Comscore Tracker

Mendadak Hits, Brave Girls dan 4 Grup Korea Ini Aslinya Nyaris Bubar

Tiba-tiba populer, padahal udah mau bubar #WaktunyaKorea

Berkarier di industri musik Korea memang sulit. Persaingan yang ketat antar-grup KPop yang jumlahnya banyak kadang harus berujung pahit, yaitu bubar. Meski banyak grup yang menghadapi krisis ini, namun ada beberapa yang malah mendapat keajaiban. Popularitas mereka naik saat sedang diambang bubar.

Siapa saja, nih, grup Korea yang tiba-tiba populer sebelum disband? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini!

1. Brave Girls

https://www.youtube.com/embed/MthLgPs7oU4

Brave Girls sekarang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di Korea Selatan berkat lagunya yang booming, yaitu Rollin'. Lagu tersebut pertama dirilis pada tahun 2017 silam dan mendapat popularitas secara tiba-tiba akibat video YouTube penampilan mereka di depan para tentara Korea. Sekarang, Brave Girls kembali mempromosikan lagu Rollin' di acara-acara musik. Tak hanya itu, lagu Rollin' juga sedang berada di posisi teratas semua tangga lagu Korea.

Namun, di balik kesuksesan tersebut, Brave Girls mengungkapkan bahwa mereka awalnya berencana untuk bubar setelah rilis lagu comeback terakhir mereka, yaitu We Ride. Hal itu karena mereka merasa tak kunjung sukses meski sudah debut selama 10 tahun. Mereka juga telah meninggalkan dorm dan kembali tinggal bersama keluarga. Berkat sukses dadakan ini, Brave Girls kemudian kembali untuk tinggal bersama di dorm dan melanjutkan aktivitas mereka sebagai grup.

2. EXID

https://www.youtube.com/embed/hfXZ6ydgZyo

EXID merupakan salah satu grup yang kembali populer berkat YouTube. Awalnya tak begitu memiliki popularitas, EXID tiba-tiba populer, karena video fancam Hani yang sedang menampilkan lagu Up & Down viral di YouTube. Setelah itu, banyak sekali acara televisi yang mengundang Hani dan anggota EXID lainnya untuk menjadi bintang tamu. Mulai dari variety shows, bintang video klip, hingga kembali menampilkan lagu mereka di acara musik Korea.

Sebelum lagu Up & Down viral, EXID juga dikabarkan akan bubar. Mereka telah debut sejak 2012 dan merasa tak kunjung mendapatkan popularitas yang diharapkan. Lagu Up & Down pada saat rilis perdananya juga hilang dari tangga musik setelah satu minggu.

3. NU'EST

https://www.youtube.com/embed/MwlKalNwGdk

NU'EST awalnya merupakan grup yang cukup populer di kalangan para penggemar KPop. Namun, seiring berjalannya waktu, popularitas mereka semakin memudar. Sempat memikirkan untuk bubar, para anggota NU'EST akhirnya memutuskan untuk berusaha sekali lagi dengan mengikuti acara Produce 101 Season 2. Pada acara tersebut, Dong Ho, Jong Hyun, Ren, dan Minhyun menerima banyak perhatian dari para penonton.

Setelah acara berakhir, lagu NU'EST yang berjudul HELLO pun kembali melejit di tangga musik Korea. Hal itu juga menyebabkan NU'EST kembali mempromosikan lagu tersebut dan melaksanakan berbagai comeback yang sukses setelahnya. 

Baca Juga: Umumkan Comeback, 10 Penampilan Ikonik dari NU'EST

4. VICTON

https://www.youtube.com/embed/xV-W0BlfNlM

Sebelum tahun 2019, VICTON merupakan boyband yang jarang dikenal oleh penggemar KPop. Grup ini hampir bubar dikarenakan popularitas mereka yang tak kunjung berkembang. Namun, grup ini menerima banyak perhatian dari para penggemar KPop setelah dua anggotanya, yaitu Byungchan dan Seungwoo, berpartisipasi dalam acara Produce X 101. 

Salah satu anggota, yaitu Byungchan, bahkan sempat menyatakan bahwa ia pernah ingin kabur karena stres berat yang dirasakan. Namun, semua kesedihan masa lalu terbayarkan dengan kesuksesan mereka sekarang. VICTON bahkan menerima penghargaan pertama mereka di acara musik, karena popularitas yang tiba-tiba meroket ini.

5. Oh My Girl

https://www.youtube.com/embed/QIN5_tJRiyY

Tak disangka, meski Oh My Girl pada awal kariernya mendapat banyak perhatian dari penggemar KPop internasional, ternyata mereka juga mengalami permasalahan yang hampir berujung bubar. Seunghee dan Binnie saat interview bersama majalah Marie Claire mengatakan bahwa mereka merasa tak kunjung populer di Korea setelah rilisnya album bertajuk Coloring Book. 

Sempat hiatus karena masalah ini, Oh My Girl akhirnya menerima keajaiban saat mereka sukses dengan album bertajuk Secret Garden. Album tersebut menghantarkan mereka ke posisi atas di tangga musik untuk pertama kalinya setelah debut. Sekarang, Oh My Girl merupakan salah satu girlgroup Korea paling terkenal dengan lagu-lagu mereka yang sangat adiktif, yaitu Nonstop dan Dolphin.

 

Nah, itu dia 5 grup KPop yang hampir bubar karena kurangnya popularitas. Siapa, nih, para penggemar dari grup-grup di atas?

Baca Juga: Main KDrama A Girl’s World, 9 Foto Arin Oh My Girl dengan Seragam

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya