Comscore Tracker

9 Donghua atau Animasi Buatan Tiongkok yang Sayang untuk Dilewatkan

Kamu sudah pernah nonton donghua? #IDNTimesHype

Banyak penggemar anime tidak menyadari keberadaan donghua. Padahal, donghua persis seperti anime dari Jepang, hanya beda bahasa yang digunakan dalam animasi.

Awalnya, donghua dirilis hanya untuk para penonton Tiongkok. Namun, dengan meningkatnya popularitas donghua tertentu di pasar internasional, semakin banyak animasi mulai mendapatkan tempat di hati penggemar.

Bagi yang baru mengenal dunia donghua, berikut adalah 9 rekomendasi judul yang bisa kamu tonton.

1. Quanzhi Gaoshou

https://www.youtube.com/embed/_ITv7n7RL8o

Penggemar MMORPG pasti akan menikmati donghua satu ini. Ye Xiu adalah pemain top dari game MMORPG bernama Glory. Namun, ia ditipu oleh manajemennya.

Manajemen tersebut juga membiarkan pemain yang lebih baru dan kurang berpengalaman menggunakan akun game resminya.

Ye Xiu terus bertemu berbagai jenis pemain dan belajar untuk mendapatkan kembali posisi pertama yang ternyata tidak mudah.

2. Da Yu Hai Tang

https://www.youtube.com/embed/k5eUasNF4AU

Pecinta genre slice of life pasti akan menikmati donghua ini. Kisahnya bercerita tentang kehidupan roh kecil yang naif bernama Chun.

Chun bertekad untuk membawa anak muda yang baik hati dari dunia manusia, kembali ke alam rohnya. Satu tindakannya membawa perubahan besar di dunianya. Hal tersebut memaksanya untuk membuat beberapa pilihan yang sangat sulit.

Donghua ini memiliki kisah indah, tentang bagaimana beberapa tindakan yang niatnya baik justru menyebabkan penderitaan bagi orang banyak.

3. Huyao Xiao Hongniang

https://www.youtube.com/embed/aBVX1c2gnRA

Lebih dikenal dengan judul Fox Spirit Matchmakers, donghua ini menunjukkan kepada kita sebuah dunia, di manamak comblang membantu iblis bersatu kembali dengan cinta sejati mereka.

Hal itu dilakukan untuk membantu mereka mengingat bagaimana rasanya ketika mereka pernah menjadi manusia.

Dua individu muda, biksu Daois Haku Gesshou dan Suusu yang terus-menerus diintimidasi, bekerja bersama sebagai Fox Spirit Matchmakers.

Dengan membawa beban yang sama-sama berat, masing-masing bekerja keras untuk bertarung dengan roh yang kuat. Sementara pada saat yang sama, keduanya terikat erat satu sama lain.

Baca Juga: Tarzan Versi Anime, Ini 5 Karakter Anime yang Dibesarkan oleh Hewan

4. Quanzhi Fashi

https://www.youtube.com/embed/RcuQLuy8hSs

Bagi yang suka menonton protagonis OP (overpowered) mengalahkan semua musuhnya, pasti akan menikmati Quanzhi Fashi.

Ceritanya tentang Mo Fan yang suatu hari tidur mengenakan liontin aneh. Ketika dia bangun, dunia telah berubah, di mana sihir telah menjadi norma.

Selain itu, semakin banyak kekuatan yang dimiliki seseorang, semakin tinggi status mereka di masyarakat.

Beruntungnya, Mo Fan adalah satu dari 1 miliar orang yang memiliki 2 unsur sihir dalam dirinya. Namun, kekuatan-kekuatan baru ini membawa musuh baru.

Mo Fan belajar dengan cukup cepat, bahwa kekuatan fisik bukan selalu jawabannya. Hal tersebut membuat ia pun menggunakan kecerdasannya.

5. Aishen Qiaokeli-ing...

https://www.youtube.com/embed/9d9h8tY3Jp8

Mahasiswa Haoyi secara tidak sengaja memakan kue ajaib. Akibatnya beberapa gadis yang sangat cantik dan cerdas langsung jatuh cinta padanya.

Kesulitannya dimulai dengan gadis paling populer di kampus, Zitong, ketika ia menyatakan bahwa dia hamil anak Haoyi di depan umum.

Bagian terbaik tentang donghua harem ini adalah bahwa karakter perempuan bukan semata-mata karikatur. Mereka terbukti memiliki kualitas yang benar-benar disukai dan saling mendukung satu sama lain, alih-alih bersaing.

6. Zhen Hun Jie

https://www.youtube.com/embed/3wdcu066w0Y

Zhen Hun Jie berlatar di semacam purgatory, di mana roh dan manusia dapat hidup berdampingan secara damai. Donghua ini memiliki 3 karakter utama, yaitu 2 bersaudara yang tinggal di purgatory. Satu orangnya lagi adalah gadis muda yang secara tidak sengaja berada di tempat tersebut.

Cerita utamanya berfokus pada perjuangan 2 bersaudara yang tumbuh sebagai anak yatim dan harus berjuang untuk sampai ke tempat mereka sekarang.

Tak hanya kedua bersaudara itu, cerita dalam donghua ini juga berpusat pada perjuangan Xia Ling, si di purgatory, di mana ia segera menyadari jika semuanya tidak seperti yang terlihat.

Baca Juga: 5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime Populer

7. Meng Qi Shi Shen

https://www.youtube.com/embed/bh1_RuOyT78

Si juru masak yang sangat berbakat, Ye Jiayao, tiba-tiba menemukan dirinya di masa Imperial China dan berada dalam tubuh seorang gadis biasa bernama Ye Jinxuan.

Gadis itu diculik untuk ditebus dan Ye Jiayao tidak memiliki apa-apa selain akal, keras kepalanya, dan bakat memasak untuk keluar dari situasi yang sangat tidak pasti tersebut.

Meng Qi Shi Shen adalah donghua yang menakjubkan secara visual, terutama ketika setiap kali hidangan tersaji di layar. Dosis komedinya cukup pas dan pemeran utama perempuan yang kuat membuat donghua ini sangat sayang jika dilewatkan.

8. Dongguo Xiaojie

https://www.youtube.com/embed/FkqTpWTc1fo

Dongguo Xiaojie mengisahkan tentang seorang gadis bernama Dongguo Xiaojie yang tinggal bersama ibunya yang sakit parah. Sumber penyakitnya tidak diketahui dan memaksa gadis muda pemberani itu melakukan perjalanan mustahil untuk menemukan obatnya.

Saudaranya yang setia dan tidak memiliki hubungan darah, Mo Zixuan, juga memutuskan untuk menemaninya dalam perjalanannya.

Dalam perjalanan tersebut, ia bertemu banyak orang unik, salah satunya adalah pemuda misterius. Bersama-sama, ketiganya memulai perjalanan dengan tujuan akhir masing-masing yang berbeda.

9. Zhongguo Jingqi Xiansheng

https://www.youtube.com/embed/-2pIgrdl3LA

Zhongguo Jingqi Xiansheng mempelrihatkan, bagaimana sebuah bentuk sihir yang hilang dihidupkan kembali dari dinasti Han Timur di zaman modern.

Zhongguo Jingqi Xiansheng atau Chinese Mystery Man mengisahkan tentang seseorang yang baru pindah ke kota. Sementara itu, ada banyak zombie dan arwah yang mengintai di jalan, membuat sang tokoh utama mau tidak mau harus menghadapi teror tersebut.

Tak kalah dari anime produksi Jepang, donghua juga menyajikan cerita menarik yang layak untuk ditonton. Penuh dengan pesan dan makna, kamu tertarik untuk menonton donghua yang mana dulu, nih?

Baca Juga: Rekomendasi 10 Film Animasi di Netflix, Seru Nonton Bareng Keluarga

Icha Faizu Photo Verified Writer Icha Faizu

Saya manusia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya