Comscore Tracker

9 Drama yang Merajai TV Indonesia Era 90-​​​​​​​2000an, Masih Ingat?

#IDNTimesHype Ada si kecil Dulce Maria, nih

Tahukah kalian, sebelum handphone dan internet menjadi hal wajib dimiliki, televisi adalah benda terpenting di dalam rumah. Tentu saja karena benda tersebut bukan hanya sebagai pengusir bosan, tapi juga satu-satunya sarana untuk mendapatkan informasi dan berhubungan dengan dunia luar.

Nah, berhubung saat itu sinetron Indonesia masih jarang, tidak sebanyak seperti sekarang, tak heran bila stasiun TV berlomba-lomba menyiarkan produksi asing untuk menarik rating penonton dan tentu saja hal itu berhasil!

Ya, tahun 90an hingga 2000an adalah era sukses Meksiko, Taiwan, Tiongkok, Korea dan bahkan India di layar kaca Indonesia. Tak percaya? Cek sendiri deh! Pasti kenal dan pernah nonton serial di bawah ini.

1. Marimar (1994)

https://www.youtube.com/embed/7nS11PbsAwo

Telenovela dengan 74 episode asal Meksiko ini diperankan oleh Thalia, Eduardo Capetillo dan Chantal Andere. Drama romantis tersebut mengisahkan tentang lika-liku nasib percintaan Marimar dan Sergio Santibanez. 

Pasti, nih, soundtrack-nya terngiang banget di kepala kamu. Atau, bahkan hafal di luar kepala, nih?

2. Esmeralda (1997)

https://www.youtube.com/embed/oUxlpll0BY0

Telenovela legendaris dengan tokoh yang tak terlupakan ini berkisah tentang kehidupan Esmeralda, seorang gadis cantik yang buta dan miskin. Dibintangi oleh Leticia Calderon dan Fernando Colunga, serial Meksiko ini berhasil menjarah hati para emak-emak di Indonesia.

3. Meteor Garden (2001)

https://www.youtube.com/embed/fTzQAHYkopU

Siapa yang tak kenal drama ikonik satu ini? Serial adaptasi dari komik Jepang berjudul Hana Yori Dango bukan hanya booming di negaranya, Taiwan, tapi juga terkenal di penjuru dunia, salah satunya Indonesia. 

Diperankan oleh Barbie Xu, Jerry Yan, Vic Chou, Ken Zhu dan Vanness Wu, tokoh San Chai dan anggota F4 ini berhasil membuat penonton remaja baper berjamaah kala itu. 

4. Kabut Cinta (2001)

https://www.youtube.com/embed/euwVqOHjXn4

Berlatar kehidupan era perang dan diselipi adegan laga, serial televisi Tiongkok yang berjudul asli Romance in the Rain ini mengisahkan tentang lika-liku hidup dan perjalan cinta Yi Ping, seorang gadis yang terpaksa menjadi penyanyi bar demi menghidupi diri dan ibunya. Serial dengan 49 episode ini dibintangi oleh Zhao Wei, Ruby Lin, Leo Ku dan Alec Su.

Baca Juga: 7 Soundtrack Telenovela Jadul yang Bikin Nostalgia

5. Endless Love (2002)

https://www.youtube.com/embed/jDgaSXk7FMc

Drama Korea berjudul asli Autumn in My Heart ini diperankan oleh Song Hye Kyo, Song Seung Heon dan Won Bin. Mengisahkan tentang dua saudara tak sedarah, Yoon Joon Suh dan Yoon Eun Suh serta kehidupan mereka setelah dipisahkan. Bergenre romance drama, serial ini berhasil menguras air mata penonton sepanjang 16 episode.

6. At The Dolphin Bay (2003)

https://www.youtube.com/embed/EWLabnIRIJg

Diperankan oleh Angela Zhang, Ambrose Shu, Wallace Huo dan Jill Shu, serial 28 episode asal Taiwan ini berhasil menghipnotis penonton dengan kisah haru Yi Tian Bian dan Ze Ya, dua sahabat yang terpisah sejak kecil dan berjanji akan bertemu kembali di teluk lumba-lumba.

7. Carita De Angel (2003)

https://www.youtube.com/embed/6UgOT-ct3-M

Telenovela asal Meksiko ini memiliki 175 episode. Mengusung tema keluarga, serial yang dibintangi oleh Lisette Morelos, Miguel de Leon dan si imut Daniela Aedo mengisahkan tentang seorang gadis cilik lucu nan ceria namun sedikit bandel, Dulce Maria. Dirinya berjuang untuk menyingkirkan pacar sang ayah yang jahat dan menyatukan ayahnya dengan suster baik hati di sekolahnya. 

8. Twins (2004)

https://www.youtube.com/embed/XFEsoZX1CUk

Serial Taiwan bergenre romance, comedy dan drama ini berpusat pada Zhuang Fei Yang dan Liang Shio Feng, dua gadis kembar yang tak menyadari mereka bersaudara. Bertukar posisi demi balas dendam setelah salah satu di antara mereka mengalami kecelakaan dan harus operasi plastik. Berjudul asli 100% Senorita, serial ini memiliki total 40 episode.

9. Full House (2006)

https://www.youtube.com/embed/krb2ttxSpVE

Serial 16 episode asal Korea ini menceritakan tentang perjalanan cinta sang penulis skrip, Han Ji Eun dan aktor terkenal Lee Yeong Jae, yang terpaksa menikah kontrak meski mereka baru kenal dan tak akur. Diperankan oleh Song Hye Kyo dan Rain, drama ini bukan hanya bikin baper tapi juga mengocok perut.

Dari deretan drama di atas, judul yang mana, nih, yang termasuk favorit kamu? Semoga bisa nonton lagi aksi dari aktor maupun aktris favorit kamu di atas, ya!

Baca Juga: Kamu Remaja 90an? Pasti Suka Nonton 10 Telenovela Jadul Ini, Nostalgia

Ika Murdika Photo Writer Ika Murdika

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya