Comscore Tracker

Penuh Nilai Moral, 5 Film Keluarga Indonesia Ini Wajib Kamu Tonton! 

Keluarga tempat ternyaman untuk kembali 

Berbicara tentang keluarga selalu ada topik yang menarik. Keluarga menjadi tempat pertama bagi setiap orang untuk berinteraksi. Keluarga yang berperan dalam menerapkan budaya yang dianut seseorang dan membentuk karakternya.

Film tentang keluarga menjadi daya tarik tersendiri. Melihat secara luas kehidupan keluarga lain agar dapat mengambil nilai-nilai moral yang diterapkan. Berikut film keluarga Indonesia ini memiliki pesan baik yang tertuang di dalamnya. 

1. Orang Kaya Baru (2019)

Penuh Nilai Moral, 5 Film Keluarga Indonesia Ini Wajib Kamu Tonton! imdb.com

Film ini menceritakan tentang keharmonisan keluarga yang hidup dengan penuh kesederhanaan. Namun di balik kehidupannya ternyata sang ayah menyimpan rahasia besar di mana dia yang mengaku kerja di sebuah bengkel  ternyata memiliki warisan milyaran. Sang ayah memberitahu ketika dia meninggal lewat pengacaranya.

Jadilah mereka orang kaya baru. Tetapi karena larut dalam orang kaya mereka jadi lupa diri untuk tetap rendah hati dan hidup sederhana, dan akhirnya mereka menyadari bahwa uang tidak lebih penting dari menyayangi anggota keluarga dan sahabat. Mereka menjadi memahami jika hidup sederhana lebih akan membuat mereka bahagia.

2. Susah sinyal (2017)

Penuh Nilai Moral, 5 Film Keluarga Indonesia Ini Wajib Kamu Tonton! imdb.com

Film ini bercerita tentang hubungan single-mother dan anaknya yang renggang. Hal ini dikarenakan sang ibu sibuk dengan pekerjaannya dan kehilangan waktu bersama anak yang sudah menjadi remaja. Sehingga sang anak lebih dekat dengan neneknya. Namun, ketika neneknya meninggal, sang anak tidak lagi memiliki tempat bersandar. Akhirnya sang ibu mengajak anak berlibur di Sumba di mana tempatnya susah menjangkau sinyal. Namun hal ini berhasil untuk membangun dan merekatkan kembali hubungannya dengan sang anak. 

Pesan moral yang diambil adalah anak tidak selalu bahagia dengan materi yang diberikan orangtua, namun anak lebih membutuhkan kehadiran orangtua dalam jiwanya dan ada ketika anak membutuhkan. 

Baca Juga: 5 Film Perang Asia Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Dijamin Seru!

3. Keluarga Cemara (2019)

Penuh Nilai Moral, 5 Film Keluarga Indonesia Ini Wajib Kamu Tonton! imdb.com

Film keluarga cemara ini menceritakan perubahan kehidupan dari yang awalnya hidup mapan di Jakarta dengan golongan ekonomi menengah menjadi ekonomi bawah. Kehidupan mereka berubah 180 derajat usai Abah ditipu saudaranya sendiri dan terpaksa pindah ke rumah Aki di sebuah desa di pinggiran Sukabumi. Mereka yang menyesuaikan diri dari yang Abahnya bekerja di kantor menjadi buruh bergaji pas-pasan dan kedua anaknya yang tidak lagi sekolah di tempat elit menjadi tantangan tersendiri.

Nilai moral yang dapat diambil adalah bagaimana saling mendukung untuk menerima kondisi yang terjadi tanpa mengeluh. Berlatih agar mampu beradaptasi di manapun berada. Dan meski dengan hidup berkecukupan, namun dapat merekatkan hubungan antar anggota keluarga.

4. Mantan manten (2019)

Penuh Nilai Moral, 5 Film Keluarga Indonesia Ini Wajib Kamu Tonton! imdb.com

Film ini bercerita tentang keluarga yang memegang tradisi dengan menggunakan adat pernikahan paes dan dukun manten. Namun di sini seorang wanita yang keras kepala diajarkan apa arti ikhlas oleh sang dukun manten. Di sini dia harus mengikhlaskan mantan tunangannya menikah dengan wanita pilihan keluarganya dan dia menjadi dukun manten menuruti perintah sang nenek. 

Pesan yang dapat diambil adalah pria yang dijodohkan oleh orangtuanya menurut pada orangtua karena menghormatinya. Keterbukaan dengan orang tua menjadi kunci agar komunikasi menjadi lancar. Dan keluarga berperan penting dalam menjaga budaya dan menurunkannya pada anaknya. 

5. Cek toko sebelah (2017)

Penuh Nilai Moral, 5 Film Keluarga Indonesia Ini Wajib Kamu Tonton! imdb.com

Film ini disutradarai oleh Ernest Perkasa sekaligus menjadi pemain utama dalam cerita. Film ini menceritakan tentang bisnis keluarga namun kondisi sang ayah sudah semakin renta dan ingin ada yang menggantikan. Konfliknya ketika sang anak yang dipercaya ingin mengejar karirnya di luar negeri dan sang kakak yang ingin melanjutkan namun tidak dipercaya oleh ayahnya. 

Nilai moral yang diambil adalah permasalahan akan terselesaikan dengan dibicarakan. Di sini ayah dan kedua anaknya saling berbicara dan meminta maaf. Yang patut diapresiasi di sini adalah sikap sang anak yang menjaga sopan santun, tetap berbakti, menghargai orangtuanya dan berkeinginan untuk membahagiakan orangtua di samping tetap mewujudkan impiannya. 

Wah ternyata, film Indonesia tentang keluarga ini mengandung nilai moral yang patut kita teladani ya. Keluarga adalah orang pertama yang paling dekat dengan kita dan akan menjadi tempat kembali yang paling nyaman. 

Baca Juga: 6 Film Indonesia Tema Pernikahan yang Jadi Pelajaran Pasangan Muda

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya