Comscore Tracker

TANDA CINTA, Teater di Rumah Aja dari Djarum Foundation

Yuk nonton weekend ini!

Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menghadirkan rekaman pementasan teater yang dapat ditonton di rumah melalui program #NontonTeaterDiRumahAja. Akhir pekan ini, kamu dapat menyaksikan rekaman pementasan Tanda Cinta yang diproduksi oleh Teater Koma.

Lakon ini akan  ditayangkan pada Sabtu, 27 Juni dan Minggu, 28 Juni pukul 15.00 WIB di website www.indonesiakaya.com serta channel YouTube IndonesiaKaya.

 

1. Lakon Tanda Cinta digelar khusus untuk menyambut hari jadi pernikahan Nano Riantiarno dan Ratna Riantiarno yang ke-27

TANDA CINTA, Teater di Rumah Aja dari Djarum Foundationteaterkoma.org

Tanda Cinta ini merupakan rekaman pementasan yang diselenggarakan pada 27 sampai 29 Juli 2005 di Gedung Kesenian Jakarta. Lakon ini sendiri digelar khusus untuk menyambut hari jadi pernikahan Nano Riantiarno dan Ratna Riantiarno yang ke-27 yang jatuh pada 28 dan 29 Juli (1978-2005).

Sebelum menyaksikan lakon Tanda Cinta, penikmat seni juga dapat mengetahui lebih lanjut mengenai lakon ini melalui live chit-chat bersama N. Riantiarno dan Ratna Riantiarno, yang dapat disaksikan melalui akun Instagram @indonesia_kaya pada Jumat, 26 Juni 2020 pukul 19.00 WIB.

 

2. Lakon ini tentang pasangan suami istri yang telah lama menjalani kehidupan rumah tangga dan kini memasuki usia senja

TANDA CINTA, Teater di Rumah Aja dari Djarum Foundationinstagram.com/teaterkoma

Lakon yang dimainkan oleh N. Riantiarno dan Ratna Riantiarno ini berkisah tentang pasangan suami istri yang telah lama menjalani kehidupan rumah tangga dan kini memasuki usia senja. Timbul pertanyaan dari suami, "Masih adakah cinta di antara kita?".

Suami hanya ingin mendengar jawaban masih ada atau tidak ada, pertanyaan tersebut selalu mendapat jawaban panjang lebar dari istri yang malah menimbulkan berbagai pertanyaan baru. Bagi istri, mencintai tak harus selalu dengan kata-kata, tapi lebih nyata jika berupa tindakan. Sedangkan bagi suami, meski tindakan penting, kata-kata juga penting.

Baca Juga: Nonton Teater di Rumah Aja dari Djarum Foundation, Ada Chelsea Islan!

3. Selain nonton Tanda Cinta, kamu juga bisa nikmati pementasan online streaming #dirumahaja

TANDA CINTA, Teater di Rumah Aja dari Djarum Foundationpsbk.or.id

Selain menyaksikan rekaman pementasan, kamu juga dapat menyaksikan pementasan kelompok seni yang menampilkan karyanya secara daring dalam program Online Streaming #DiRumahAja. Pertama Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mempersembahkan Jagongan Wagen (JW) edisi keempat tahun ini yang menampilkan Porta Art Project dengan karya terbarunya berjudul Kutu/Kota.

Melalui karya ini, kelompok seni peraih Hibah Seni PSBK  asal Yogyakarta ini mempertanyakan keberadaan ‘diam’ atau ‘hening’ sebagai ruang refleksi warga kota di tengah kondisi kota yang serba cepat dan pesat. Pementasan ini diramu dari susunan musik tekno dan konvensional, serta sentuhan visual multimedia yang mengilustrasikan kota Jogja.

Pementasan ini dapat disaksikan secara live streaming melalui akun YouTube IndonesiaKaya pada Sabtu, 27 Juni 2020 pukul 19.30 WIB. Penayangan ini juga disertai dengan adanya Closed Caption bagi audiens dengan difabilitas.

 

4. Kamu juga bisa nonton pementasan Wayang Orang Swargaloka lho!

TANDA CINTA, Teater di Rumah Aja dari Djarum Foundationindonesiakaya.com

Wayang Orang (WO) Swargaloka didukung Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan pertunjukan berjudul Jejak Asa Sang Dewi (JASD) 4 yang merupakan sebuah karya bersambung yang digelar dua tahunan untuk menggambarkan perjalan Dewi Sulastri dalam berkesenian. Kali ini JASD 4 akan dipresentasikan dengan latar belakang perjalanan Dewi Sulastri sebagai pemain wayang orang.

Acara ini melibatkan penari dari Swargaloka School Of Dance, dan diiringi musik Dedek Gamelan Orchestra, serta menghadirkan pemain tamu wartawan senior Dr. Ninok Laksono dan pemerhati budaya Dr. R.Ayu Dominica Diniafiat. Penikmat seni dapat menyaksikan pementasan daring ini melalui live streaming di akun Youtube IndonesiaKaya pada Minggu, 28 Juni 2020 pukul 20.00 WIB.

5. Dukungan untuk pekerja seni panggung budaya

Selain mengajak para penikmat seni untuk #NontonTeaterDiRumahAja, Indonesia Kaya bekerja sama dengan Happy Salma, Butet Kartaredjasa dan Ratna Riantiarno sebagai para seniman pertunjukan panggung juga mengajak penikmat seni ikut memberikan, Dukungan Untuk Pekerja Seni Panggung Budaya. Musibah Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 ini membuat banyak acara seni, khususnya seni pertunjukan panggung yang mengalami pembatalan.

“Melalui kitabisa.com, kami ingin mengajak masyarakat untuk mendukung para pekerja seni panggung budaya yang kehilangan mata pencahariannya di saat yang kurang baik ini. Bantuan akan diberikan dalam bentuk dana ke para pekerja seni dan kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban para pekerja seni, sehingga mereka dapat berkarya lagi di kemudian hari,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

 

Baca Juga: Seru dan Aman Sambil Nonton Teater di Rumah Aja dari Djarum Foundation

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya