Comscore Tracker

5 Film tentang Permainan Catur, sambil Mengasah Otak!

Nonton sambil mengasah otak!

Catur merupakan olahraga yang cocok dimainkan saat sedang bersantai. Selain menghibur, catur juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengasah otak karena membutuhkan strategi dan pengambilan langkah yang tepat.

Jika kamu suka permainan catur, film tentang permainan catur berikut ini layak untuk kamu tonton. Kisah perjuangan pemain catur hingga dibeberkan strateginya, cocok jadi inspirasi!

1. Pawn Sacrifice (2014)

https://www.youtube.com/embed/xFHvH9FtACg

Pawn Sacrifice, film drama biografi Amerika yang disutradarai oleh Edward Zwick dan ditulis oleh Steven Knight serta dibintangi oleh dibintangi oleh Tobey Maguire, Liev Schreiber, Lily Rabe, dan Peter Sarsgaard. Film ini rilis di Amerika Serikat pada 16 September 2015.

Pawn Sacrifice bercerita tentang Bobby Fischer, master catur asal Amerika yang telah memperlihatkan bakatnya sejak kecil. Dia terus menjuarai berbagai kompetisi catur hingga tiba pada pertandingan terbesarnya saat berhadapan dengan Boria Spassky juara dunia catur asal Soviet. Pertandingan catur yang terjadi pada tahun 1972 itu pun disulap menjadi sebuah perang dingin.

2. Life of a King (2013)

https://www.youtube.com/embed/OiX5d8c8IWg

Life of a King, film drama Amerika Serikat yang disutradarai oleh Jake Goldberger. Film ini dibintangi oleh Cuba Gooding Jr. , Dennis Haysbert, dan LisaGay Hamilton. 

Film ini berkisah tentang Eugene Brown seorang mantan narapidana yang dibekali keahlian dalam bermain catur oleh Searcy rekannya semasa di penjara. Dia menjadi petugas kebersihan di SMA yang banyak anak-anak bermasalah. 

Dalam satu kesempatan ia diminta kepala sekolah untuk mengawasi kelasnya sebelum guru pengganti tiba. Eugene pun memberikan pelajaran kehidupan lewat permainan catur pada murid-muridnya.

3. Queen to Play (2009)

https://www.youtube.com/embed/YI2VmCgmjws

Queen to Play atau yang berjudul asli Joueuse , bentuk feminin dari pemain merupakan sebuah film Prancis-Jerman yang disutradarai oleh Caroline Bottaro. Film ini didasarkan pada novel La Joueuse d'echecs oleh Bertina Henrichs .

Film ini menceritakan Helene, pelayan hotel yang tertarik dengan catur, ia pun membelikan papan catur sebagai hadiah untuk suaminya. Sayangnya sang suami sama sekali tidak tertarik dengan permainan tersebut. Lantas ia pun belajar bermain catur dengan bantuan majikannya, Dr. Kroger.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film dan Series Perjuangan Single Parent, Inspiratif!

4. The Dark Horse (2014)

https://www.youtube.com/embed/oPpOIlUJWcU

The Dark Horse, film drama Selandia Baru yang ditulis dan disutradarai oleh James Napier Robertson serta dibintangi oleh Cliff Curtis dan James Rolleston. Film ini banyak mendapatkan penghargaan mulai dari Penghargaan Film Selandia Baru 2014 , Film Terbaik di Festival Film Internasional Seattle (SIFF), Festival Film Internasional San Francisco 2015 (SFIFF) dan Festival Film Internasional Rotterdam 2015 (IFFR). 

Film ini mengisahkan Genesis Potini pecatur asal Selandia yang menderita gangguan mental, berusaha membimbing anak-anak kurang mampu di sebuah klub catur bernama 'Eastern Nights' untuk mengikuti turnamen catur junior dan mencoba mengubah pandangan mereka terhadap masa depan.

5. Computer Chess (2013)

https://www.youtube.com/embed/NuGT_L13bQ8

Film Computer Chess ini merupakan film hitam-putih kedua Bujalski yang diambil dengan kamera video analog. Flm drama komedi independen tersebut disutradarai oleh Andrew Bujalski. Film ini memenangkan Penghargaan Film Fitur Alfred P. Sloan.

Berlatar pada tahun 80-an, film ini menceritakan tentang sekelompok kutu buku aneh yang sedang mengadakan pertemuan. Mereka menciptakan sebuah program komputer yang dirancang untuk bermain catur dan nantinya akan diuji oleh penggemar catur. 

Kelima film tentang permainan catur tersebut bisa jadi tonton bagus buat kalian yang suka catur, apalagi dalam permainan catur itu sangat mengasah otak, lho. Jadi jangan sampai terlewatkan, ya!

Baca Juga: 17 Rekomendasi Film Horor Tayang di Fantasia Film Festival 2022 

pratiwi wii Photo Verified Writer pratiwi wii

"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain" Instagram @hestipartwi_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya