Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Artis Korea Sering Menyembunyikan Hubungan Cintanya

"We were busy hiding without any good memories" - Heize

Heize dalam lagunya yang berjudul "Dispatch" pernah menyindir outlet media di Korea Selatan itu yang terkenal karena suka mengungkap skandal dating para artis Korea setiap tanggal 1 Januari, mulai dari idol KPop hingga para aktris dan aktor ternama.

Dalam lagunya, Heize juga mengatakan jika banyak artis Korea yang harus berusaha keras untuk menyembunyikan hubungan mereka hingga lupa untuk menciptakan memori yang indah bersama pasangannya.

Tentu, menyembunyikan hubungan tersebut bukanlah keinginan mereka pada awalnya. Ada beberapa alasan yang membua mereka melakukan hal tersebut. Apa saja?

1. Menghindari komentar jahat dari netizen

5 Alasan Mengapa Artis Korea Sering Menyembunyikan Hubungan Cintanyakoreaboo.com

Istilah "bias is mine" atau "my idol is mine" memang sudah tidak asing lagi di kalangan para KPopers. Penggemar KPop yang menganut 'kepercayaan' ini akan melontarkan kalimat jahatnya lewat media sosial sang idola dengan kalimat-kalimat yang benar-benar membuat sakit hati setiap orang yang membacanya. Terkadang K-Netz atau Netizen Korea juga melakukan protes kepada pihak agensi, ketika mengetahui idola mereka berkencan dengan orang lain, baik dari kalangan selebritis ataupun bukan.

Inilah salah satu alasan, mengapa para artis Korea lebih tertutup dalam hubungan percintaan mereka. Karena komentar jahat netizen tentu akan berdampak kepada kesehatan mental sang idola sendiri juga hubungan percintaan mereka.

2. Agar pasangan mereka tak mendapat bullying dari penggemar

5 Alasan Mengapa Artis Korea Sering Menyembunyikan Hubungan Cintanyakpopofficial.com

Netizen pasti memiliki sudut pandang yang beragam tentang hubungan idola mereka. Ada yang mendukung sang idola atas pilihannya dan ada juga sebaliknya. Netizen yang mendukung pasti akan memberikan 'restu' dan dukungannya dengan komentar yang positif juga. Sebaliknya, jika netizen tidak 'merestui' dan merasa bahwa pasanga idola mereka tak pantas untuk bersanding dengan idola kesayangan mereka, para natizen pasti akan melakukan bullying terhadap pasangan idola mereka.

Para fans bisa melakukan bullying dalam bentuk apa pun, seperti meneriaki, memaki, menghujat, bahkan tak segan-segan untuk mencoba melukai pasangan idola dan idola kesayangan mereka sendiri.

Sebagai contoh, ketika Kang Daniel dan Jihyo Twice dikabarkan dating. Sebagian besar fans mendukung keduanya dan sebagian lainnya tidak. Para fans yang tidak mendukung hubungan Daniel dan Jihyo tentu menyerang keduanya dengan cyber bullying. Mereka yang tidak merestui ini lantaran pada saat itu Daniel tengah berurusan hukum karena 'bertengkar' dengan agensinya, LM Entertaiment.

Baca Juga: 5 Idol Korea yang 'Diblokir' Fans Gara-gara Dating dan Menikah

3. Antara cinta penggemar dan cinta kepada pasangan

5 Alasan Mengapa Artis Korea Sering Menyembunyikan Hubungan Cintanyapopcrush.com

Penggemar dan seorang kekasih adalah mereka yang selalu memberikan dukungan kepada sang idola. Mereka selalu memberikan cinta mereka untuk mendukung sang idola kapanpun dan dimanapun.

Jika sang idola tersandung skandal dating, sebagian besar penggemar berpendapat jika idola kesayangan mereka telah membagi cintanya untuk orang lain, selain untuk fans-nya yang sudah mendukung mereka sejak awal.

Penggemar memang memberikan seluruh cinta mereka untuk sang bintang idola tanpa diminta dan tanpa pamrih, begitupula sang idola. Tapi penggemar dan idola yang mereka sayangi sama-sama seorang manusia yang juga mencintai orang lain lebih dari sekedar fans, idola, atau orang biasa, melainkan orang spesial yang bisa membuat hari-hari mereka terasa bahagia dan menyenangkan.

Jika para penggemar boleh menjalin kasih hingga memiliki keluarga kecil yang bahagia, mengapa idola kesayangan mereka tidak boleh? Itu tidak adil, bukan?

4. Menjaga image mereka yang telah dibangun di hadapan publik

5 Alasan Mengapa Artis Korea Sering Menyembunyikan Hubungan Cintanyadbkpop.com

Artis Korea, baik itu dari kalangan idol KPop hingga para pelakon di drama dan film pasti berusaha mati-matian untuk menjaga citra baik mereka dihadapan publik. Jika mereka mendapat sorotan tertentu dari skandal yang mereka perbuat, salah satunya dating, pasti publik mulai sedikit menggeser persepsi mereka tentang artis tersebut.

Sebagai contoh, ketika Baekhyun EXO mengatakan dalam sebuah interview, jika ia akan menikah setelah usianya 30 tahun. Di sini para fans banyak yang mengira Baekhyun akan berkencan saat usianya mulai mendekati 30 tahun dan menikah setelah usianya 30 tahun.

Namun, Baekhyun akhirnya dianggap sebagai 'pembohong' oleh fans-nya sendiri lantaran ia terciduk Dispatch tengah berkencan dengan Taeyeon SNSD saat usianya 22 tahun di tahun 2014 lalu. Citra diri Baekhyun pun akhirnya sedikit tercoreng akibat skandal kencannya dengan Taeyeon.

5. Agar tidak kehilangan karier mereka

5 Alasan Mengapa Artis Korea Sering Menyembunyikan Hubungan Cintanyatwitter.com/ykp818

Ada banyak artis Korea yang menandatangani kontrak mereka dengan poin yang berisi, dimana pihak agensi 'melarang' mereka untuk berkencan atau memiliki kekasih. Banyak dari mereka yang begitu mematuhi isi kontrak tersebut agar tidak didepak keluar agensi dan kehilangan pekerjaan mereka.

Hal ini membuat banyak idol KPop yang memutuskan untuk menjalin hubungan cinta secara diam-diam, agar tidak diketahui agensi dan publik. Tapi, saat ini ada banyak artis Korea yang melawan agensi mereka untuk tetap menjalin kasih dengan pasangannya, bahkan secara terang-terangan di hadapan publik. 

Sebagai contoh, ketika HyunA dan E'Dawn atau Dawn ketahuan menjalin hubungan selama bertahun-tahun lamanya. Keduanya berhasil menjalin kasih secara diam-diam tanpa diketahui oleh agensi, fans, ataupun masyarakat luas. Mengetahui hal tersebut, agensi yang saat itu menaungi mereka pun tak tinggal diam.

Merasa sudah kehilangan kepercayaannya, Cube Entertaiment pun akhirnya 'mendepak' HyunA dan E'Dawn. Namun, baik HyunA ataupun E'Dawn nampaknya tidak peduli dengan sikap agensi. Buktinya, cinta kisah keduanya masih berlangsung hingga saat ini, bahkan keduanya sudah bergabung dengan agensi milik Psy, yaitu P Nation.

Saat ini sudah banyak penggemar bintang asal Korea Selatan yang mulai mengedukasi diri dan sesamanya untuk terus mendukung apapun keputusan idola mereka. Tak terkecuali, jika idola mereka memutuskan untuk berkencan atau menjalin hubungan cinta hingga tahap yang lebih serius lagi dengan orang terkasihnya.

Selain itu, banyak dari bintang-bintang Korea Selatan yang mulai mengekspos jalinan cintanya kepada publik dan memamerkan kemesraannya di setiap sosial media yang mereka miliki. Dengan ini, meskipun nantinya takdir tidak menyatukan mereka, setidaknya mereka memiliki kenangan yang indah bersama tanpa perlu terlalu sibuk untuk menyembunyikan hubungan cinta mereka dari publik dan media.

Baca Juga: 10 Idol KPop Diprediksi Paling Bikin Heboh Fans Jika Ketahuan Dating

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya