Comscore Tracker

5 Film Animasi Tim Burton Ini Tawarkan Suasana Seram Sekaligus Unik

Sudah pernah lihat salah satunya?

Film animasi umumnya dibuat untuk tontonan anak. Itu kenapa ada banyak suasana atau nuansa ceria yang hadir di dalamnya. Namun hal berbeda akan kamu lihat pada film Animasi garapan Tim Burton. Sutradara sekaligus produser kenamaan Hollywood ini justru membuat film animasi dengan nuansa-nuansa seram dan suram.

Tokoh utama dari ceritanya tidak dibuat dengan tampilan yang cantik, namun kekuatan cerita dan karakter yang mereka tampilkan justru mampu mencuri perhatian penonton, hal inilah yang membuat film animasi Tim Burton jadi sesuatu yang unik. Gak percaya? Kamu bisa melihat keunikannya pada film-film di bawah ini.

1. The Nightmare Before Christmas (1993)

https://www.youtube.com/embed/T3xTgBED5cQ

Natal selalu identik dengan suasana yang ceria, begitu juga di hari-hari sebelumnya. Persiapan natal pun tak kalah hebohnya. Tapi hal berbeda terlihat dalam The Nightmare Before Christmas. Natal yang indah justru menjadi sesuatu yang menakutkan dengan kehadiran Jack Skellington dari kota Halloween, Jack menculik Santa dan menggantikan perannya untuk membagikan hadiah Natal.

Tim Burton tak hanya menampilkan keseraman dari karakter-karakter seperti Sally si boneka kain Finklestein, Dokter Finklestein si ilmuan gila dan Oogie Boogie si hantu jahat, tetapi juga kengerian hadiah Natal dari Jack. Film yang dia garap bersama Henry Selick menjadi salah satu film animasi populer hingga saat ini. 

2. James and the Giant Peach (1996)

https://www.youtube.com/embed/xCWGg9dCEUU

Hingga saat ini ada banyak film yang diangkat dari dongeng James and the Giant Peach. Semuanya bercerita tentang perjuangan James untuk keluar dari negeri para raksasa. Namun hal berbeda akan kamu lihat dari film garapan Tim Burton dan Henry Selick. Mereka membuat negeri raksasa dan para tokohnya menjadi lebih creepy. Kamu bisa melihat ini dari penampilan Miss Spider, Mrs. Ladybug dan beberapa tokoh lainnya. 

Baca Juga: 5 Film & Serial Animasi Stop Motion Terbaru yang Bisa Jadi Hiburanmu

3. Corpse Bride (2005)

https://www.youtube.com/embed/AGACeWVdFqo

Ada banyak film yang menampilkan sosok hantu wanita. Namun Tim Burton menampilkan kesan seram dengan caranya sendiri. Tak hanya dari segi visual, Tim juga menampilkan kesuraman dari perasaan tiap-tiap tokoh. Seperti Emily, zombie yang mendambakan cinta manusia bernama Victor. Sementara Victor justru takut dengan Emily dan jatuh cinta pada Victoria. Victoria juga dihadapkan dengan masalah lainnya. Film yang Tim garap bersama Mike Johnson ini juga menjadi hits dan dikenal hingga saat ini.

4. 9 (2009)

https://www.youtube.com/embed/_qApXdc1WPY

Film 9 menampilkan sembilan buah boneka homunculus yang berbuat dari kain goni dan beberapa barang sederhana. Meskipun penuh jahitan namun boneka-boneka ini memiliki tugas penting, menyelamatkan kehidupan di dunia. Kamu bisa merasakan kesuraman dunia yang sudah hancur oleh robot-robot jahat serta rasa penasaran boneka 9 tentang jati dirinya.

Film 9 diangkat dari film pendek Shane Acker yang masuk nominasi  Academy Award 2005. Karena itu Tim yang berperan sebagai produser memberi kepercayaan bagi Acker untuk menggubah film ini menjadi versi film panjang. 

5. Frankenweenie (2012)

https://www.youtube.com/embed/XBfcGLBJ2Uc

Film ini bercerita tentang Victor Frankenstein yang berusia 11 tahun. Rasa cintanya terhadap Sparky membuat Victor membangkitkan anjing kesayangannya dengan energi petir. Kisah Victor dan anjingnya ini tak hanya memberikan kesan persahabatan yang kuat, tapi juga kesan creepy dalam tiap-tiap adegannya. Belum lagi kehadiran makhluk-makhluk mengerikan di sana. Film ini merupakan film remake dari film pendek Tim Burton 1984 dan masuk ke dalam karya-karya hebat yang dia produksi.

Buat kamu pecinta animasi, sekarang kamu punya pilihan film animasi dengan nuansa yang berbeda. Apalagi film-film ini tak hanya menyajikan visual dan karakter yang unik, tapi juga pesan-pesan penting yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga: Jauh dari Kesan Lucu, 5 Film Animasi Pendek Ini Justru Bikin Merinding

Li Wei Photo Community Writer Li Wei

Li Wei

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You