Comscore Tracker

Gak Melulu Bucin, Ini 11 Rekomendasi KDrama 2020 tentang Friendship

Fans Itaewon Class mari merapat! #WaktunyaKorea #HypeIDN

Hadirnya sekian banyak judul drama Korea dengan berbagai genre dapat memudahkan pecinta KDrama memilih drama apa yang akan ditonton sesuai dengan minat masing-masing. Mulai dari genre romance, comedy, horror, thriller, melodrama, bahkan law, dan juga crime.

Tak lupa, drakor a.k.a drama Korea bergenre friendship juga cukup digandrungi oleh masyarakat. Sebut saja drama Korea Itaewon Class yang sempat booming waktu itu. Selain Itaewon Class, berikut ini ada beberapa rekomendasi KDrama 2020 yang memiliki genre friendship. Keep scrolling, guys!

1. XX

https://www.youtube.com/embed/twdNrhOhshs

Drama Korea yang berjudul XX ini juga dikenal dengan judul Blue Moon. Mulai tayang sejak 24 Januari sampai 21 Februari 2020 di TV kanal MBC dengan 10 episode. Diperankan oleh Ahn Hee Yeon, Hwang Seung Eon, Bae In Hyuk, dan Lee Jong Won.

Bercerita tentang seorang kepala bartender terkenal yang bermimpi untuk membuka bar sendiri. Terjadi konflik saat hadirnya pemilik baru bar tersebut dan ternyata ia merupakan teman lama si kepala bartender yang sempat terjadi sesuatu dengannya di masa lalu.

2. Itaewon Class

https://www.youtube.com/embed/NNP8m3gaaFE

Drama Korea yang berjudul Itaewon Class ini sempat ramai diperbincangkan oleh publik. Mulai tayang sejak 31 Januari sampai 21 Maret 2020 di TV kanal jTBC dengan 16 episode. Diperankan oleh Park Seo Joon, Kim Da Mi, Nara, dan Yoo Jae Myung.

Bercerita tentang seorang murid yang dikeluarkan dari sekolah dengan alasan telah meninju pelaku intimidasi di tempat itu, sekaligus mendapati ayahnya mengalami kecelakaan. Gak tinggal diam, ia pun bangkit untuk 'balas dendam' dengan mengembangkan restoran DanBam di Itaewon.

3. When the Weather Is Fine

https://www.youtube.com/embed/hF6Pl3DUcrE

Drama Korea yang berjudul When the Weather Is Fine ini juga dikenal dengan judul I'll Find You on a Beautiful. Mulai tayang sejak 24 Februari sampai 21 April 2020 di TV kanal jTBC dengan 16 episode. Diperankan oleh Park Min Young, Seo Kang Joon, Moon Jung Hee, Lee Jae Wook, Kim Hwan Hee, dan Im Se Mi.

Bercerita tentang seorang wanita yang tersakiti secara emosional oleh orang lain. Ia kemudian pulang ke halaman rumah dan bertemu dengan seseorang yang menjalankan sebuah toko. Awalnya kehidupan si pemilik toko sederhana saja, namun menjadi berubah saat ada seorang wanita hadir di hidupnya.

Baca Juga: 9 Drama Korea Romance Terbaik Tahun 2000-2010 Ini Bikin Baper! 

4. Hospital Playlist

https://www.youtube.com/embed/QdqdgF7Z5gs

Drama Korea yang berjudul Hospital Playlist ini juga dikenal dengan judul Doctor Playbook. Mulai tayang sejak 12 Maret sampai 28 Mei 2020 di TV kanal tvN dengan 12 episode. Diperankan oleh Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, dan Jeon Mi Do.

Menceritakan tentang sebuah kisah istimewa antara lima sahabat lama yang telah berjalan selama 20 tahun, mereka memulai pendidikan S1 pada tahun 1999 silam di fakultas kedokteran yang sama. Hingga saat dewasa bekerja, mereka sekaligus menjadi rekan kerja di rumah sakit yang sama.

5. How to Buy a Friend

https://www.youtube.com/embed/Rx_QsKPL_A8

Drama Korea yang berjudul How to Buy a Friend ini juga dikenal dengan judul Friendship Contract. Mulai tayang sejak 6 April sampai 14 April 2020 di TV kanal KBS2 dengan 8 episode. Diperankan oleh Jeon Mi Do, Lee Shin Young, Shin Seung Ho, dan Kim So Hye.

Bercerita tentang seorang siswa sekolah menengah yang menjadi mudah emosi akibat desas-desus yang ia dapatkan setelah pacarnya bunuh diri mendadak. Sempat ditahan, ia akhirnya bertemu dengan seseorang yang kemudian bekerjasama mencari kebenaran soal kematian pacarnya.

6. Extracurricular

https://www.youtube.com/embed/AV29rEuiYdo

Drama Korea yang juga dikenal dengan judul Human Class ini tayang di Netflix dengan 10 episode sejak 29 April 2020. Diperankan oleh Kim Dong Hee, Park Joo Hyun, Jung Da Bin, dan Nam Yoon Soo.

Menceritakan tentang seorang model sekolah menengah yang melakukan sebuah pilihan buruk untuk membayar biaya pendidikannya. Namun hal tersebut kemudian mengarah pada kejahatan serius.

7. IN-SEOUL: Season 2

https://www.youtube.com/embed/AKwlPN_vqU0

Drama Korea IN-SEOUL: Season 2 ini juga dikenal dengan judul IN SEOUL S2: Friends Don't Live Together. Mulai tayang sejak 12 Juni sampai 21 Juli 2020 dengan 12 episode di TV kanal JTBC. Diperankan oleh Min Do Hee, Jin Ye Ju, Ryeoun, Lee Ki Taek, dan Jung Hye Rin.

Bercerita tentang dua orang yang berhasil memasuki salah satu universitas dan menjadi teman sekamar. Mereka berpikir bahwa keduanya adalah sepasang sahabat, namun seiring waktu rasa bosan dan kebencian mewarnai kisah 'persahabatan' mereka.

8. Twenty-Twenty

https://www.youtube.com/embed/6IutKNk_zLE

Drama Korea yang berjudul Twenty-Twenty ini memiliki 20 episode. Mulai tayang sejak 15 Agustus sampai 21 Oktober 2020 di TV kanal JTBC. Diperankan oleh Han Sung Min, Kim Woo Seok, Park Sang Nam, Chan, Chae Won Bin, dan Jin Ho Eun.

Menceritakan tentang kisah seseorang yang berusia dua puluh tahun di mana saat itu adalah masa barunya untuk menjadi seorang yang dewasa. Ia berusaha untuk mengejar impiannya. Dengan segenap masalah yang terdapat pada realita kehidupan nyata, remaja-remaja berusia 20 tahun itu harus menghadapinya.

9. Dok Go Bin Is Updating

https://www.youtube.com/embed/haCYRVCyCNA

Web drama Korea berjudul Dok Go Bin Is Updating satu ini memiliki 12 episode yang mulai ditayangkan sejak tanggal 28 Agustus 2020 lalu. Diperankan oleh Kim In Seong, Hwi Young, Kim Nu Ri, Lee Ye Young, dan Moon Sang Hoon.

Bercerita tentang hubungan antara salah satu siswa yang canggung, baik, imut dan ceroboh dengan robot AI (Artificial Intelligence). Bukan hanya menghadirkan cerita persahabatan, web drama satu ini juga diberi bumbu komedi dan juga kisah cinta.

10. Do You Like Brahms?

https://www.youtube.com/embed/xD-uZkTv0-I

Drama Korea yang berjudul Do You Like Brahms? ini juga dikenal dengan judul Please Love Brahms. Mulai tayang sejak 31 Agustus sampai 20 Oktober 2020 di TV kanal SBS dengan 16 episode. Diperankan oleh Park Eun Bin, Kim Min Jae, Kim Sung Chul, Park Ji Hyun, Lee Yoo Jin, dan Bae Da Bin.

Dalam drama ini dikisahkan tentang kehidupan para siswa di salah satu sekolah musik bergengsi. Bercerita soal pengalaman siswa selama latihan, pertunjukan, hingga kompetisi. Dibarengi bersama orang tua dan guru mereka yang begitu terobsesi dengan hal ini.

11. Record of Youth

https://www.youtube.com/embed/I6xYiGtsyDs

Salah satu drama Korea terbaru yang saat ini sedang hangat diperbincangkan adalah Record of Youth. Mulai tayang sejak 7 September sampai 27 Oktober 2020 di TV kanal tvN dengan 16 episode. Diperankan oleh Park Bo Gum, Park So Dam, dan Byeon Woo Seok.

Drama Korea ini menghadirkan latar cerita pada generasi anak muda bagaimana mereka meraih impiannya melalui caranya sendiri dengan tidak putus asa. Bagaimana anak muda mengatasi frustasi dan kesepian yang ada dalam hidupnya juga disuguhkan dalam drama ini

Eits, jangan khawatir, tersisa dua bulan lagi di tahun 2020 ini. Itu artinya masih ada kemungkinan akan hadir lagi judul drama Korea terbaru yang memiliki genre friendship. Btw, dari 11 rekomendasi drama Korea di atas, apa judul KDrama yang belum kamu tonton?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea yang Bikin Penontonnya Jadi Curigaan Terus

Indy Mabarroh Photo Verified Writer Indy Mabarroh

02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya