Comscore Tracker

7 Film India soal Perjuangan Perempuan Lawan Kekerasan dan Pelecehan

Beberapa diangkat dari kisah nyata

Kekerasan terhadap perempuan ibarat gunung es. Hanya sebagian kecil yang terlihat dan diproses secara hukum sementara yang lain justru tersembunyi dan tidak ditangani. Hal ini didorong oleh beberapa hal, entah itu pola pikir masyarakat, takut mengumbar aib atau perasaan bahwa masalah itu adalah urusan pribadi seseorang. Mereka baru sadar dan mulai berani bicara setelah korban berjatuhan.

Dari beberapa film India ini kita akan belajar bagaimana berjuang melawan kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan. Beberapa di antaranya diangkat dari kisah nyata. Lewat film-film ini kita diajak untuk introspeksi dan lebih peduli. Yuk lihat daftar filmnya.

1. Provoked (2006)

https://www.youtube.com/embed/PXUSrFEPzy8

Film ini diangkat dari kisah nyata Kiranjit Ahluwalia, wanita yang membunuh suaminya yang kejam. Setelah menikah dengan Deepak Ahluwalia, Kiran pindah ke Southall, Inggris. Di sinilah mala petaka dimulai. Deepak mulai menunjukan sifat aslinya. Dia beberapa kali melakukan kekerasan dan penganiayaan pada Kiran.

Setelah sepuluh tahun mengalami kekerasan dalam rumah tangga, Kiran membakar kakinya untuk memberinya pelajaran namun Deepak justru tewas. Hal ini membuat Kiran dijatuhi hukuman seumur hidup. Kisah ini membuat Southall Black Sisters datang untuk membela Kiran.

Mereka mengajukan banding dan membuka mata dunia bahwa Kiran adalah korban dari kekerasaan yang dilakukan Deepak. Kasus pembunuhan karena KDRT ini kini ini dikenal sebagai Rv Ahluwalia dan tecantum dalam buku teks hukum Inggris.

2. No One Killed Jessica (2011)

https://www.youtube.com/embed/iU6YHw4tdik

Masih diangkat dari kisah nyata, Film ini diangkat dari kasus pembunuhan Jessica Lal yang terjadi pada 30 April 1999. Manish, anak seorang politisi besar India membunuh seorang pelayan bar bernama Jessica hanya karena Jessika menolak untuk melayani Manish. 

Sabrina Lal, kakak dari Jessica berusaha mengungkap kasus pembunuhan ini dan mencari keadilan untuk adiknya. Ada banyak saksi dalam pembunuhan itu. Namun mereka bungkam hanya gara-gara kekuasaan ayah Manish. Bahkan barang bukti pun ditukar hingga membuat Manish dibebaskan.

Reporter Meera Gaiti yang mendengar kebebasan Manish akhirnya turun tangan. Dia membantu Sabrina mencari bukti sekaligus membongkar kemerosotan hukum dan pengaruh kekuasaan. Hal ini akhirnya memancing simpati masyarakat. Mereka menggugat keadilan untuk Jessica.

3. Gulaab Gang (2014)

https://www.youtube.com/embed/xAcN8RR3Ry4

Gulaab Gang adalah film fiksi tapi kelompok wanita yang mengenakan sari pink ini memang ada. Mereka adalah Gulabi Gang, kelompok yang menginspirasi film Gulaab Gang. Kelompok ini terbentuk sebagai respons terhadap meluasnya kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan lain terhadap perempuan.

Filmnya sendiri bercerita tentang Rajjo memimpin Gulaab Gang, kelompok ini membela kaum wanita yang tertindas baik dari suami, polisi dan politisi jahat. Keinginannya untuk memperjuangkan hak wanita ini membuat Rajjo memutuskan untuk mengambil bagian di panggung politik.

Sumitra yang mendengar keikutsertaan Rajjo di pemilu berusaha menyingkirkan Rajjo. Dia memerintahkan antek-anteknya untuk membunuh anggota Gulaab Gang. Rajjo tak tinggal diam. Dia mempersiapkan pembalasan untuk Sumitra yang telah menyerang anggotanya.

Baca Juga: 5 Artis Bollywood Ini Baru Punya YouTube Channel Sendiri

4. Pink (2016)

https://www.youtube.com/embed/AL2TShb6fFs

Film Pink bukan sekedar film biasa. Film ini mengajarkan kita tentang kesetaraan gender bahkan diputar khusus di Kepolisian Rajasthan untuk melatih mereka agar lebih peka dan bijaksana tentang hak dan martabat perempuan. Pink juga mendapat undangan untuk pemutaran di markas besar PBB di New York City.

Cerita ini berkisar tentang tiga wanita muda yang hidup mandiri. Mereka adalah Minal, Falak dan Andrea. Mereka mendapat ancaman dan teror dari Rajveer dan teman-temannya karena Andrea sudah memukul kepala Rajveer dengan botol bir dan menyebabkan pendarahan hebat. Andrea dan teman-teman pun melapor ke polisi, tapi polisi itu menghalangi mereka untuk mengajukan pengaduan karena Rajveer adalah keluarga politisi ternama.

Andrea dan teman-teman mendapat bantuan dari Deepak, pengacara terkemuka yang sedang dalam masa pensiun. Rajveer menuduh Andrea dan teman-teman sebagai pelacur. Namun Deepak menegaskan bahwa wanita yang pulang terlambat, keluar dari rumah mereka, ingin mandiri, minum dan sebagainya tak bisa dicap sebagai pelacur. Mereka hanya melindungi diri dari upaya pemerkosaan yang dilakukan Rajveer.

5. Mom (2017)

https://www.youtube.com/embed/hctApy_i-qg

Cara Devki memperjuangkan hak anaknya di film ini bisa dibilang ekstrim. Namun dari sini kamu bisa melihat bagaimana terlukanya seorang ibu ketika melihat ketidak adilan terjadi dalam hidup anaknya.

Cerita bermula pada Arya yang pergi menikmati petsa Valentine. Disana Arya diperkosa secara brutal oleh Charles, Mohit, Jagan dan Babu. Dia bahkan ditinggalkan di selokan dalam keadaan sekarat. Setelah sadar Arya mengatakan kalau dia di perkosa oleh ke empat pria tadi, tapi karena keadaan Arya saat di temukan dalam pengaruh alkohol, keterangan ini dianggap tidak valid dan tak bisa dijadikan bukti.

Devki dan suaminya semakin menderita melihat kondisi Arya, bahkan melihat Arya yang ingin bunuh diri. DK, seorang detektif miskin datang untuk membantu Devki, Dia mencari informasi tentang pelaku pemerkosaan Arya. Dengan caranya sendiri Devki memberi pelajaran pada ke empat pria tadi. Mulai dari meracuni hingga menghabisi nyawa salah satunya.

6. Firebrand (2019)

https://www.youtube.com/embed/vMvg6LtskNc

Firebrand bercerita tentang Sunanda, seorang pengacara perceraian yang selalu membela hak-hak wanita. Dia sering berurusan dengan kasus pemerkosaan, pelecehan rumah tangga, penyakit mental, kompleksitas pernikahan, seks dan cinta. Bahkan siap membela wanita kaya meski maju dengan tuntutan yang tidak benar-benar adil.

Diantara kasus-kasus yang dia hadapi, Hubungan dia dengan Madhav Patkar tidak berjalan baik. Meski suaminya amat mencintai Sunanda, hubungan mereka di tempat tidur penuh dengan kegelisahan, bahkan Sunanda tidak pernah menikmati hubungan seksual mereka, dia justru merasa tersiksa. Dan ternyata semua ini berasal dari trauma masa lalu yang dia simpan.

Meskipun memiliki ending yang cukup kontroversi, nyatanya film ini mengajarkan kepada kita bahwa trauma masa lalu dapat mempengaruhi kehidupan seseorang, bahkan cara orang itu dalam memutuskan sesuatu. Itulah mengapa memaafkan menjadi kata yang penting, terutama memaafkan diri sendiri.

7. Soni (2019)

https://www.youtube.com/embed/928gFVXgEPQ

Gagasan film Soni muncul di kepala sang sutradara Ivan Ayr ketika dia membaca artikel tentang Delhi yang dinilai tidak aman terhadap wanita, terutama setelah peristiwa pemerkosaan yang menghebohkan di tahun 2012. Dia melihat bagaimana reaksi petugas wanita dalam menghadapi kasus-kasus kekerasan seksual ini bahkan mengamati langsung rutinitas mereka.

Filmnya sendiri bercerita tentang Soni, seorang perwira polisi yang yang sering mengalami berbagai insiden di dalam tugas dan kehidupannya. Namun posisinya sebagai wanita sering dipandang sebelah mata. Soni pernah memukul seorang pria yang mencoba melecehkannya serta menampar seorang perwira angkatan laut mabuk yang mengemudi tanpa lisensi, tapi ujung-ujungnya justru Soni yang mendapat teguran dari atasannya.

Soni berteman dengan berteman dengan Kalpana Ummat, seorang pengawas senior sekaligus istri dari perwira tinggi di kepolisian Delhi. Ketika Soni yang pergi ke kamar kecil wanita di sebuah restoran, dia bertengkar dengan sekelompok pemuda yang mengkonsumsi narkoba. Namun pemuda itu di bebaskan karena pengaruh ayah salah dari salah satu pemuda tadi. Tapi kali ini Kalpana tak tinggal diam, dia ikut membantu Soni untuk menjerat kembali pemuda-pemuda tadi. 

Itulah 7 film India tentang perjuangan Perempuan melawan kekerasan dan pelecehan. Dari film-film ini kamu tak hanya melihat bagaimana perjuangan wanita membela hak-haknya, tapi juga melihat pengaruh kekerasan dan pelecehan ini terhadap kehidupan seseorang.

Baca Juga: 5 Film Bollywood dengan Rating Tertinggi di Tahun 2019, Wajib Nonton!

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

Li Wei

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya