Comscore Tracker

5 Film Dokumenter Netflix Kriminal, Penuh Misteri dan Konspirasi!

Kamu sudah pernah menonton yang mana saja, nih?

Bagi para pencinta kisah-kisah kriminal, dokumenter menjadi salah satu tontonan favorit. Sebab, film dengan genre tersebut menguak berbagai kasus kejahatan yang sering kali membuat tercengang dan tidak bisa berkata-kata. 

Di Netflix, ada beragam dokumenter menguak berbagai misteri dan kasus kejahatan, meski sebagian besar terjadi di Amerika Serikat dan Eropa. Berikut 5 rekomendasi film dokumenter Netflix kriminal terbaik yang patut kamu tonton.

1. American Murder: The Family Next Door (2020)

https://www.youtube.com/embed/ep8iKiQNSrY

American Murder The Family Next Door adalah sebuah film dokumenter kriminal Netflix yang disutradarai oleh Jenny Popplewell. Film ini dirilis pada 30 September 2020 di platform Netflix dan dibintangi oleh Nichol Kessinger. 

American Murder The Family Next Door mengisahkan kasus pembunuhan yang terjadi pada keluarga Watts. Kejadian bermula ketika Shanann Watts dilaporkan menghilang oleh temannya. Shanann bukan hanya hilang sendirian, tetapi bersama dua anaknya. Hingga kemudian, penyelidikan demi penyelidikan menemukan fakta yang amat membuat tercengang.

2. The Ripper (2020)

https://www.youtube.com/embed/LcFtS9wpoF0

The Ripper merupakan film dokumenter kejahatan Netflix yang disutradarai oleh Jesse Vile dan Ellena Wood. Film ini dirilis di platform Netflix pada 16 Desember 2020. The Ripper mengangkat kasus pembunuhan berantai yang terjadi pada banyak perempuan di West Yorkshire serta Manchester pada tahun 1975 dan 1980 oleh Peter Sutcliffe.

Pada saat itu, banyak kasus kejadian pembunuhan yang mengincar perempuan yang keluar malam. Pada jenazah korban pun terdapat ciri dari aksi kejahatan yang pelakunya misterius tersebut.

Baca Juga: 7 Film Kriminal Korea dengan Plot Twist Berlapis, Bikin Bergidik

3. Worst Roommate Ever (2022)

https://www.youtube.com/embed/sI5Vg-17t4s

Worst Roommate Ever merupakan film dokumenter Netflix yang dirilis pada tanggal 1 Maret 2022. Film bergenre Seri dokumen ini disutradarai oleh Domini Hofmann. Worst Roommate Ever ini diangkat dari kisah nyata. 

Worst Roommate Ever mengisahkan sejumlah cerita berisi kejahatan orang yang dianggap sebagai teman tinggal bersama. Kejahatan tersebut mulai dari kisah Dorothea Puente yang membunuh gelandangan yang ia tampung, temanya yang ternyata adalah penipu ulung, hingga terusir dari rumah sendiri oleh penghuni liar.

4. Girl in the Picture (2022)

https://www.youtube.com/embed/jnJ4BGNpby8

Girl in the Picture merupakan film dokumenter Netflix Amerika yang didasarkan pada buku A Beautiful Child and Finding Sharon yang disutradarai oleh Skye Borgman. Film ini dirilis pada platform Netflix pada 6 Juli 2022.

Dokumenter ini menyelidiki kasus pembunuhan seorang perempuan dan penculikan seorang anak kecil. Perempuan yang dikenal sebagai Tonya alias Sharon Marshall ini ditemukan sekarat di tepi jalan. Awalnya, diduga menjadi korban tabrak lari. Namun, ketika ia meninggal, luka-luka ditubuhnya menunjukkan ia adalah korban kekerasan.

5. Our Father (2022)

https://www.youtube.com/embed/phQxK5u8IEs

Our Father film kejahatan dokumenter Netflix yang dirilis pada 11 Mei 2022 dan disutradarai oleh Lucie Jourdan. Film ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi terhadap beberapa orang di Indianapolis.

Film ini menampilkan kasus Donald Cline, seorang dokter kesuburan Indianapolis yang menghamili pasiennya. Alih-alih menggunakan sampel sesuai permintaan pasien, baik itu sperma donor atau sperma suami mereka, ia justru menggunakan spermanya sendiri. 

Kelima film tersebut kisahnya menegangkan sekali nih. Buat kalian yang suka dengan film kriminal sepertinya film tersebut bakalan membuat kalian maraton untuk menontonnya karena penasaran.

Baca Juga: 10 Film Kriminal di Netflix yang Diangkat dari Kisah Nyata, Tahu?

pratiwi wii Photo Verified Writer pratiwi wii

"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain" Instagram @hestipartwi_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya