Comscore Tracker

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020

Mark your calendar!

Akan ada banyak kejutan menarik di awal tahun bagi industri entertaiment Korea Selatan. Ada tiga hal yang paling dinanti para KPpopers di awal tahun, yaitu kabar dating artis idola oleh media Dispatch, debut grup idola yang baru, dan comeback-nya para grup idola lama, yang biasanya mengusung tema musim semi.

Nah, di bawah ini ada sembilan idol KPop yang akan debut dan comeback di awal tahun depan. Siapa saja?

1. Younha

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020imgur.com

Penyanyi solo kelahiran Seoul, 9 April 1988 ini akan segera melakukan comeback di awal tahun 2020. Ia akan kembali dengan 5th mini album-nya yang bertajuk "Unstable Mindset". Pemilik nama asli Goo Yoon Ha ini akan mulai membagikan teaser image pada 27 Desember 2019. Nantinya, mini album ini juga akan dirilis tanggal 6 Januari 2020 mendatang. Perlu diantisipasi, nih!

2. VERIVERY

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020koreanindo.net

Beberapa waktu lalu, Stone Music Entertaiment lewat channel YouTube resmi milik mereka mengunggah sebuah video berdurasi singkat dengan judul "Guess Who?". Video tersebut memperlihatkan 11 siluet laki-laki dengan latar belakang putih yang disinyalir oleh fans sebagai kode comeback boy group VERIVERY.

Benar saja, satu minggu kemudian Stone Music Entertaiment kembali mengunggah video yang memperlihatkan wajah kesebelas member VERIVERY yang akan comeback dengan 3rd mini album mereka bertajuk "Face Me". Mini album tersebut akan dirilis pada tanggal 7 Januari 2020 mendatang.

3. B.O.Y

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020channels.vlive.tv/STARNEWS

Setelah mengikuti ajang ProduceX101, Song Yuvin dan Kim Kook Heon yang berada di satu agensi yang sama pun langsung tancap gas untuk merilis sebuah single kolaborasi mereka pada tanggal 24 Agustus lalu berjudul "Blurry". Nah, di tahun depan, tepatnya pada tanggal 7 Januari 2020, keduanya akan debut secara resmi menjadi duo dengan nama B.O.Y lewat mini album pertamanya yang bertajuk "Phase One: YOU".

4. SF9

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020k-gen.fr

FNC Entertaiment selaku agensi SF9 di Korea Selatan membawa angin segar di awal tahun untuk para Fantasy (sebutan untuk para penggemar SF9) dengan comeback SF9 pada 7 Januari 2020 mendatag. 

Dilansir dari SpoTV via Naver, SF9 menjamin jika proyek musik terbaru mereka akan menampilkan sesuatu yang baru dari boy group tersebut, setelah terakhir kali merilis karya pada bulan Juni lalu.

Saat ini, SF9 sedang fokus untuk mengerjakan tahap akhir sebelum resmi merilis proyek musiknya pada Januari mendatang. Wah, jadi makin penasaran dan nggak sabar, ya?

Baca Juga: 10 Potret Terbaru Rose BLACKPINK yang Siap Comeback 2020

5. Oh My Girl

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020jkloop.com

Beberapa hari lalu, kabar bahagia datang dari girl group milik WM Entertaiment, Oh My Girl. Pasalnya girl group tersebut berhasil memuncaki tangga lau Line Music di Jepang dengan lagu "Eternally" yang dirilis pada 16 Desember lalu. Nah, girl group yang beranggotakan Hyojung, Seunghee, Jiho, Binnie, YooA, Mimi, dan Arin itu akan merilis Japanese Full-Length Album mereka bertajuk "Eternally" pada 8 Januari 2020 mendatang.

Di dalam album tersebut, ada beberapa lagu lain yang akan disertakan di dalamnya, seperti Bungee (Fall in Love) versi Jepang, Precious Moment, dan Fly to the Sky. FYI, pada awal tahun juga mereka akan menyelenggarakan tur Jepang pertama di beberapa kota, seperti Fukuoka, Osaka, dan Tokyo.

6. DreamNote

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020twitter.com/iMe_Dreamnote

Pada tanggal 23 Desember lalu, iMe Korea selaku agensi DreamNote mengumumkan, bahwa girl group tersebut akan merilis 3rd single album mereka pada 8 Januari 2020 mendatang. Single album berjudul "Dream Wish" tersebut akan menandakan comeback terbaru mereka setelah kurang lebih 10 bulan tak kembali dengan single atau mini album terbaru, yang terakhir dirilis pada bulan Maret lalu.

7. TXT

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020allkpop.com

Boy group rookie asuhan Big Hit Entertaiment, TOMORROW X TOGETHER atau TXT akan segera melaksanakan debut mereka di negeri sakura. Debut Jepang mereka akan ditandai dengan perilisan Japanese Single Album bertajuk "Magic Hour" pada 15 Januari 2020 mendatang. Dalam album tersebut akan berisi total tiga lagu versi Jepang, yaitu Angel or Devil, Run Away, dan Crown.

Nantinya, album ini akan dirilis dengan empat versi unik, yaitu first press limited edition A, first press limited edition B, first press limited edition C, dan regular edition. Kira-kira album versi mana yang akan kalian beli?

8. TVXQ

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020tvxq.uli.asia

Tak mau kalah dengan junior-nya yang comeback dan debut di Jepang. Tanggal 22 Januair 2020 mendatang, TVXQ juga akan merilis Japanese Single Album mereka yang berjudul "Manazhi (Maze Look)". Ada empat track yang terdapat dalam single album mereka kali ini, yaitu Manazhi, Your Song, Manazhi (Less Vocal), dan Your Song (Less Vocal). 

9. Super Junior

TXT Hingga TVXQ, Ini 9 Idol KPop yang Comeback dan Debut Januari 2020superjunior-jp.net

Kurang lebih sekitar enam setengah tahun sejak "HERO", Super Junior kembali merilis album Jepang mereka yang bertajuk "I Think I". Japanese mini album ini nantinya akan dirilis pada 29 Januari mendatang.

Mini album ini akan dirilis secara fisik dalam sembilan edisi terbatas first press yang unik untuk setiap anggota dan satu edisi reguler. Jadi, total 10 versi yang berbeda dalam mini album ini.

Itulah sembilan idol group yang akan debut dan comeback di awal tahun 2020. Idol mana yang sangat kalian tunggu-tunggu debut dan comeback-nya di tahun depan?

Baca Juga: 10 Comeback Aktor Korea Paling Dinanti Tahun 2020, Ada Kim Woo Bin!

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya