Comscore Tracker

Sosok Hian Tjen, Desainer Busana Pengantin Selebriti Tanah Air 

Salah satu selebriti tersebut adalah Maudy Ayunda

Nama Hian Tjen mendadak menghiasi pemberitaan di media sosial. Pasalnya, desainer muda ini adalah perancang busana pengantin para selebriti yang menikah belum lama ini, mulai dari Maudy Ayunda, Eva Celia, bahkan yang terbaru, Sabrina Chairunnisa.

Siapa sebenarnya sosok Hian Tjen? Ada yang spesial darinya sehingga para selebriti papan atas memilihnya sebagai desainer andalan di hari pernikahannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu perlu mengenal sosok Hian Tjen.

1. Mengejar mimpi ke Jakarta pada 2002

Sosok Hian Tjen, Desainer Busana Pengantin Selebriti Tanah Air potret Hian Tjen (instagram.com/hiantjen)

Hian Tjen lahir pada 1985 di Pemangkat, sebuah kota kecil di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Berasal dari keluarga sederhana, Hian Tjen adalah perantau yang ingin mewujudkan impiannya sebagai desainer. Berawal dari ibunya yang seorang penjahit, Hian Tjen kecil suka memanfaatkan kain sisa dengan membuat baju boneka untuk kakaknya.

Di situlah awal ketertarikannya pada dunia fashion. Sejak itu, keinginan untuk menjadi perancang busana semakin tak terbendung. Demi mengejar cita-citanya, Hian Tjen hijrah ke Jakarta selepas lulus SMA pada 2002. Ia menempuh pendidikan mode di Esmod Jakarta dan lulus pada 2003.

2. Perjalanan karir Hian Tjen 

Sosok Hian Tjen, Desainer Busana Pengantin Selebriti Tanah Air potret salah satu rancangan Hian Tjen (instagram.com/hautecouture.world)

Setelah lulus dari Esmod, Hian Tjen bekerja di dua perusahaan ritel. Di sana ia mendesain busana ready to wear yang diproduksi secara massal. Lima tahun kemudian, pada 2008, ia memutuskan untuk membangun brand sendiri. Di butik Hian Tjen bilangan Pluit, Jakarta Utara, ia fokus menggeluti evening gown dan bridal yang dibuat khusus sesuai pesanan.

Kerja keras Hian Tjen membuahkan hasil. Karya-karyanya selalu mendapatkan pujian dari para klien. Bisa dilihat dari akun Instagram pribadinya yang memperlihatkan teknik desain yang detail dengan balutan modis, feminin, elegan, sekaligus mewah.

3. Prestasi Hian Tjen 

Sosok Hian Tjen, Desainer Busana Pengantin Selebriti Tanah Air potret Hian Tjen (instagram.com/hiantjen)

Setahun setelah lulus dari Esmod, prestasi pertama sudah berhasil diraih Hian Tjen dengan masuk 10 besar Finalis Concours Creation de Mode di Paris, Prancis. Masih di Paris, di tahun berikutnya, namanya kembali masuk 5 besar Finalis Concours Creation de Bijoux.

Selain itu, di tanah air Hian Tjen juga menyabet juara favorit pada Lomba Perancang Mode Femina. Prestasinya pun terus menanjak sejak itu. Ia berkesempatan merancang busana untuk finalis Puteri Indonesia 2010. Nama Hian Tjen pun tercatat sebagai anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) termuda kala itu.

Baca Juga: 9 Seleb Pakai Gaun Pengantin Hian Tjen, Terbaru Sabrina Chairunnisa 

4. Mengikuti ajang fashion lokal dan internasional 

Sosok Hian Tjen, Desainer Busana Pengantin Selebriti Tanah Air koleksi Hian Tjen di Milan Fashion Week (instagram.com/hiantjen)

Hian Tjen juga aktif mengikuti event fashion lokal dan internasional. Pada ajang Milan Fashion Week Fall Winter 2020/2021, ia memamerkan koleksinya yang berjudul "Perfect10n" yang terinspirasi oleh Amish. Koleksinya ini ditampilkan dengan model, warna, dan detail yang luar biasa indah.

Pada perhelatan Arab Fashion Week 2022/2023, Hian Tjen merupakan satu-satunya desainer perwakilan Indonesia yang terpilih berpartisipasi dalam ajang fashion bergengsi tersebut. Pada gelaran fashion yang diadakan di Dubai Design District, Uni Emirat Arab ini, Hian Tjen mempersembahkan koleksi couture bertajuk "Provenance."

5. Langganan selebriti papan atas

Sosok Hian Tjen, Desainer Busana Pengantin Selebriti Tanah Air kolase potret gaun pengantin artis rancangan Hian Tjen (instagram.com/hiantjen)

Tak sedikit selebriti papan atas Indonesia yang telah mengenakan karyanya. Hian Tjen membuat Chelsea Oliva tampil bak putri raja dalam balutan gaun putih bersiluet ball gown bertabur 2.500 kristal Swarovski. Hasil rancangan Hian Tjen juga pernah menghiasi kemewahan dan kemegahan hari tasyakuran Lesti Kejora dan Rizky Billar. Desainnya unik, dengan tulisan nama Leslar berwarna hitam di bagian bawah yang dibordir manual.

Nabila Syakieb, Tasya Kamila, dan Fiona Anthony juga pernah mengenakan busana karya Hian Tjen saat melangsungkan pernikahan. Tak berhenti di situ, deretan terbaru artis yang busana pernikahannya dirancang oleh Hian Tjen adalah Maudy Ayunda, Eva Celia, dan Sabrina Chairunnisa. Hian Tjen berhasil membuat para selebriti tersebut tampil memukau dan menjadi sorotan netizen.

Hian Tjen telah membuktikan pencapaiannya selama 14 tahun di dunia fashion dengan segudang prestasi dan penghargaan. Karyanya yang modern, simpel tapi elegan selalu ditunggu pencintanya. Sukses terus buat karier Hian Tjen!

Baca Juga: 10 Penampilan Karya Desainer Hian Tjen di Arab Fashion Week 2022

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya