Comscore Tracker

Gak Melulu Pencitraan, 5 Film Presiden US Ini Bahas Isu Lebih Bermakna

Ada yang inspiratif sampai menegangkan

Sudah 45 presiden berganti di negara Amerika Serikat dan sudah berbagai macam kisah dan karakter yang berbeda beda muncul menjadi presiden di negara adidaya tersebut mulai dari yang kontroversi seperti Donald Trump atau presiden kulit hitam pertama di US yakni Barack Obama. 

Dari semua Presiden USA ada beberapa presiden yang punya kisah sangat menarik yang harus kalian tonton, entah kisah hidupnya sejak kecil, atau kisah mereka dalam memecahkan masalah-masalah kritis yang ada di Negaranya. Apa saja filmnya? yuk langsung kita cek saja!

1. Lincoln (2012)

Gak Melulu Pencitraan, 5 Film Presiden US Ini Bahas Isu Lebih Bermaknafernbyfilms.com

Mengisahkan tentang presiden Amerika Abraham Lincoln di masa-masa terakhir sebelum kematiannya. Lincoln berusaha untuk mengakhiri perang sipil dan menghapuskan perbudakan di Amerika. Di sini kita akan melihat bagaimana kegigihan untuk memperjuangkan kebenaran di tengah nilai keadilan moral, tuntutan, dan tekanan yang luar biasa.

Steven Spielberg menjadi salah satu orang yang tak pernah diragukan kualitasnya salah satunya pada film ini, dan luar biasanya kali ini dia mengajak Daniel Day-Lewis, salah satu artis terbaik sepanjang masa yang mampu membangkitkan karakter Lincoln dengan sempurna. Karena kemampuan aktingnya Daniel Day-Lewis memenangkan Oscar ketiganya menjadikan dia satu-satunya aktor yang mampu memenangkan Oscar dalam kategori pemeran utama. 

https://www.youtube.com/embed/KJVuqYkI2jQ

2. The Butler (2013)

Gak Melulu Pencitraan, 5 Film Presiden US Ini Bahas Isu Lebih Bermaknaohthatfilmblog.wordpress.com

Memang dalam film ini tidak berfokus pada kisah presiden Amerika namun pada pelayan White House bernama Cecile Gains. Namun luar biasanya film ini mengisahkan delapan kisah presiden dari sudut pandang Cecile Gains yang sudah mengabdikan diri puluhan tahun lamanya

Kita akan melihat presiden Dwight D. Eisenhower (Robin Williams), John F. Kennedy (James Marsden), Lyndon B. Johnson (Liev Schreiber), Richard Nixon (John Cusack), dan Ronald Reagan (Alan Rickman) ketika mereka memegang jabatannya. Ada juga beberapa presiden lain yang di kisahkan di sana salah satunya Barack Obama.

Dalam film ini kita akan melihat bagaimana perubahan sitem Amerika terutama dalam memandang kebijakan sosial hingga menjadi Amerika yang sekarang.

https://www.youtube.com/embed/DUA7rr0bOcc

Baca Juga: 5 Film Biografi Tahun 2018 yang Menarik dan Penuh Makna

3. Thirteen Days (2001)

Gak Melulu Pencitraan, 5 Film Presiden US Ini Bahas Isu Lebih Bermaknanetflixmovies.com

Mengisahkan kisah presiden yang sangat terkenal yakni John F. Kennedy yang di perankan oleh Bruce Greenwood dan penasehatnya Kenny O'Donnell dalam kondisi perpolitikan yang sangat menegangkan.

Di tahun 1962 di kondisi perang dingin yang berpotensi menjadi awal dari perang dunia ke tiga, Rusia memasang misil di Cuba yang hanya berjarak 90 mil dari Florida, Amerika, dengan penduduk sebanyak 80 juta jiwa.

Film ini mendalami bagaimana sang presiden menangani krisis yang berpotensi perang besar ini secepat mungkin selama tiga belas hari yang bisa menentukan nasib Amerika selama-lamanya.

https://www.youtube.com/embed/-yfIoHXOO9E

4. Nixon (1995)

Gak Melulu Pencitraan, 5 Film Presiden US Ini Bahas Isu Lebih Bermaknaimdb.com

Film ini mendapatkan empat nominasi Oscar salah satunya artis terbaik yang di perankan oleh Anthony Hopkins. Hopkins berhasil menampilkan performa yang luar biasa, meski sudah banyak film yang membahas presiden Nixon sebelumnya.

Di dalam film ini kita akan melihat bagaimana kisah presiden Nixon sejak dia kecil, hingga menjadi orang nomor satu di Amerika. Hingga akhirnya dia menyalahgunakan kekuasaanya di Gedung Putih dan mengakibatkan kejatuhan kariernya.

https://www.youtube.com/embed/dO2LWKpeyI8

5. All the Way (2016)

Gak Melulu Pencitraan, 5 Film Presiden US Ini Bahas Isu Lebih Bermaknaltrbxd.com

yang terakhir kita akan membahas tentang presiden Lyndon B. Johnson atau yang biasa di singkat LJB. Meski LBJ sendiri mungkin bukan Presiden AS yang paling menarik, namun ia memiliki karakter yang eksentris. dengan banyak kelemahan menjadikannya orang yang  sangat manipulatif.

Film ini mengisahkan bagaimana LJB berjuang untuk meloloskan RUU Hak-hak Masyarakat Sipil ke Kongres, setelah kematian presiden John F. Kennedy

Luar biasanya Bryan Cranston mampu menggambarkan karakter LJB dengan baik. Penampilan Bryan Cranston (Breaking Bad) sebagai Presiden AS Lyndon Baines Johnson, dirasa banyak orang menakjubkan.

https://www.youtube.com/embed/fzZs6w_VLbQ

Itu tadi adalah 5 film Presiden US yang gak melulu pencitraan. Menurut kalian mana nih dari mereka yang menarik buat kalian tonton? 

Baca Juga: Tanpa Kamu Ketahui, 15 Sekuel Film Ini Sedang Dibuat Lho!

IndraDwi Photo Community Writer IndraDwi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You