Comscore Tracker

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019

Jangan lupa catat tanggalnya, ya~

Bulan Desember tinggal menunggu hari. Para penggemar KPop sudah bersiap untuk menunggu idol mereka comeback akhir tahun. Nah, kira-kira idol mana saja yang akan comeback di bulan depan? Yuk, catat tanggal mainnya.

1. JYP

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019twitter.com/jypnation

CEO JYP Enterteiment, Park Jinyoung atau yang biasa dikenal sebagai JYP akan melakukan comeback di awal bulan depan. Tepat tanggal 1 Desember, pria kelahiran 1971 itu akan merilis sebuah single berjudul "Fever". JYP juga menggadeng rapper terkenal SuperBee dan pendatang baru bernama Bibi yang akan ikut berkolaborasi dengannya di lagu tersebut. 

Meskipun Bibi bukanlah seorang rapper, namun pada single comeback JYP tersebut, Bibi akan tampil sebagai rapper karena JYP sangat terkesan dengan penampilan Bibi di acara musik "The Fan" yang tayang di SBS beberapa waktu lalu.

Sama halnya dengan Bibi, SuperBee diikutsertakan dalam lagu tersebut juga karena JYP sangat terkesan dengan penampilannya di acara "Show Me the Money."

2. Leo (VIXX)

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019tenindonesia.com

Beberapa waktu lalu lewat situs fan cafe resminya, Leo mengumumkan bahwa ia akan memulai wajib militernya pada 2 Desember mendatang. Ia tidak akan bertugas sebagai tentara aktif melainkan sebagai petugas layanan sosial. Hal ini dikarenakan Leo mengidap serangan panik akut dan depresi sejak 2013 lalu. Ia juga mengonsumsi obat atas resep dokter secara rutin.

Satu hari sebelum ia resmi menjalani masa wajib militernya, Leo akan merilis sebuah lagu perpisahan kepada penggemarnya yang berjudul December, The Night of Dreams. Winter song ini didedikasikan Leo untuk para fansnya sebelum akhirnya mereka akan bertemu lagi kurang lebih dua tahun mendatang.

3. Kim Sejeong (Gugudan)

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019soompi.com

Sebelum sukses bersama Gugudan, nama Sejeong sudah populer lantaran dirinya berhasil debut bersama I.O.I dari ajang Produce 101 Season 1. Tiga tahun lalu, Kim Sejeong debut sebagai penyanyi solo dengan lagu berjudul Flower Road yang diproduseri oleh ZICO.

Bulan depan, tepat tanggal 2 Desember, Sejeong akan kembali merilis sebuah lagu hasil kolaborasi dengan Dingo Music untuk sebuah proyek musik terbaru. Sejeong merupakan idol pertama yang bekerja sama dengan Dingo Music untuk sebuah music project. Berkat suaranya yang unik serta musikalitasnya yang tak perlu diragukan lagi, Sejeong akan merilis lagu solo keduanya yang berjudul "터널 (re: teo neol)".

Para penggemar yang mendengar kabar ini pun langsung antusias dan mengungkapkan bahwa mereka sangat senang dan tidak sabar menunggu perilisan lagu kedua Sejeong. Mereka juga mengungkapkan, jika musim dingin akan terasa lebih hangat berkat suara cantik gadis berusia 23 tahun (international age) itu.

Baca Juga: EXO dan 9 Lagu KPop Rilis November 2019 ini Wajib Masuk Playlistmu

4. Davichi

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019reddit.com

Belum lama ini salah satu personel Davichi, Lee Hae Ri merilis sebuah lagu solo berjudul Heartache yang sukses sekali di pasaran. Sebenarnya, tak lama setelah Hae Ri merilis lagu solonya, Davichi akan comeback pada 19 November 2019 dengan lagu yang disebut-sebut sebagai "Unspoken Words versi musim gugur". Fyi, Unspoken Words sendiri adalah lagu yang terakhir dirilis Davichi pada Mei 2019 lalu.

Nyatanya, perilisan lagu tersebut harus diundur menjadi tanggal 3 Desember 2019 mendatang dengan judul "나의 오랜 연인에게" atau To My Old Lover. Davichi, lewat akun media sosial resminya menyatakan, jika hal tersebut dilakukan agar dapat menyelesaikan produksi lagu dengan lebih baik. Mereka juga meminta pengertian dari para penggemarnya agar tetap sabar menunggu perilisan lagu tersebut.

5. Park Jihoon

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019www.allkpop.com

Setelah Wanna One disband pada Desember 2018 lalu, tepat tiga bulan setelahnya Park Jihoon melakukan debut solonya dengan extended play atau mini album yang bertajuk O'Clock. Pada 4 Desember 2019, Jihoon akan merilis 2nd extended play-nya yang bertajuk 360 dengan title track dengan judul serupa.

Fyi, mini album teranyar Park Jihoon ini memiliki tiga versi yang berbeda di mana pada ketiganya menampilkan image Jihoon yang lebih dewasa dan seksi. Dalam teaser yang dirilis beberapa waktu lalu, terlihat bagaimana mini album ini menggambarkan nuansa berbeda dari image Jihoon yang sebelumnya. Namun, sisi lembut dari si Jeojang Man ini tetap tidak dihilangkan.

6. Jung Seung Hwan

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019instagram.com/antenna_official

Lewat SNS resmi agensi yang menaunginya, Antenna Music secara resmi memberi tahu penggemar Jung Seung Hwan, jika solois tersebut akan comeback untuk dua single yang akan dirilis pada 4 Desember mendatang.

Lirik pada lagu pertama yang berjudul "안녕, 겨울 (Hello, Winter)"ditulis langsung oleh Jung Seung Hwan dan Seo Dong Hwan berperan sebagai komposer lagu tersebut. Lirik pada lagu kedua yang berjudul "십이월 이십오일의 고백 (Twenty Five Days of December)" ditulis oleh IU dan diaransemen oleh Jaehwi dan Seo Dong Hwan.

Nantinya lagu-lagu tersebut akan mengungkapkan rasa terima kasih dan ucapan selamat tinggal kepada orang yang telah hadir dalam hidup kita setiap saat layaknya sebuah musim dan sebagai ucapan selamat tinggal bagi orang-orang yang memutuskan untuk pergi. Seperti dongeng cerita cinta musim dingin. Lagu ini nantinya akan membawa kesan hangat dan sedih di saat yang bersamaan. 

7. Crush

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019reddit.com

Crush menjadi salah satu penyanyi yang memutuskan untuk menunda perilisan 2nd full album-nya setelah kabar kematian Goo Hara mencuat ke publik. Rencananya, Crush akan merilis album keduanya pada 28 November mendatang, namun untuk menghormati kematian mantan personel KARA tersebut, P. Nation selaku agensi yang menaungi Crush menuturkan, jika perilisan album From Midnight to Sunrise diundur menjadi 5 Desember 2019. 

Di bulan yang sama, tepatnya pada tanggal 28-31 Desember, Crush akan menghabiskan akhir tahun dengan penggemarnya lewat konser solo yang bertajuk "Crush on You: From Midnight to Sunrise" yang akan dilangsungkan di SK Olympic Handball Area, Seoul.

8. Stray Kids

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019www.chunichicomics.com

Pada 28 November waktu tengah malam KST, Stray Kids merilis sebuah teaser mini album terbaru mereka, Clé: LEVANTER. Sebuah nuansa dramatis dan memikat pun sangat terasa di bocoran comeback mereka pada 9 Desember mendatang. Dalam video tersebut juga memperlihatkan bagaimana member Stray Kids saling terikat satu sama lain seperti takdir, meskipun mereka ada di waktu dan ruang yang berbeda.

Ini merupakan comeback terbaru Stray Kids setelah satu satu membernya, Woojin memutuskan untuk hengkang dari grup karena suatu alasan.

9. Yerin Baek

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019instagram.com/bluevinyl.official

Baek Yerin atau yang biasa dikenal dengan Yerin Baek akan segera melakukan comeback solo pertamanya setelah keluar dari JYP Entertainment pada bulan September lalu. Hal tersebut diungkapkan oleh label yang didirikannya lewat media sosial resminya, Blue Vinyl, bahwa comeback solo pertamanya akan dirilis pada 10 Desember mendatang. Nantinya, lagu-lagu yang terapat dalam album comeback solo tersebut juga akan dirilis secara eksklusif di SoundCloud.

Fyi, comeback solo terakhir penyanyi ini adalah dengan mini album bertajuk Our Love is Great pada Maret 2019. Dimana pada mini album tersebut berisi total tujuh lagu, termasuk lagu Maybe It's Not Our Fault.

10. Ailee

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019soompi.com

Bulan Juli lalu, setelah vakum selama dua tahun, Ailee mengumumkan comeback-nya dengan merilis sebuah mini album bertajuk Butterfly. Kini, di penghujung tahun, tepatnya saat Ailee Day (12 Desember) penyanyi berdarah Korea-Amerika itu akan merilis sebuah lagu berjudul Sweater.

Lagu ini nantinya akan menjadi kado natal istemewa untuk para penggemarnya. Lagu tersebut juga menjadi season song saat Ailee Day, dimana hari istimewa tersebut diciptakan oleh fans dan setiap tahunnya Ailee akan merilis paling tidak satu lagu di hari spesial tersebut. 

11. EXID

Siap-siap! 11 Idol KPop Ini Akan Comeback Bulan Desember 2019instagram.com/hyeliniseo

Pada bulan Mei lalu, EXID kehilangan dua anggotanya, yaitu Hani dan Jeonghwa. Keduanya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan agensi mereka dan memilih untuk bersolo karier. Namun, agensi pun menyatakan jika EXID tidak bubar dan saat ini grup yang debut tahun 2012 itu beranggotakan tiga orang, yaitu Solji, LE, dan Hyelin.

Nah, belum lama ini salah satu member EXID, Hyelin berhasil membuat heboh para penggemarnya, lantaran ia mengunggah coversinglecomeback EXID di akun Instagram miliknya. Yang membuat penggemar heboh dan senang di saat yang bersamaan adalah karena EXID akan comeback dengan fullmember. Nantinya, single berjudul Bad Girl For You yang akan dirilis pada 25 Desember 2019.

Itulah 11 idol KPop yang akan comeback di bulan Desember 2019. Rata-rata dari mereka akan merilis winter song yang memiliki nuansa ballad dan hangat. Comeback mereka juga ditujukan untuk para penggemar sebagai kado natal yang spesial. Wah, jadi tambah gak sabar, nih. Kalian juga?

Baca Juga: 10 Foto Terkini Bang Min Ah, Comeback dengan Lagu Butterfly!

Ines Sela Melia S. Photo Verified Writer Ines Sela Melia S.

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You