Comscore Tracker

5 Pesan Moral ini Bisa Kamu Petik dari Film Disney Coco

Penuh makna dan menguras air mata

Disney dan Pixar kembali berkolaborasi membidani lahirnya film animasinya yang berjudul Coco. Rilis pada 2017 lalu, film ini menceritakan tentang seorang anak bernama Miguel. Miguel lahir di keluarga yang membenci dan melarangan musik karena masa lalu sang nenek. Namun, ternyata Miguel punya mimpi untuk menjadi musisi.

Dan dari impian "terlarangnya" ini lah yang membawa Miguel terdampar di dunia orang mati dan melakukan perjalanan yang luar biasa. Di perjalanan inilah satu persatu kisah dan rahasia sebenarnya terbuka.Tentunya, film ini bukan sekedar film animasi biasa. Banyak pesan moral yang disisipkan Disney dan Pixar. Penasaran apa saja? Keep scrolling

1. Keluarga adalah yang utama

5 Pesan Moral ini Bisa Kamu Petik dari Film Disney Cocodisney

Pesan yang paling terasa sepanjang film adalah bagaimana keluarga sangat berperan dalam hidupmu. Keluargalah yang melindungi dan akan selalu ada untukmu. Dan bagaimana antar anggota keluarga saling membantu. Pesan mengenai kuatnya ikatan keluarga dalam film ini dibawakan dengan indah dan menyentuh hati siapapun.

2. Selalu yakin dengan mimpimu

5 Pesan Moral ini Bisa Kamu Petik dari Film Disney Cocodisney

Konflik utama dari film Coco ini adalah terbenturnya mimpi Miguel yang ingin menjadi musisi, namun keluarganya menentangnya karena mereka membenci musik. Namun Miguel tetap berusaha meyakinkn keluarganya agar merestui mimpinya menjadi musisi. Dari Miguel kita belajar, jangan menyerah ketika sesuatu menghalangi langkah menuju mimpi mu, cukup buktikan bahwa kamu memang bisa.

3. Jangan lupakan mereka yang sudah pergi

5 Pesan Moral ini Bisa Kamu Petik dari Film Disney Cocodisney

Mengenang kembali anggota keluarga yang sudah tiada ternyata tidak salah lho. Malahan hal ini membuat mereka bahagia meski sudah di alam yang berbeda. Dalam film ini, ketika seseorang mengingat dan memajang foto anggota keluarga yang sudah meninggal, mereka bisa kembali menemui keluarganya pada perayaan Dia de los Muertos. Sementara yang meninggal dan dilupakan arwahnya akan menuju kematian sesungguhnya.

Nah, pesan yang bisa kita ambil adalah jangan pernah lupakan orang yang kita sayangi  dengan mendoakan mereka.

Baca Juga: Siap-siap! 5 Film Fenomenal ini Bakal Diproduksi Ulang oleh Disney

4. Tentang cinta dan saling memaafkan

5 Pesan Moral ini Bisa Kamu Petik dari Film Disney Cocodisney

Dalam film animasi ini juga disisipkan pesan mengenai bagaimana sebuah cinta sejati.  Ketika Mama Imelda (nenek buyut Miguel) dan Hector (kakek buyut Miguel) kembali bersatu di dunia kematian setelah begitu lama terpisah. Dan Mama Imelda juga memaafkan Hector atas segala kecerobohannya. 

5. Kejahatan dan pengkhianatan tak akan pernah menang

5 Pesan Moral ini Bisa Kamu Petik dari Film Disney Cocodisney

Pada bagian akhir film, ditunjukkan bahwa kepopuleran yang digapai oleh Ernesto De La Cruz ternyata adalah sebuah kecurangan. Ernesto membunuh temannya Hector dan mencuri semua lagunya. Dan semua orang tau hingga Ernesto tak lagi dicintai orang banyak. Dari sini kita bisa belajar, bahwa sesuatu yang diraih dengan cara yang tidak baik maka hasil akhirnya juga tidak akan baik.

Baca Juga: 10 Film Animasi Disney Terbaik dari Rating IMDB, Nostalgia Masa Kecil!

Iftitah Ramadhani Photo Community Writer Iftitah Ramadhani

let's make a great work!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You