Comscore Tracker

5 Tips Jitu Bangun Emosi Penonton dengan Script yang Menghipnotis

Ini nih yang bisa bikin film bagus, catat deh!

Membuat script dalam bentuk cerita yang menyentuh memang membutuhkan usaha ekstra untuk mewujudkannya. Namun demikian, bukan berarti kamu tak bisa menulis kisah dengan konflik yang mampu ‘mencabik-cabik’ emosi pendengar atau penontonnya. Ada banyak ide dan inspirasi di sekitar kita yang bisa kamu jadikan inti atau tema cerita yang bisa ditulis menjadi sebuah script utuh.

Nah, berikut ini beberapa tips sederhana namun jitu agar script tulisan yang kamu buat bisa menghipnotis orang agar bisa merasakan emosi dari inti ceritanya.

1. Penulisan script yang matang dan terencana

5 Tips Jitu Bangun Emosi Penonton dengan Script yang MenghipnotisPixabay.com/StockSnap

Percayalah, penulisan script yang matang dan terencana tentu saja akan membuat cerita yang dibuat menjadi lebih menarik. Selain itu, kisah yang tersaji di dalamnya juga biasanya akan membuat orang merasa lebih berkesan karena sudah melalui proses pemikiran yang panjang. Sesuatu yang sudah melalui proses pemikiran yang matang dan panjang tentu saja akan menciptakan suasana yang lebih ‘dalam’ dan menyentuh hati.

2. Kisah berdasarkan pengalaman pribadi biasanya lebih menyentuh hati

5 Tips Jitu Bangun Emosi Penonton dengan Script yang MenghipnotisPixabay.com/StockSnap

Meski tidak selalu, menulis script yang didasarkan atas pengalaman pribadi biasanya akan langsung mengena di hati orang banyak. Karena kisahnya sesuai dengan kondisi kebanyakan orang, maka situasi tersebut akan membuat orang lain merasa ‘masuk’ dan seperti ikut terlibat dalam kisahnya. Kisah yang didasarkan atas pengalaman pribadi juga biasanya akan terkesan alamiah dengan konflik-konflik yang tidak berlebihan dan dibuat-buat.

3. Alur tak harus berliku, namun langsung menuju inti cerita

5 Tips Jitu Bangun Emosi Penonton dengan Script yang MenghipnotisPixabay.com/Victoria_Borodinova

Dalam beberapa hal, alur kisah yang berliku memang biasanya cukup banyak menarik minat banyak orang untuk melihatnya. Namun demikian, alur yang sederhana namun langsung menuju inti cerita biasanya akan membuat orang cepat paham dengan jalan ceritanya. Cerita berbelit-belit dengan alur yang rumit biasanya akan membuat orang merasa cepat jenuh karena akan membuat orang banyak berpikir tanpa terfokus pada tema cerita itu sendiri.

Baca Juga: Catat! 5 Rahasia Mudah Menyusun Naskah Film Powerful dan Emosional

4. Sesuaikan dengan kondisi kehidupan generasi millennials

5 Tips Jitu Bangun Emosi Penonton dengan Script yang MenghipnotisPixabay.com/PublicDomainPictures

Penulisan script yang sesuai dengan kondisi kehidupan era sekarang juga mampu menghipnotis banyak orang untuk menikmati kisahnya lebih lama. Membangun emosi melalui script yang sesuai dengan tuntutan zaman akan memberikan efek dahsyat atas jalan cerita yang dibuat. Orang juga akan lebih merasa memahami kisah atau cerita yang sedang disimak atau ditontonnya dan langsung berdecak kagum sembari berucap, “ini sih ceritanya gue banget!”

5. Ending yang tak diduga, beri kejutan pada penutupnya

5 Tips Jitu Bangun Emosi Penonton dengan Script yang Menghipnotissammobile.com

Sama seperti cerpen, kamu juga perlu memberikan efek kejut di akhir kisah cerita yang kamu buat. Ending yang tak pernah diduga sebelumnya memang biasanya akan membekas dalam ingatan karena penuh dengan hal-hal yang selama ini tak pernah terlintas dalam benak. Di lain kesempatan, orang juga tentu akan penasaran dengan kisah-kisah yang akan kamu buat selanjutnya.

Membuat script yang menghipnotis bisa kamu mulai dengan menggunakan Samsung Galaxy Note10 | 10+ melalui teknologi Digital Text Conversion. Ajaib, tulisan tangan yang kamu buat sebagai script akan berubah menjadi bentuk text dengan format file MS Word dan PDF saat sudah disimpan.

Dibekali dapur pacu prosesor Quad-Core Exynoss 9825 ber-GPU Adreno 640 dan RAM 8 dan 12 GB, Samsung Galaxy Note10 | 10+ sangat pas dipakai untuk kebutuhan videografi. Dengan daya simpan 512 GB, pengguna juga dimanjakan dengan kamera super canggih dengan kekuatan sensor 10MP dan daya rekam beresolusi 2160p pada 30fps. Belum lagi dengan 10 lensa wide, ultrawide, telephoto dan Time of Flight 3D Camera (khusus Galaxy Note10+) yang bisa membuat script awal menjadi sebuah karya audio visual yang apik dan menawan.

Jadi, jangan biarin ide yang sudah menumpuk dalam pikiran mengendap lama di sana tak diwujudkan dalam bentuk cerita ya? Ayo action, mulai dari sekarang! Nah, kalau kamu mau bikin script yang menghipnotis dengan Samsung Galaxy Note10 | 10+ silakan kunjungi www.samsung.com/id untuk dapatkan penawaran menarik.

Baca Juga: Penulis Naskah Film Fenomenal, Ini 5 Karya Jenny Jusuf yang Populer

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya