Comscore Tracker

Gak Cuma Bird Box, Ini 5 Karya Netflix yang Juga Bikin Kontroversi 

Masalah rasisme, kesetaraan gender, sampai body shaming

Di akhir tahun lalu, Netflix meliris salah satu film yang mendapatkan banyak pujian yakni Bird Box. Salah satu penyebab kesuksesan Bird Box sendiri di sebabkan oleh jalan cerita yang cukup unik. Dalam film itu dikisahkan untuk bisa bertahan hidup dari para monster, manusia harus menutupi matanya agar tidak hilang kesadaran dan bunuh diri. 

Setelah Bird Box bisa ditonton malah banyak yang terinspirasi untuk melakukan  hal yang sama dengan film di kehidupan nyata.  Mereka menutup mata mereka dan menoba melakukan kehiatan sehari harinya. Challange ini terkenal dengan sebutan Bird Box Challange. Kontroversi ini semakin masif sampai ada orang yang mengalami kecelakaan karena menyetir dengan mata tertutup.

Fenomena itu membuat Netflix turun tangan dan mengingatkan semua orang untuk tidak melakukan challange yang sangat berbahaya tersebut. Ternyata, bukan cuma sekali saja Netflix menimbulkan kontroversi di masyarakat.

Ada beberapa film dan serial originalnya menuai banyak kritikan dimasyarakat. Di sini ada 5 karya netflix yang tergolong kontroversial di masyarakat. Apa aja? langsung kalian cek aja!  

1. Death Note

Gak Cuma Bird Box, Ini 5 Karya Netflix yang Juga Bikin Kontroversi youtube.com/netflix

Banyak orang yang sudah pesimis dengan sejak pengumuman bahwa Death Note akan mendapatkan adaptasi live action dari Netflix. Hal itu di karenakan hampir semua film Amerika yang mengadaptasi anime mengalami banyak sekali kritikan. Salah satu alasannya adalah cerita yang disampaikan tidak merepresentasikan cerita asli dengan baik.

Dalam kasus Death Note tidak hanya cerita yang di sampaikan sangat jauh sekali dengan cerita asli namun mereka juga melakukan whitewashing pada karakternya. Whitewashing adalah fenomena ketika aktor berkulit putih memainkan karakter yang bukan ras berkulit putih . 

Kisah Death Note yang di adaptasi oleh Netflix hanya menggunakan satu aktor dari Jepang di saat hampir semua karakter yang ada dalam cerita harusnya memiliki ras Jepang. 

2. The Crown

Gak Cuma Bird Box, Ini 5 Karya Netflix yang Juga Bikin Kontroversi whats-on-netflix.com

Bukan hanya masalah rasisme, Netflix juga terlibat masalah gender. Ini terjadi di salah satu serial paling populer Netflix, The Crown. Bukan pada cerita yang disampaikan, masalah ada pada gaji dua artis utama mereka.

Diketahui ternyata Claire Foy sebagai pemeran utama yakni Ratu Elizabeth II mendapatkan gaji yang jauh lebih sedikit dari pemeran pendampingnya yakni Matt Smith. Hanya karena pemeran utamanya perempuan akhirnya gajinya lebih sedikit, gimana menurut kamu nih ? 

Baca Juga: Penuh Makna, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Dokumenter Netflix Marie Kondo

3. House of Cards

Gak Cuma Bird Box, Ini 5 Karya Netflix yang Juga Bikin Kontroversi cnet.com

Sama dengan The Crown, salah satu serial yang paling di unggulkan Netflix yakni House of Cards  juga tak lolos dari kontroversi yang ada.

Aktor utama dalam House of Cards yakni Kevin Spacey, yang bermain sebagai Frank Underwood, di ketahui melakukan pelecehan hingga kekerasan seksual tak terhitung banyaknya. 

Hingga pada akhirnya Netflix sudah tepat memecat Kevin Spacey. Namun, kasusnya sudah membuat citra serial itu menjadi sangat anjlok dan tidak populer seperti sebelumnya.

4. 13 Reasons Why

Gak Cuma Bird Box, Ini 5 Karya Netflix yang Juga Bikin Kontroversi studybreaks.com

Kurang lengkap berbicara tentang Netflix tanpa menampilkan salah satu serial paling populernya di kalangan remaja.

Serial ini sangat terkenal kontroversial dengan mengisahkan problematika serius dalam remaja mulai dari pemerkosaan, bunuh diri, bullying dan selainnya. Meski Netflix menyangkal, namun banyak kritikus menilai bahwa serial tentang Hannah Baker ini bisa meningkatkan jumlah orang yang ingin melakukan percobaan bunuh diri. 

5. Insatiable

Gak Cuma Bird Box, Ini 5 Karya Netflix yang Juga Bikin Kontroversi indianexpress.com

Sebelum serial ini keluar, semua orang sudah merasa muak dengan ceritanya. Isatiable menceritakan "Fatty Patty", gadis remaja yang sering di bully karena kelebih berat badan. Malahnya serial ini tidak menceritakan kisahnya ketika dia kelebihan berat badan tapi ketika dia sudah merasa bahwa tubuhnya sudah proporsional.

Patty dikisahkan sebagai gadis yangs berambisi mendapatkan pengakuan sosial dari yang lain, untuk mencapatinya dia harus mempertahankan bentuk ideal tubuhnya bahkan jika harus membuatnya keparan. Kisahnya menjadi salah satu kampanye yang sangat buruk di kalangan remaja yang hanya mengejar status sosial dan menyakiti diri sendiri untuk mendapatkannya. 

Itu tadi 5 karya Netflix yang juga bikin kontroversi. Gimana nih menurut kalian ?  

Baca Juga: 12 Film Original Netflix Terbaik Sepanjang 2018, Wajib Ditonton!

Indra Dwi Prakoso Photo Verified Writer Indra Dwi Prakoso

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya