulai dari penghargaan di acara musik mingguan hingga berbagai acara penghargaan yang diselanggarakan setiap tahunnya.

Inilah lagu-lagu utama beserta lagu-lagu b-side yang dirilis GFRIEND di Korea selama perjalanan kariernya. Apakah kamu sudah mendengarkan semua lagunya?

1. "Glass Bead" dalam mini album Season of Glass

https://www.youtube.com/embed/vKMeRMAVaDw

Memulai debutnya pada 15 Januari 2015, GFRIEND merilis 1st Mini Album bertajuk Season of Glass dengan "Glass Bead" sebagai lagu utamanya. Mini album pertamanya ini memuat lima track, yaitu "Intro (Season of Glass)", "Glass Bead", "Neverland", "White", dan "Glass Bead (Instrumental Version)".

GFRIEND mulai mencuri perhatian seiring dengan penampilannya diberbagai acara musik mingguan selama mempromosikan lagu debutnya "Glass Bead". Penampilan dan vokal mereka yang tetap energik dan stabil saat membawakan lagu debutnya, membuat mereka mendapatkan sambutan positif.

2. "Me Gustas Tu" dalam mini album Flower Bud

https://www.youtube.com/embed/YYHyAIFG3iI

Enam bulan setelah debutnya, GFRIEND comeback untuk pertama kalinya pada 23 Juli 2015 dengan merilis 2nd Mini Album yang bertajuk Flower Bud dengan "Me Gustas Tu" sebagai lagu utamanya. Mini album keduanya ini memuat enam track, yaitu "Intro (Flower Bud), "Me Gustas Tu", "Under the Sky", "One", "My Buddy", dan "Me Gustas Tu (Instrumental Version).

Selama masa promosi "Me Gustas Tu", salah satu video penampilan GFRIEND dalam Inje SBS Radio Public Boadcast yang direkam oleh penggemar menarik perhatian publik dan menjadi viral pada September 2015.

Dalam video penampilan tersebut, GFRIEND jatuh berulang kali saat menari diatas panggung yang licin akibat guyuran hujan selama membawakan lagu "Me Gustas Tu". Meskipun terjatuh berulang kali, mereka bangkit kembali dan melanjutkan penampilan hingga akhir dengan profesional dan vokal yang stabil. Termasuk pendatang baru, GFRIEND mendapatkan pujian karena sikap profesional mereka atas kejadian tersebut.

3. "Rough" dalam mini album Snowflake

https://www.youtube.com/embed/r_6q_-d-7Sk

Pada 24 Januari 2016, GFRIEND merilis 3rd Mini Album yang bertajuk Snowflake dengan "Rough" sebagai lagu utamanya. Mini album ketiganya ini memuat tujuh track, yaitu "Intro (Snowflake)", "Rough", "Say My Name", "Luv Star", "Someday", "Trust", dan "Rough (Instrumental)".

Lagu utamanya, "Rough", berhasil membawa GFRIEND meraih kemenangan pertama sekaligus mendapatkan triple crown pertamanya sejak debut di berbagai acara musik, yaitu M!Countdown, Music Bank, Show Champion, dan Inkigayo. Dengan lagu ini, total piala kemenangan yang berhasil diraih GFRIEND selama masa promosi sejak debut sebanyak 15 piala kemenangan dari berbagai acara musik.

4. "Navillera" dalam mini album LOL

https://www.youtube.com/embed/1ZhDsPdvl6c

Setelah sebelumnya merilis tiga mini album, akhirnya pada 10 Juli 2016 GFRIEND merilis 1st Album yang bertajuk LOL. Album pertamanya ini memuat sebanyak 12 track, yaitu "Intro", "Fall in Love", "Navillera", "LOL", "Distance", "Water Flower", "Mermaid", "Sunshine", "Compas", "Click", "Gone with the Wind", dan "Navillera (Instrumental Version)".

Lagu utamanya, "Navillera", terinspirasi dari karya sastra Korea. Kata "Navillera" digunakan sastrawan Korea, Cho Chi Hun, dalam puisinya "The Nun's Dance" untuk mengekspresikan kupu-kupu. Melalui lagu utamanya "Navillera", GFRIEND ingin menutup image anak sekolahan dan terbang seperti layaknya kupu-kupu.

Baca Juga: Dikenal Legend, 16 Episode Weekly Idol yang Menghadirkan GFRIEND

5. "Fingertip" dalam mini album The Awakening

https://www.youtube.com/embed/hRPrpLSo4To

Pada 6 Maret 2017, GFRIEND merilis 4th Mini Album yang bertajuk The Awakening dengan "Fingertip" sebagai lagu utamanya. Mini album keempat ini memuat enam track, yaitu "Hear the Wind Sing". "Fingertip", "Contrail", "Please Save My Earth", "Rain in the Spring Time", dan "Crush".

GFRIEND memutuskan untuk melepaskan konsep bertema anak sekolah dalam comeback "Fingertip". Namun, new concept yang diusung GFRIEND kali ini mendapatkan pro dan kontra di kalangan penikmat musik.

6. "Love Whisper" dalam mini album Parallel

https://www.youtube.com/embed/wctRcg67E_g

GFRIEND sepertinya tidak pernah melewatkan comeback di musim panas. Tepatnya pada 1 Agustus 2017, GFRIEND merilis 5th Mini Album bertajuk Parallel dengan "Love Whisper" sebagai lagu utamanya. Mini Album kelimanya ini memuat setidaknya delapan track, yaitu "Intro (Belief)", "Love Whisper", "Ave Maria", "One-Half", "Life is Party", "Red Umbrella", "Falling Asleep Again", dan "Love Whisper (Instrumental)".

Setelah Music Video "Love Whisper" dirilis, kolam dangkal yang berada di tengah hamparan rumput menjadi sorotan. Set tersebut membutuhkan sebanyak 15 ton air yang dibawa ke lokasi set tersebut.

7. "Summer Rain" dalam repackage album Rainbow

https://www.youtube.com/embed/k7npTim4Xj4

Tidak lama setelah masa promosi "Love Whisper",  pada 13 September 2017 GFRIEND merilis 5th Mini Album Repackage bertajuk Rainbow dengan "Summer Rain" sebagai lagu utamanya. Untuk pertama kalinya, GFRIEND comeback dengan Repackage Album.

Tentunya dalam Repackage Album ini, lagu-lagu yang terdapat pada mini album kelimanya yang bertajuk 'Pararell' kembali dimuat. Namun dalam Repackage Album ini terdapat dua track tambahan, yaitu "Summer Rain" dan "Rainbow", serta "Love Whisper (Instrumental)" yang digantikan oleh track "Summer Rain" (Instrumental Version).

Diwaktu yang sama, pada 13 September 2017 GFRIEND melakukan siaran V Live. Dalam siaran tersebut, GFRIEND mengungkapkan jika "Summer Rain" merupakan lagu yang cocok didengarkan saat musim gugur karena lagu tersebut tentang mengenang memori indah di musim panas.

8. "Time for the Moon Night" dalam mini album Time for the Moon Night

https://www.youtube.com/embed/Oyf5o1zWMd0

Pada 30 April 2018, GFRIEND merilis 6th Mini Album bertajuk Time for the Moon Night dengan judul yang sama dengan albumnya, lagu utamanya bertajuk "Time for the Moon Night". Mini album keenamnya ini memuat delapan track, yaitu "Intro (Daytime)", "Time for the Moon Night", "Love Bug", "Flower Garden", "Tik Tik", "Bye", "You are My Star", dan "Time for the Moon Night (Instrumental Version)".

Berbeda dengan lagu-lagu utama yang dirilis sebelumnya, GFRIEND pada comeback kali ini menyuguhkan gaya musik yang berbeda. Bahkan, member GFRIEND menunjukkan kemampuan akting mereka dalam Music Video "Time for the Moon Night".

9. "Sunny Summer" dalam mini album Sunny Summer

https://www.youtube.com/embed/M9P90QTo_uE

Pada 19 Juli 2018, GFRIEND merilis Summer Mini Album bertajuk Sunny Summer dengan judul yang sama dengan albumnya, lagu utamanya bertajuk "Sunny Summer". Mini album ini memuat lima track, yaitu "Sunny Summer", "Vacation", "Sweety", "Windy Windy" dan "Love in the Air".

Menariknya, dalam lirik lagu "Sunny Summer" terdapat permainan kata yang menggabungkan masing-masing nama para member GFRIEND, seperti yang terlihat dibawah ini dalam beberapa kutipan lirik lagu "Sunny Summer" yang dinyanyikan oleh masing-masing member GFRIEND.

[Yerin] - chachachachagawo Yerineun oerowo

[SinB] - soljikhi malhae neoreul saranghae sinbihan goseuro

[Umji] - eomeomeomeomji cheok

[Eunha] - eunhasu geonneoseo

[Yuju] - eotteokhae yuju be my

[Sowon] - nae soweoneul deureojullae

10. "Sunrise" dalam album Time for us

https://www.youtube.com/embed/TbPHPX3hSPA

Setelah tiga tahun sejak GFRIEND merilis Album pertamanya, pada 14 Januari 2019 GFRIEND merilis 2nd Album bertajuk Time for us dengan "Sunrise" sebagai lagu utamanya. Album keduanya ini memuat 13 track, yaitu "Sunrise", "You are not Alone", "L.U.V", "Glow", "Our Secret", "Only 1", "Truly Love", "Show Up", "It's You", "A Starry Sky", "Love Oh Love", "Memoria (Korean Version)", dan "Sunrise (Instrumental)".

Setelah Music Video "Sunrise" dirilis, GFRIEND mendapatkan komentar positif berkat kemampuan vokal member GFRIEND yang memang tidak perlu diragukan lagi. Dalam Music Video tersebut, GFRIEND tidak hanya mendapat pujian berkat kualitas vokal mereka, tetapi juga kemampuan dance mereka yang tidak pernah mengecewakan.

Baca Juga: Resmi Bubar, 10 Momen Kebersamaan Member GFriend yang Bakal Dirindukan

11. "Fever" dalam mini album Fever Season

https://www.youtube.com/embed/VMiYLPP4QCg

Pada 1 Juli 2019, GFRIEND merilis 7th Mini Album bertajuk Fever Season dengan "Fever" sebagai lagu utamanya. Mini album ketujuhnya ini memuat setidaknya delapan track, yaitu "Fever", "Mr.Blue", "Smile", "Wish", "Paradise", "Hope", "Flower (Korean Version)", dan "Fever (Instumental)".

Sedikit berbeda dengan comeback musim panas selama beberapa tahun sebelumnya, pada Music Video "Fever", GFRIEND terlihat mengusung konsep yang lebih dewasa dan elegan. Dalam comeback kali ini, GFRIEND mengungkapkan bahwa mereka ingin menunjukkan perkembangan mereka kepada penggemar. 

12. "Crossroads" dalam mini album 回:Labyrinth

https://www.youtube.com/embed/kx5TWKPE5sU

GFRIEND untuk pertama kalinya merilis Series Album di tahun 2020. Series Album 回 pertamanya dirilis dalam bentuk Mini Album bertajuk 回:Labyrinth dengan "Crossroads" sebagai lagu utamanya pada 3 Februari 2020. Mini album kedelapan ini memuat enam track, yaitu "Labyrinth", "Crossroads", "Here We Are", "Eclipse", "Dreamcatcher", dan "From Me".

Comeback kali ini, menandai GFRIEND comeback setelah agensinya Source Music diakuisisi oleh agensi Big Hit Entertainment pada 29 Juli 2019 dan menjadikannya anak perusahaan di bawah Big Hit Labels. Big Hit Entertainment dikenal sebagai agensi yang menaungi boyband BTS dan TXT, yang kini mengubah namanya menjadi HYBE.

13. "Apple" dalam mini album 回:Song of the Sirens

https://www.youtube.com/embed/XQSse3b2ge4

Pada 13 Juli 2020, GFRIEND merilis Series Album 回 keduanya dalam bentuk mini album bertajuk 回:Song of the Sirens dengan "Apple" sebagai lagu utamanya. Mini album kesembilannya ini memuat enam track, yaitu "Apple", "Eye of the Storm", "Room of Mirrors", "Tarot Cards", "Creme Brulee", dan "Stairs in the North".

Comeback kali ini, GFRIEND diproduseri oleh Bang Si Hyuk yang merupakan pendiri agensi Big Hit Entertainmet yang kini dikenal dengan HYBE. Bang Si Hyuk sendiri dikenal dengan nama "Hitman" Bang yang tercatat sebagai produser bersama dengan Pdogg dan Frants dalam lagu utama GFRIEND yang bertajuk "Apple".

Dalam comeback kali ini, GFRIEND mengusung konsep yang jauh lebih dewasa, bahkan visual dan make up para member GFRIEND mendukung berubah drastis member GFRIEND dibandingkan dengan comeback sebelumnya.

Penampilan perdana mereka di acara musik M!Countdown bahkan menjadi perbincangan publik dan mendapatkan sambutan positif karena banyak orang yang kagum atas penampilan GFRIEND, mulai dari kostum yang mereka gunakan hingga set panggungnya yang megah.

14. "Mago" dalam album 回:Walpurgis Night

https://www.youtube.com/embed/LmBYPXGqtss

Sebagai penutup Series Album 回, GFRIEND merilis 3rd Album bertajuk 回:Walpurgis Night dengan "Mago" sebagai lagu utamanya pada 9 November 2020. Album ketiganya ini memuat 11 track, yaitu "Mago", "Love Spell", "Three of Cups", "GRWM", "Secret Diary", "Better Me", "Night Drive", "Wheel of the Year", serta tiga lagu sebelumnya yang telah dirilis dalam Series Album pertama dan kedua, yaitu "Apple", "Crossroads", dan "Labyrinth".

Album ketiganya ini sekaligus menjadi album terakhir yang dirilis GFRIEND sebelum akhirnya secara resmi keenam member GFRIEND mengunggah tulisan tangan mereka pada 19 Mei 2021 melalui Weverse yang membahas tentang pembubaran mereka. Kontraknya sendiri berakhir pada 22 Mei 2021. Selama perjalanan kariernya, GFRIEND tidak hanya merilis album di Korea tetapi juga di Jepang. Selain itu, member GFRIEND juga sering mengisi soundtrack untuk drama Korea.

Dari lagu-lagu yang dirilis GFRIEND, lagu mana yang membawamu menjadi fansnya GFRIEND? Tuliskan di kolom komentar ya!

Baca Juga: Tinggalkan Source Music, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier GFRIEND

Haru Hari Photo Writer Haru Hari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya