Comscore Tracker

Lagu KPop Hilang dari Spotify? Ini 5 Fakta Pentingnya

Dari lagu Epik High sampai OST Hotel Del Luna, hilang!

Di hari pertama Maret 2021 ini, para penggemar KPop dikejutkan dengan berita bahwa sejumlah lagu KPop yang dapat didengarkan di Spotify telah dihapus. Hal tersebut membuat para penggemar musik Korea bingung sekaligus panik.

Apa, sih, yang terjadi? Mengapa ribuan lagu KPop bisa hilang di Spotify? Yuk, simak 5 fakta pentingnya di bawah ini!

1. Resmi dihapus tanggal 1 Maret

Lagu KPop Hilang dari Spotify? Ini 5 Fakta Pentingnyatwitter.com/theseoulstory

Tepatnya mulai dari pukul 00.00 KST tanggal 1 Maret 2021, sejumlah lagu KPop di Spotify tidak dapat diakses melalui Spotify. Lagu-lagu KPop yang berada di playlist pengguna akan terhapus secara otomatis. Lagu-lagu KPop yang terhapus ini merupakan lagu yang dirilis oleh distributor Korea KakaoM. KakaoM sendiri merupakan distributor yang dikenal memiliki aplikasi streaming musik besar di Korea, yaitu MelOn. 

2. Lisensi lagu KakaoM yang dimiliki Spotify sudah kedaluarsa

Lagu KPop Hilang dari Spotify? Ini 5 Fakta Pentingnyabandwagon.asia

Pada pagi hari di tanggal yang sama, 1 Maret 2021, Spotify mengeluarkan pernyataan bahwa hilangnya lagu-lagu KPop tersebut disebabkan oleh perjanjian lisensi antara Spotify dan KakaoM telah berakhir pada 1 maret 2021. Karena itu, mereka menyatakan bahwa mereka tak lagi memiliki wewenang untuk menyiarkan lagu-lagu tersebut. 

3. Spotify baru rilis di Korea

Lagu KPop Hilang dari Spotify? Ini 5 Fakta Pentingnyadok. Spotify

Aplikasi Spotify sendiri baru rilis di Korea Selatan pada 1 Februari 2021 lalu. Pada perilisan perdananya, Spotify Korea memang sudah tidak menyajikan lagu-lagu dari artis di bawah naungan Kakao M. Lagu-lagu artis di bawah naungan Kakao M sendiri mencakup 37,5% lagu pada Top 400 tangga lagu tahunan 2020 Gaon Music Chart. Hal tersebut merupakan bukti bahwa Kakao M memegang banyak sekali musik KPop yang populer.

Baca Juga: Super Ngehits, 10 Lagu KPop yang Selalu Viral Setiap Musim Panas

4. Lagu IU, Epik High, MAMAMOO hingga OST drama Korea hilang!

Banyaknya lagu-lagu KPop yang hilang tentunya membuat para pengguna setia Spotify kebingungan. Pasalnya, tak sedikit koleksi lagu dari penyanyi, boyband, dan girlband terpopuler di Korea ikut menghilang. Musisi populer Korea yang sebagian hingga seluruh lagu di albumnya hilang meliputi IU, SEVENTEEN, NU'EST, MAMAMOO, Epik High, CL, GFRIEND, MONSTA X, Apink, THE BOYZ, VICTON, Sunmi, (G)I-DLE, LOONA, SF9, HyunA, PENTAGON dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, album OST drama Korea terkenal seperti Hotel del Luna, Run On, hingga High School Love On juga ikut menghilang. Pengguna Twitter @lemonphobic sempat menuliskan daftar penyanyi yang lagunya hilang di Spotify pada tweet di atas. 

5. Kekecewaan penggemar, artis dan tanggapan dari Spotify

Para penggemar KPop di Indonesia maupun internasional merasakan kekecewaan yang besar akan hilangnya lagu-lagu penyanyi favorit mereka di Spotify. Tak hanya para penggemar, para artis pun merasa kecewa dan dirugikan oleh kejadian ini. Salah satu penyanyi KPop dari grup Epik High, Tablo, menyatakan pada akun Twitter pribadinya bahwa penghapusan katalog lagu mereka di Spotify bukan keinginan mereka.

"Terlepas dari siapa yang salah, kenapa selalu artis dan fans yang menderita ketika dalam keserakahan bisnis atas seni ini?" kata Tablo.

Menanggapi kekecewaan berbagai pihak, Spotify pun memberikan tanggapan bahwa mereka akan berusaha untuk menyelesaikan masalah ini secepatnya.

"Kami berharap bahwa gangguan ini akan bersifat sementara dan kami dapat menyelesaikan secepatnya. Kami tetap berkomitmen untuk berkerja sama dengan para pemegang lisensi lokal termasuk KakaoM untuk membantu peningkatan pasar musik Korea dan ekosistem pemutaran musik secara keseluruhan," ujar perwakilan Spotify pada pernyataan tertulis mereka, 1 Maret 2021.

Nah, itu dia 5 fakta mengenai penghapusan sebagian besar lagu KPop di Spotify. Yuk, kita doakan semoga masalah ini cepat teratasi, ya!

Baca Juga: 12 Kolaborasi KPop X KPop yang Paling Dinantikan, Bakal Heboh KPopers!

Topic:

  • Zahrotustianah
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya